ALIRAN-ALIRAN PERKEMBANGAN INDIVIDU

KONSEPSI ALIRAN ASOSIASI
Menurut aliran ini, perkembangan adalah proses asosiasi. Para ahli yang mengikuti aliran ini yang primer adalah bagian-bagian. Bagian-bagian ada lebih dahulu sedangkan keseluruhan ada lebih kemudian. Bagian ini terikat satu sama lain menjadi keseluruhan oleh asosiasi. Contoh: bagaimana terbentuknya pengertian lonceng.


Konsepsi Aliran Gestalt Dan Neo Gestalt
menurut aliran gestalt perkembangan adalah proses diferensiasi. Sedangkan menurut aliran neo gestalt yang dirintis oleh kurt lewin yaitu proses diferensiasi itu masih ditambah proses stratifikasi.


Konsepsi Aliran Sosiologis
perkembangan adalah proses sosialisasi. Anak mula-mula bersifat asosial kemudian dalam perkembangannya sedikit demi sedikit disosialisasikan.



PERKEMBANGAN INDIVIDU MENURUT PARA PSIKOLOG
A. Pengertian perkembangan
Pendapat para ahli mengenai perkembangan berbeda-beda. Akan tetapi walaupun berbeda, semuanya mengakui bahwa perkembangan adalah suatu perubahan menuju ke arah yang lebih maju, lebih dewasa. Individu selama perkembangannya tidak mempunyai kehidupan yang stabil tapi dinamis. Dan perkembangan merupakan hal yang berkesinambungan.

B. Prinsip-prinsip perkembangan.
- perkembangan berlangsung seumur hidup dan meliputi seluruh aspek
- setiap individu memiliki kecepatan dan kualitas perkembangan yang berbeda
- perkembangan secara relatif beraturan, mengikuti pola-pola tertentu
- perkembangan berlangsung secara berangsur-angsur sedikit demi sedikit
- perkembangan berlangsung dari kemampuan yang bersifat umum menuju yang ke lebih khusus, mengikuti proses diferensiasi dan integrasi
- secara normal perkembangan individu mengikuti seluruh fase tetapi karena faktor-faktor khusus, fase tertentu bisa dilewati dengan cepat atau sangat lambat
- sampai batas-batas tertentu perkembangan suatu aspek dapat dipercepat atau diperlambat
- perkembangan aspek-aspek tertentu berjalan sejajar atau berkorelasi dengan aspek lainnya
- pada saat-saat tertentu dan dalam bidang-bidang tertentu perkembangan pria berbeda dengan wanita
C. Aspek-aspek perkembangan
- fisik dan motorik: pada awal kehidupannya yaitu pada saat dalam kandungan dan tahun-tahun pertama, perkembangan aspek ini sangat menonjol
- sosial: aspek ini meliputi kepercayaan akan diri sendiri, berpandangan objektif, keberanian menghadapi orang lain menyangkut kematangan emosi, ketepatan sikap dan lain-lain.
- Intelektual: kemampuan intelektual atau kemampuan kognitif ada yang bersifat potensial seperti bakat dan ada kecakapan nyata atau kecakapan hasil belajar, seperti kecakapan dalam bidang fisika, matematika dan lain-lain
- Bahasa: kecakapan dalam bidang bahasa meliputi kecakapan memahami isyarat dan bunyi, kecakapan menyampaikan buah pikiran atau menerima pemikiran orang lain.
- Emosi: aspek ini mencakup kematangan emosi, ketepatan sikap dan lain-lain.
- Moral dan keagamaan: aspek ini berkembang sejak kecil. Peranan lingkungan terutama lingkungan keluarga sangat dominan dalam perkembangan aspek ini.

D. Pengertian pertumbuhan, belajar, dan perbedaannya dengan perkembangan
- Pengertian pertumbuhan
Pertumbuhan adalah suatu peristiwa atau keadaan yang subur sekali guna perkembangan lebih lanjut, yakni suatu hasil yang muncul karena peristiwa pertumbuhan.
- pengertian belajar
menurut witherington belajar merupakan perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai pola-pola respons yang baru yang berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan, dan kecakapan.
- perbedaan pengertian perkembangan, belajar dan pertumbuhan
perbedaan pertama adalah pertumbuhan lebih banyak berkenaan dengan aspek-aspek fisik sedangkan perkembangan dengan aspek-aspek psikis atau rohaniah. Perbedaan kedua adalah pertumbuhan menunjukkan perubahan atau penambahan secara kuantitas yaitu penambahan dalam ukuran besar atau tinggi sedangkan perkembangan berkaitan dengan peningkatan kualitas yaitu peningkatan dan penyempurnaan fungsi. Perbedaan ketiga adalah suatu pertumbuhan aspek tertentu akan berakhir apabila telah mencapai kematangannya sedangkan perkembangan terus berlangsung sampai akhir hidupnya.
E. Aliran-aliran perkembangan individu
- Konsepsi aliran asosiasi
Menurut aliran ini, perkembangan adalah proses asosiasi. Para ahli yang mengikuti aliran ini yang primer adalah bagian-bagian. Bagian-bagian ada lebih dahulu sedangkan keseluruhan ada lebih kemudian. Bagian ini terikat satu sama lain menjadi keseluruhan oleh asosiasi. Contoh: bagaimana terbentuknya pengertian lonceng.
- konsepsi aliran gestalt dan neo gestalt
menurut aliran gestalt perkembangan adalah proses diferensiasi. Sedangkan menurut aliran neo gestalt yang dirintis oleh kurt lewin yaitu proses diferensiasi itu masih ditambah proses stratifikasi.
- konsepsi aliran sosiologis
perkembangan adalah proses sosialisasi. Anak mula-mula bersifat asosial kemudian dalam perkembangannya sedikit demi sedikit disosialisasikan.


FAKTOR-FAKTOR PERKEMBANGAN INDIVIDU
A. Konsep perkembangan individu
Perkembangan menganut prinsip-prinsip sebagai berikut:
- perkembangan berlangsung terus-menerus sepanjang hayat
- dalam batas tertentu perkembangan dapat dipercepat
- perkembangan dipengaruhi oleh faktor bawaan, lingkungan dan kematangan
- untuk aspek tertentu perkembangan wanita lebih cepat daripada pria
- individu yang normal mengalami semua fase perkembangan

B. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan
Ada dua faktor yang mempengaruhi perkembangan yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari faktor herediti, faktor aktifitet, faktor usia, faktor jenis kelamin, dan faktor intelegensi. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari lingkungan, pendidikan, insentif, dan kultur atau budaya.

C. Mazhab perkembangan individu
- nativisme
aliran ini dipelopori oleh schopenhauer yang menyatakan bahwa perkembangan individu semata-mata ditentukan faktor yang dibawa sejak lahir, para ahli yang mempertahankan konsep ini menunjukkan berbagai kesamaan atau kemiripan antara orang tua dan anaknya.
- empirisme
tokoh aliran ini adalah john locke yang berpendapat bahwa manusia ketika lahir diibaratkan sebagai meja lilin atau tabula rasa yang putih dan bersih sehingga pengaruh lingkungan dan pendidik berkuasa menulis apa saja.
- konvergensi
tokoh aliran ini adalah wiliam stern yang berpandangan bahwa manusia berkembang dipengaruhi oleh faktor natur (pembawaan) dan lingkungan atau pendidikan.

D. Merasionalkan beberapa faktor perkembangan individu
- azas biologis
justru karena anak itu adalah makhluk biologis maka dia berkembang. Tetapi jika bukan makhluk hidup maka tidak akan mengalami perkembangan. Supaya perkembangan anak berlangsung secara normal maka keadaan biologis harus normal pula. Keadaan biologis yang cacat akan menimbulkan kelainan-kelainan dalam perkembangannya. Untuk mencapai perkembangan yang normal maka kebutuhan-kebutuhan biologis harus terpenuhi secara normal pula.
- azas ketidakberdayaan
bahwa anak manusia pada waktu masih sangat muda adalah sangat tidak berdaya dan suatu keharusan bahwa dia perlu berkembang menjadi berdaya. Jika perkembangan hewan cukup dengan insting-instingnya tetapi anak manusia hidup dalam dunia terbuka sehingga perkembangannya tidak dibatasi oleh instingnya.
- azas keamanan
kecuali kebutuhan-kebutuhan biologis anak memerlukan adanya rasa aman, karena itu perlu adanya pertolongan dan perlindungan dari orang yang mendidik. Inti dari perlindungan ini adalah kasih sayang orang tua. Kurangnya kasih sayang orang tua akan cenderung mengganggu perkembangan perasaan.
- azas eksplorasi
bahwa di dalam perkembangan anak tidak pasif semata-mata menerima pengaruh dari luar tetapi dia juga aktif mencari dan menemukan. Hal ini dilakukan dengan cara dengan fungsi jasmaniah (mulut, kaki). setelah bertambah umurnya eksplorasi juga dilakukan dengan fungsi panca indera. Justru di dalam eksplorasi itulah individu itu berkembang.

0 Comments

Post a Comment