Kajian Kurikulum Kelas 2 SD

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
BAHASA INDONESIA KELAS II SEMESTER 1 DAN 2

A.Latar Belakang

Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginative yang ada dalam dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.
Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.
Dengan standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan :
1.Peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa sendiri.
2.Guru dapat memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar.
3.Guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahaan ajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya.
4.Orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program kebahasaaan dan kesastraan di sekolah.
5.Sekolah dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia.
6.Daerah dapat menentukan bahan dan suber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.
B.TUJUAN
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut .
1.Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis.
2.Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa Negara.
3.Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
4.Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan social
5.Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperluas budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
6.Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

C. RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan barbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.Mendengarkan
2.Berbicara
3.Membaca
4.Menulis
Pada akhir pendidikan di SD/MI, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya Sembilan buku sastra dan nonsastra.

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
BAHASA INDONESIA KELAS II SEMESTER 1 DAN 2


A.KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA KELAS II SEMESTER I
1.Mendengarkan
a.Standar Kompetensi
-Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
b.Kompetensi Dasar
-Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek.
-Mendeskripsikan isi puisi
c.Materi
-Teks cerita
d.Hasil Kajian
-Mendengarkan teks cerita yang dibacakan guru
-Mengidentifikasi pernyataan benar atau salah berdasarkan isi teks yang didengar
-Menjawab pertanyaan
-Menyebutkan kembali isi teks dengan kata-kata atau kalimat sendiri

2.Berbicara
a.Standar Kompetensi
-Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, dan deklamasi.
b.Kompetensi Dasar
-Bertanya kepada orang lain dengan mengggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
-Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
-Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.
c.Materi
-Kata tanya
d.Hasil Kajian
-Memperagakan percakapan
-Menggunakan kata tanya dalam kalimat
-Menggunakan kata tanya dalam percakapan
3.Membaca
a.Standar Kompetensi
-Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
b.Kompetensi Anak
-Menyimpulkan isi teks pendek ( 10-15 kalimat ) yang dibaca dengan membaca lancar.
-Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
c.Materi
-Puisi anak
d.Hasil Kajian
-Membacakan puisi anak
-Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi puisi
-Menjelaskan kembali puisi anak dengan kata-kata atau kalimat sendiri
-Menyimpulkan isi puisi yang dibaca
4.Menulis
a.Standar Kompetensi
-Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
b.Kompetensi Dasar
-Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
-Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
c.Materi
-Cerita rumpang
d.Hasil Kajian
-Mengenal huruf capital
-Menyalin kalimat dengan huruf capital yang benar
-Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
-Melengkapi cerita rumpang sesuai dengan keadaan diri sendiri
B.KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA KELAS II SEMESTER II
1.Mendengarkan
a.Standar Kompetensi
-Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan.
b. Kompetensi Dasar
-Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya kepada orang lain
-Menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya.
2.Berbicara
a.Standar Kompetensi
-Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.
b. Kompetensi Dasar
-Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai cirri-cirinya dengan menggunakn kalimat yang mudah dipahami orang lain.
-Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
3.Membaca
a.Standar Kompetensi
-Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
b.Kompetensi Dasar
-Membaca nyaring teks ( 15-20 ) dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
-Menyebutkan isi teks agak panjang ( 20-25 kalimat ) yang dibaca dalam hati.
4.Menulis
a.Standar Kompetensi
-Menuli permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.
b.Kompetensi Dasar
-Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.
-Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.

C.HASIL KAJIAN DAN KOMENTAR
1.Hasil Kajian
Keterampilan berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II meliputi semua aspek keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis.
a.Mendengarkan
-Mendengarkan teks cerita yang dibacakan guru
-Mengidentifikasi pernyataan benar atau salah berdasarkan isi teks yang didengar
-Menjawab pertanyaan
-Menyebutkan kembali isi teks dengan kata-kata atau kalimat sendiri
b.Berbicara
-Memperagakan percakapan
-Menggunakan kata tanya dalam kalimat
-Menggunakan kata tanya dalam percakapan
c.Membaca
-Membacakan puisi anak
-Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi puisi
-Menjelaskan kembali puisi anak dengan kata-kata atau kalimat sendiri
-Menyimpulkan isi puisi yang dibaca
d.Menulis
-Mengenal huruf capital
-Menyalin kalimat dengan huruf capital yang benar
-Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
-Melengkapi cerita rumpang sesuai dengan keadaan diri sendiri

D.KESIMPULAN
Materi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II sudah meliputi keempat aspek keterampilan berbahasa baik yang bersifat produktif (berbicara, menulis) maupun yang bersifat reseptif (mendengarkan, membaca). Berdasarkan Kurikulum 2006 (KTSP) siswa kelas II dituntut untuk mampu menguasai keempat aspek keterampilan berbahasa melalui materi Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Materi-materi tersebut dapat dikembangkan oleh guru atau pihak sekolah, karena pada Kurikulum 2006 (KTSP) pengembangan materi, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian sepenuhnya diserahkan kepada guru atau pihak sekolah disesuaikan dengan kebutuhan. Dan KTSP sendiri mengenal diversifikasi kurikulum artinya kurikulum bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan penyelenggaraan pendidikan yang berorientasi kepada kebutuhan peserta didik dan kebutuhan masyarakat lingkungan sekolah.
Dalam pembelajaran tematik di kelas II khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia masih terdapat banyak kesulitan diantaranya:
a. Siswa masih sulit menceritakan sebuah cerita dengan kata-kata atau kalimat sendiri.
b. Siswa belum mampu menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun dalam berkomunikasi lisan.
c. Siswa belum mampu menjawab pertanyaan sesuai dengan isi bacaan


DAFTAR PUSTAKA

1. KTSP 2006
2. Tim Wahana Kreativitas. Pedoman Guru Pembelajaran Tematik. Benua Intan Berlian.
3. Tim Bina Karya Guru. Bina Bahasa Indonesia. Erlangga

0 Comments

Post a Comment