#10 Puisi Ibu yang Menyentuh hati

Puisi Ibu yang Menyentuh Hati: Puisi ibu merupakan sebuah puisi yang diciptakan oleh seseorang khusus untuk seorang ibu. Ya, ibu memang sosok yang sangat berjasa dalam hidup kita. Ibu yang telah melahirkan, merawat, dan mendidik kita dengan penuh kasih sayang.

Nah, bagi kalian yang sedang mencari puisi ibu. Berikut ini adalah kumpulan puisi ibu yang menyentuk hati yang kami peroleh dari berbagai sumber.

 

Puisi Ibu yang Menyentuh hati
Sumber Gambar: Freepik.com

- - - - - - - - - - - - - - - - - -

#1. Ibu

Beredar bintang di garisnya

Bulan bercahaya pada lintasnya

Waktu bergulir dalam takdirnya

 

Aku…

Terlahir dari manusia hebat

Sepertinya…

Merupakan anugerah terbesar Tuhan untukku

Menjadikanku pelipur lara jiwanya

 

Kau…

Perempuan hebat di jiwa lemahku

Menyayangi tanpa batas

Mendampingi di semua kisahku

 

Kau…

Perempuan terbaik dalam kerajaanku

Motivasi terbaik di setiap lika-liku hidupku

 

Ibu…

Aku mencintaimu

Terima kasih untuk semua waktu dan lelahmu

 

Ibu…

Aku mencintaimu.

Karya: Yulis Marika

- - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

#2. Bundaku Sayang

Engkau selalu ada untukku…

Menemaniku dalam suka dan duka..

Menemani hari-hari ceriaku…Bunda……

Engkau selalu membimbingku...

Mengajariku untuk berakhlak mulia..dalam keseharianku….bunda ….

Engkau bagai malaikat bagiku…

Engkau juga sahabat bagiku…

Ketulusan yang ada dalam dirimu….

Membuat aku bangga pada dirimu Bunda…

Aku selalu menyayangimu

Jasamu tak akan pernah bisa terbalas oleh ku…

Namun aku akan berusaha menjadi anak kebanggaan mu…..

Karya: Anonim

- - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

#3. Ibu Malaikatku

Ibu…

Disini kutulis cerita tentangmu

Nafas yang tak pernah terjerat dusta

Tekad yang tak koyak oleh masa

Seberapapun sakitnya kau tetap penuh cinta

 

Ibu…

Tanpa lelah kau layani kami

Dengan segenap rasa bangga dihati

Tak terbesit sejenak pikirkan lelahmu

Kau terus berjalan diantara duri-duri

 

Ibu…

Tak pernah kuharap kau cepat tua dan renta

Tak pernah ku ingin kau lelah dalam usia

Selalu kuharapkan kau terus bersamaku

Dengan cinta berikan petuahmu

 

Ibu..

Kau lah malaikatku

Penyembuh luka dalam kepedihan

 

Penghapus dahaga akan kasih sayang

Sampai kapanpun itu..

Aku akan tetap mencintaimu..

Karya: oleh Mosdalifah

Sepudi, Sumenep

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - -

#4. Maafkan Aku, Ibu

Akulah sang pengukir mimpi

Yang menghendaki pergi berasal dari sunyi

Yang hanyut oleh gelisah

Dan ditelan rasa bersalah

Ibu, kaulah matahariku

Terang dalam gelapku

 

Kau tuntun aku di jalur berliku

Yang penuh oleh batu

Ucapanmu bagaikan kamus hidupku

Aku berteduh dalam naungan do’amu

Memohon ampunan darimu

 

Karena ridho Allah adalah ridhomu

Aku senang memilikimu Ibu

Karena engkau sinar hidupku

Kaulah kunci berasal dari kesuksesanku

Ibu, maafkan aku

Karya: Anonim

- - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

#5. Kehebatanmu Ibu

Ketika ku tak bisa berjalan

Ketika ku tidak bisa berbicara

Manusia pertama kali yang menemanimu adalah ibu

Yang selalu tersedia saat kau Sedih, senang dan susah

ketika anda mulai membesar

Kau bisa sadar hidup

Betapa sulitnya pernah pas ibumu melahirkanmu

Keringat bercucuran mulai jatuh

Dan saat ibumu melahirkanmu, ayahmu selalu menemani Ibu

Dan ayahmu berkata “Yang kuat “

Bayangkan dan bayangkan saat ini kau tumbuh menjadi makhluk normal

Masih banyak seorang ibu yang inginkan melahirkan anaknya normal

Tapi tersedia seorang ibu yang perlu mendapat kan ujian anak yang tidak normal

Sebagai manusia sosial kita perlu saling bantu dan tolong menolong

Maka,Kita perlu berterimakasih ke Ibu sebab 9 bulan dia mengandung

Tiada lelah yang dirasakannya

Maka saat ini kita perlu balas budi kepada ibu

Ibu I love you

You are my everything

because you’re forever in my heart mother.

Thank you Allah and Thanks Mother

Selamanya kau selau di hatiku

Karya: Rifka Nurul Aulia

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - -

#6. Hebat dan Tangguhnya Ibuku

Dari segumpal darah aku dalam rahimmu

Hingga aku menjadi makhluk sempurna ciptaan-Nya

Makhluk yang nantinya menjadi titipan untukmu

Hingga aku lahir ke dunia ini

 

Kau jaga, rawat, dan lindungi aku

Kau ajari aku bertutur kata

Kau ajari aku bertindak tanduk

Kau ajari aku baik buruk

 

Menjalani semua itu

Kau tak kenal kata dan rasa lelah pun pilu

Kau menjalaninya dengan bahagia bersama pun tak terkira

Walau kadang kesal akan tingkah dan rajukku

 

Kau tetap menjalaninya dengan sepenuh hati

Mencurahkan segala kasih sayang

Melakukan berbagai cara untuk bahagia anakmu

Tak peduli apa kata orang banyak

 

Kau pahlawan pribadiku

Yang menghiasi kehidupan kecil dan dewasaku

Senyum manis selalu terpancar darimu

Yang selalu menguatkan batinku

 

Sinar cintamu kan ku kenang selalu

Cintamu itu kan terus bercahaya di hatiku

Dengan cara apapun itu

Ku kan berusaha membalas cinta, kasih, dan sayangmu

 

Aku sadar dan tau

Tiada muara kasih sedalam ibu

Doa dan belaianmu tanpa terputus kan selalu

Menjadi untaian ibu untuk anakmu

 

Kini baktiku seakan tiada sempurna

Pengabdianku padamu kurang rasanya

Kesibukanku lalaikan tugasku sebagai anakmu

Hanya doa ku panjatkan

Hanya terimakasih ku padamu sampaikan

Karya: Anonim

- - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

#7. Ibuku Pahlawanku

Ibu engkau melahirkanku

dengan kasih sayang…

 

Ibu kau selalu ada

di sampingku maupun

di manapun..

 

Ibu kau berjanji

akan menemaniku

Ibu kau telah

melahirkanku

dengan taruh nyawa

 

Terima kasih Ibu

Karya: Anonim

- - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

#8. Tangisan Mata Bunda

Dalam senyummu kau sembunyikan letihmu

Derita siang dan malam menimpamu

tak sedetik pun menghentikan langkahmu

Untuk bisa memberi harapan baru bagiku

 

Seonggok cacian selalu menghampirimu

secerah hinaan tak peduli bagimu

selalu kau teruskan langkah untuk masa depanku

mencari harapan baru lagi bagi anakmu

 

Bukan setumpuk emas yang kau harapkan dalam kesuksesanku

bukan gulungan uang yang kau minta dalam keberhasilanku

bukan juga sebatang perunggu dalam kemenanganku

tapi keinginan hatimu membahagiakan aku

 

Dan yang selalu kau berkata pada ku

Aku menyayangimu sekarang dan waktu aku tak lagi bersamamu

aku menyayangimu anakku dengan ketulusan hati ku

Karya: Anonim

- - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

#9. Dari Kartini untuk Ibuku

Raga Kartini telah lama pergi ke pangkuan Ibu Pertiwi

Namun, jiwa juang ambisi Kartini tak berarti gugur bersama jasad

Melainkan bersemayam pada sosok diri

Seorang ibu bukan dari darah biru ia disusui

Membawa pesan dan amanah dari Kartini

Padaku ia berjanji

Untuk mengehantarkan pada gemilang prestasi

Ia juga jadi benteng bagi diri ini

Di tengah krisis moral globalisasi

Tentu dikata ia sebanding Kartini

Baginya, Kartini ialah sang inspirasi

Yang menjembatani jadi seorang insan berdikari

Bukan imbal jasa yang ia cari

Hanya keberhasilan bagi sang generasi

Juga ridha dari Sang Illahi

Karya: Wahyu Eka Nurisdiyanto

- - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

#10. Tidak Akan Terganti

Ketika kupandang lekat terhadap sudut matamu

Tersimpan derita yang begitu mendalam

Aku sadar disana banyak tersimpan air mata untuk kita anakmu

 

Air mata yang telah kita lakukan

Ibu

Kamu selalu berharap kita anakmu yang kan menjadi nomer satu

Namun sering kali kita melawan dan melalaikan perintahmu

 

Kami selalu membuatmu bersedih

Mulai saat ini aku bertekad untuk menghapus air matamu…

dan menggantinya bersama dengan canda dan tawa

 

Terima kasih Ibu

Kau takkan pernah tergantikan di di dalam hati kita anakmu

Karya: Nurhalimah Lubis

- - - - - - - - - - - - - - - - - -

Demikian yang dapat kami sajikan berkaitan dengan Puisi Ibu yang Menyentuh hati. Semoga bermanfaat!!!

 

Sumber Puisi Ibu:

https://www.bola.com/ragam/read/4324025/kumpulan-puisi-ibu-menyentuh-dan-penuh-rasa-sayang

https://www.popbela.com/relationship/single/zahra-ramadhani/puisi-untuk-ibu-tercinta-yang-sedih-dan-menyentuh-hati/10

https://blog.storial.co/2020/11/02/kumpulan-20-puisi-ibu-yang-menyentuh-hati-dan-perasaan/

https://saintif.com/25-puisi-tentang-ibu-yang-menyentuh-hati/

0 Comments

Post a Comment