Catatan PGP: Mulai dari Diri Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Salam dan bahagia! Sahabat pembelajar, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pembelajaran di alur Mulai dari Diri Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Berikut ini adalah catatan pembelajarannya, sebagai bahan pengingat diri jika suatu saat membutuhkannya kembali.

Mulai dari Diri Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya


1. Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas.

Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?

Ekosistem merupakan sebuah tata interaksi antara makhluk hidup dan unsur yang tidak hidup dalam sebuah lingkungan. Jika diibaratkan sebagai sebuah ekosistem, sekolah adalah sebuah bentuk interaksi antara faktor biotik (unsur yang hidup) dan abiotik (unsur yang tidak hidup). Kedua unsur ini saling berinteraksi satu sama lainnya sehingga mampu menciptakan hubungan yang selaras dan harmonis. Faktor-faktor biotik yaitu Murid, Kepala Sekolah, Guru, Pengawas Sekolah, Orang Tua, Masyarakat sekitar sekolah, Dinas terkait, dan Pemerintah daerah. Sementara faktor-faktor biotik yaitu Keuangan, Sarana dan prasarana, dan Lingkungan alam.


2. Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah?

Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan.

Sumber daya yang dapat dimanfaatkan oleh sekolah adalah sumber daya manusia, sumber daya alam, dan lingkungan sekitar.


3. Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut.

Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?

Hal yang paling diingat dari sosok pemimpin adalah keaktifannya untuk terus bergerak maju dengan penuh semangat.


4. Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya yang ada di dalam dan sekitar sekolah?

Pemimpin yang ideal menurut saya adalah pemimpin yang mampu menjadi panutan bagi warga sekolah, baik dalam ucapan maupun perbuatannya.


5. Silakan refleksikan, posisi diri Bapak dan Ibu dalam ekosistem sekolah.

Sejauh mana Bapak Ibu sebagai guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah?

Posisi saya sebagai guru di dalam ekosistem sekolah masih banyak kekurangannya dalam memanfaatkan sumber daya sekolah. Sehingga, untuk menjadikan diri ini lebih baik maka terus belajar dan berdiskusi dengan rekan sejawat dan pimpinan agar bisa memanfaatkan sumber saya sekolah dengan baik. 


6. Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?

Diri sendiri: Mampu menjadi guru yang bisa mengelola sumber daya yang ada.

Murid: Menjadikan murid yang bisa mengelola sumber daya yang ada.

Sekolah: Mewujudkan sekolah yang bisa mengelola sumber daya yang ada.


7. Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini?

Harapan saya terkait dengan pembelajaran modul ini adalah kegiatannya dilakukan dengan berdiskusi praktik baik yang dapat bermanfaat untuk bisa saling meniru dan memodifikasi praktik baik tersebut.


Demikian catatan pendidikan di alur Mulai dari Diri Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya.


Salam dan bahagia!

0 Comments

Post a Comment