Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 6 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 6 kelas 6 halaman 77 sampai halaman 82 Pembelajaran 6 Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera, Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera.
Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 72, 73 :Subtema 2 Pembelajaran 5
Setiap warga negara Indonesia mempunyai
hak mengemukakan pendapat dalam berbagai bentuk. Hak mengemukakan pendapat
dalam pemilu ada batasan umur yaitu setelah berusia tujuh belas tahun ataupun
sudah menikah. Melaksanakan hak dalam pemilu sangat penting demi kesejahteraan
bersama. Bagaimanakah pengalaman kamu dalam melaksanakan hak sebagai warga
negara Indonesia?
Ayo
Membaca
Ayo
Berdiskusi
Bentuklah kelompok terdiri atas lima
anak. Kemudian, diskusikan hal berikut ini!
Tulislah hasil diskusi pada kolom
berikut.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 78 Subtema 2 Pembelajaran 6
1.
Apa pentingnya melaksanakan hak berdasarkan bacaan di atas?
Alternatif jawaban:
Berdasarkan bacaan di atas, pentingnya
melaksanakan hak yaitu:
- Mendukung tercapainya tujuan nasional.
- Mempercepat pembangunan nasional.
- Mewujudkan pemerintahan yang
demokratis.
2.
Apa pentingnya melaksanakan hakmu untuk dirimu?
Alternatif jawaban:
- Dapat mengharumkan nama daerah/tempat
tinggal/nama bangsa di kancah nasional karena mendapatkan pendidikan termasuk
pelaksanaan hak. Contoh olimpiade sains dan atlet renang.
- Di sekolah dapat belajar dengan lancar
dan nyaman. Contohnya sarapan pada pagi hari membuat tubuh memiliki energi dan
dapat berkonsentrasi saat mengikuti pembelajaran.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Ayo
Berlatih
Bacalah kembali bacaan berjudul “Mengapa
Harus Melaksanakan Hak?”. dengan cermat. Kemudian, jelaskn informasi penting
yang terdapat pada teks nonfiksi tersebut berdasarkan rumusan gagasan utama
pada setiapparagrafnya. Adapun langkah-langkah yang harus kamu lakukan adalah
sebagai berikut.
1. Tuliskan kalimat utama pada setiap
paragraf.
2. Tuliskan gagasan utama pada setiap
paragraf.
3. Tuiskan gagasan utama dari teks
nonfiksi berdasarkan gagasan utama setiap paragraf.
4. Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel
seperti contoh di bawah ini dan presentasikan di depan kelas secara lisan.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 79 Subtema 2 Pembelajaran 6
Alternatif jawaban:
Paragraf
1
Kalimat Utama : Pemenuhan hak warga
negara Indonesia yang berkaitan erat dengan upaya pemerintah Indonesia dalam
mencapai tujuan nasional Indonesia.
Gagasan Utama Setiap Paragraf :
Pemenuhan hak warga negara Indonesia.
Paragraf
2
Kalimat Utama : Hak dan kewajiban warga
negara Indonesia hendaknya dilakukan secara seimbang.
Gagasan Utama Setiap Paragraf :
Pelaksanaan hak dan kewajiban harus seimbang agar tercapai kesejahteraan dan
keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara.
Paragraf
3
Kalimat Utama : Contoh pentingnya
pelaksanaan hak warga negara Indonesia.
Gagasan Utama Setiap Paragraf :
Pelaksanaan hak warga negara Indonesia.
Gagasan
Utama Teks Nonfiksi : Pelaksanaan hak untuk mewujudkan
kesejahteraan rakyat.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Ayo
Menulis
Sebagai warga negara Indonesia yang baik
pastinya kamu pernah melaksanakan hak. Coba tuliskan pengalaman kamu
melaksanakan hak sebagai warga negara Indonesia. Tuliskan hak dan ketentuan
hukum yang menjamin hak tersebut. Kemudian ceritakanlah bentuk pelaksanaan dan
manfaat yang kamu peroleh dengan terlaksananya hakmu sebagai warga negara
Indonesia.
Tuliskan hasilnya dalam kolom berikut.
Presentasikan secara lisan di depan kelas.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 80 Subtema 2 Pembelajaran 6
Hasil Pengalaman: Disesuaikan dengan
pengalaman masing-masing siswa.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Masih berkaitan dengan pelaksanaan hak.
Kamu juga mempunyai hak kebebasan memelihara dan mengembangkan nilai-nilai
budaya bangsa demi kemajuan kebudayaan nasional. Hak ini bisa kamu lakukan
dengan caramempelajari sebuah tarian daerah. Tarian daerah merupakan akar
kebudayaan nasional yang penting untuk dipelihara dan dikembangkan. Lakukan
kegiatan berikut.
Ayo
Mengamati
Amati gerak-gerak bentuk tari tunggal
berikut. Gerak tari berikut merupakan lanjutan dari gerak tari pada
pembelajaran 4. Gerak tari ini bertemakan kepahlawan. Berikut gerak-gerak tari
bertemakan kepahlawanan.
2.
Memainkan tongkat
Tongkat diluruskan ke atas, ke samping
kanan. Kemudian, lurus ke atas lagi dan ke samping kanan kembali. Perhatikan
arah pandangan kepala sesuai gambar.
Gerak di atas dilakukan 4 x 4 hitungan.
Sumber:
Buku Seni Budaya dan KeterampilanKelas 5SD/MI, Intan Pariwara.
Ayo
Berlatih
Mempelajari tarian daerah merupakan
bentuk pelaksanaan hak kebebasan memelihara dan mengembangkan nilai-nilai
budaya bangsa. Sekarang persiapkan sebuah pertunjukan tari kreasi daerah jenis
tunggal. Tampilkanpertunjukan di depan kelas secara bergantian. Adapun
persiapan yang harus kamu lakukan seperti berikut.
1. Pilih tarian kreasi daerah jenis
tunggal. Kamu boleh menciptakan tarian sendiri dengan meneruskan gerakan yang
sudah kamu pelajari di atas.
2. Carilah kaset atau video tarian yang
kamu pilih. Selanjutnya, tonton dan cermati gerak tariannya. Identifikasi
unsur-unsur tarian yang kamu pilih.
3. Persiapkan unsur-unsur tariannya
untuk pementasan di depan kelas.
4. Pentaskan sebuah tarian lengkap
dengan unsur-unsurnya, baik busana maupun propertinya.
5. Pentaskan sebuah tarian lengkap
dengan busana dan properti yang kamu butuhkan.
Ayo
Renungkan
Jika semua warga negara Indonesia mau
dengan penuh kesadaran melaksanakan hak sebagai warga negara tentu tujuan
nasional akan mudah tercapai. Akan tetapi, bila sebaliknya yang terjadi
bagaimanakah dengantujuan nasional Indonesia? Apa yang akan terjadi dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia? Cobalah kamu renungkan dan tulis hasil renungan kamu.
Kerja
Sama dengan Orang Tua
Banyak cara yang dapat kamu lakukan
untuk melaksanakan hak-hakmu sebagai warga negara Indonesia. Mintalah bantuan
orang tuamu untuk bersama-sama mengidentifikasi bentuk-bentuk pelaksanaan hak
warga negara.
Demikian yang dapat kami sajikan
berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 halaman 78,
halaman 79, dan halaman 80 Menuju Masyarakat Sejahtera Pembelajaran 6 Subtema 2
Membangun Masyarakat Sejahtera. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!!!
Referensi:
- Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 6 – Menuju
Masyarakat Sejahtera
0 Comments
Post a Comment