Mulai dari Diri Modul 1.2 - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Pada alur Mulai dari Diri Modul 1.2 - Nilai dan Peran Guru Penggerak, peserta membuat Trapesium usia. Berikut ini adalah Refleksi Diagram Trapesium Usia dan Roda Emosi Plutchik.

Mulai dari Diri Modul 1.2 - Nilai dan Peran Guru Penggerak
Dokpri. Trapesium Usia


Peristiwa positif dan negatif

Salah satu peristiwa positif yang dialami sewaktu masih sekolah dulu adalah sebuah motivasi yang diberikan oleh guru Matematika di SMPN 3 Karangnunggal bernama Pak Dudu. Beliau seringkali mengatakan bahwa Matematika itu menyenangkan. 

Sementara salah satu peristiwa negatif yang pernah dialami sewaktu sekolah dulu, tepatnya di kelas 2 SMA. Saya tidak diijinkan masuk selama 2 minggu berturut-turut untuk mata pelajaran IPA, gara-gara terlambat masuk beberapa menit ke kelas sehabis istirahat.


Aktor yang terlibat

Dalam peristiwa yang bernuansa positif maupun negatif, tentunya ada guru yang terlibat. Namun, untuk peristiwa negatif yang tak diijinkan masuk kelas selama dua minggu berturut-turut itu selain saya ada juga teman sekelas bernama Erik.


Dampak emosi

Dampak emosi dari salah satu peristiwa positif yang diberikan oleh Pak Dudu selaku guru matematika pada masa SMP dulu adalah saya menjadi senang terhadap pelajaran matematika. Meskipun tidak pandai seperti siswa lainnya, tapi saya tidak menganggap bahwa matematika itu adalah pelajaran yang menakutkan. Melainkan pelajaran yang menyenangkan karena penuh dengan kepastian. 

Sementara dampak emosi dari peristiwa negatif yang tak diijinkan masuk ke kelas pada waktu itu membuat saya merasa khawatir dan menyesal telah terlambat dan berniat untuk tidak mengulanginya lagi di lain waktu meskipun hanya sebentar.

 

Sebab momen yang terjadi di masa sekolah masih terasa dan berpengaruh

Kedua momen yang telah terjadi di masa sekolah dulu dapat dirasakan kembali saat ini karena saat ini saya berprofesi sebagai guru. Sehingga, momen itu memengaruhi bagi diri saya untuk tidak meniru suatu tindakan yang akan berdampak negatif. Melainkan, meniru sautu tindakan yang akan berdampak positif.


Pelajaran hidup yang peroleh dari kegiatan trapesium usia dan roda emosi

Sebuah pelajaran hidup yang saya peroleh dari kegiatan trapesium usia dan roda emosi adalah berikanlan suatu tindakan yang akan berdampak pada kebaikan anak. Pasalnya, sesuatu yang membekas kepada murid, baik itu yang positif maupun negatif akan selalu dikenang selama hidupnya.


Nilai-nilai yang saya yakini sebagai seorang Guru, dalam 1 atau 2 kalimat menggunakan kata-kata: “guru”, “murid”, “belajar”, “makna”, “peran”?

Peran guru adalah menuntun murid agar belajar memiliki makna yang berarti.


Nilai dan peran guru penggerak menurut saya

Nilai yang ada dalam diri saya yang diyakini dapat menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah adalah nilai kepemimpian dan nilai kerjasama atau kolaborasi.

Peran yang selama ini saya mainkan dalam menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya adalah sebagai guru muda yang siap untuk melakukan kolaborasi dalam menggapai suatu tujuan. 


Demikian artikel tentang Mulai dari Diri Modul 1.2 - Nilai dan Peran Guru Penggerak. Salam dan bahagia!

0 Comments

Post a Comment