Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 Halaman 131, 132, 133, 134, 135, 136, 137, 138,139 : Bermain di Lingkungan Sekolah Pembelajaran 3 Subtema 3

Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 2 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 2 kelas 2 halaman 131 sampai halaman 139 Pembelajaran 3 Tema 2 Bermain di Lingkunganku, Subtema 3 Bermain di Lingkungan Sekolah.

Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 Halaman 122, 123, 124,125, 126, 127, 129, 130 : Bermain di Lingkungan Sekolah Pembelajaran 2 Subtema3

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 Halaman 131, 132, 133, 134, 135, 136, 137, 138,139 : Bermain di Lingkungan Sekolah Pembelajaran 3 Subtema 3

Lomba tenis meja cilik kembali digelar.

Beni mewakili sekolahnya.

 

Ayo Mengamati

Amati gambar di bawah dengan cermat!

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 Halaman 131, 132, 133, 134, 135, 136, 137, 138,139 : Bermain di Lingkungan Sekolah Pembelajaran 3 Subtema 3

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 131

Kira-kira, apa cerita yang cocok untuk gambar di atas?

Alternatif Jawaban:

Lomba tenis meja cilik antar kelas digelar. Permainannya sangat seru, karena kemampuan pemainnya seimbang. Para penonton pun terhibur dan saling memberikan dukungan kepada jagoannya masing-masing.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut ini dengan cermat!

 

Lomba Tenis Meja Cilik

Lomba tenis meja cilik kembali digelar. Lomba dilakukan antarkelas dua SD sekecamatan. Beni mewakili sekolahnya. Lomba dilaksanakan di sekolah Beni. Ia mendapatkan dukungan dari teman dan gurunya.

Beberapa teman Beni seperti Udin, Edo, Lani, Siti, Dayu, dan Mey memberikan dukungan kepada Beni dari tribun. Teman Beni didampingi oleh guru kelasnya. Beni menangkis serangan dari lawan mainnya.

Bola pingpong hampir saja mendarat di bet Beni. Sementara ini, lawan mainnya sedang bersiap-siap menangkis balik serangan dari Beni. Ketika Beni melepaskan serangan balik, langsung ditangkis balik oleh lawannya dengan gagah. Namun, bola pingpong menyangkut di net. Poin untuk Beni, ia menang.

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 132

Apa isi teks bacaan di atas?

Alternatif Jawaban: Perlombaan Tenis Meja Cilik antar kelas 2 SD sekecamatan.

 

Bagaimana hasil terkaanmu tadi?

Alternatif Jawaban: Hasil terkaanku benar.

 

Apakah sesuai dengan yang kamu baca?

Alternatif Jawaban: Ya, sesuai dengan yang saya baca.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ayo Berdiskusi

Adakah kata yang belum kamu pahami?

Jika ada, tuliskan di bawah kata-kata berikut! Diskusikan dengan temanmu makna kata-kata berikut!

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 133

Alternatif Jawaban:

1. tribun maknanya adalah Panggung untuk tempat berbicara atau tempat yang agak tinggi untuk tempat duduk para penonton baik di stadion maupun tempat lain.

2. bet maknanya adalah Alat pemukul dalam permainan ping pong.

3. net maknanya adalah Jaring yang dibuat secara khusus untuk bermain baik bulutangkis, tenis dan tenis meja.

4. menangkis maknanya adalah menolak atau menahan serangan.

5. Lawan maknanya adalah tandingan dalam permainan.

 

Buatlah kalimat dengan kata-kata di atas!

1. Para penonton tenis meja cilik berkumpul di tribun.

2. Ayah membelikan bet baru untuk Beni.

3. Panitia lomba tenis meja cilik sedang memasang net di meja pingpong.

4. Beni menangkis serangan dari lawan mainnya dengan sigap.

5. Beni menang dari lawan karena poin miliknya lebih banyak.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ayo Mencoba

Lakukanlah pengamatan sederhana berikut!

 

Alat dalam Bermain Tenis Meja

Alat dan bahan: bet, net, meja, dan bola pingpong.

Petunjuk:

1. Sediakan alat dan bahan!

2. Amatilah bahan satu per satu!

3. Isilah titik-titik di bawah!

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 134

Alternatif Jawaban:

Hasil pengamatan:

1. Nama benda: Bet

Ciri-ciri benda : Berwujud benda padat, permukaannya datar dan halus, memiliki gagang untuk pegangan.


2. Nama benda: Net

Ciri-ciri benda : Berwujud benda padat, terbuat dari benang seperti jaring


3. Nama benda : Meja

Ciri-ciri benda : Berwujud benda padat, terbuat dari kayu, permukaannya datar dan halus

 

Berdasarkan pengamatan dapat disimpulkan bahwa: Bet, net, dan meja merupakan benda padat yang digunakan sebagai peralatan dalam permainan tenis meja.

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 135, 136, 137

Ayo Berlatih

Perhatikan teks percakapan berikut!

Banyak skor yang diperoleh Beni sejak babak penyisihan sampai akhir permainannya adalah 45 poin. Jika Beni melalui babak penyisihan, semifinal, dan final, berapakah skor yang diperoleh Beni setiap babak?

 

Beni memiliki 45 poin. Dia melewati 3 babak.

Artinya, 45 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3  = 0

 45 : 3 = 15.

Jadi, skor yang diperoleh Beni setiap babak ada 15 poin.

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 135

Selesaikan soal berikut dengan teliti!

1. Perusahaan mengirim net 4 kali berturut-turut ke sekolah yang berbeda sebanyak 44. Berapakah banyak net yang dibeli tiap sekolah apabila banyaknya net untuk tiap sekolah sama?

Jawaban:

44 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4  = 0

44 : 4 = 11

Jadi, banyaknya net untuk tiap sekolah adalah 11 buah.

 

2. Usai perlombaan, 36 bet dimasukkan ke dalam keranjang. Bet muat dalam 9 keranjang sama banyak. Berapakah banyak bet dalam setiap keranjang?

Jawaban:

36 – 9 –  9  – 9 – 9 = 0

36 : 9 = 4

Jadi, banyak bet dalam setiap keranjang adalah 4.

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 136

3. Perusahaan meja tenis memiliki stok meja tenis sebanyak 35 meja yang dibuat selama seminggu penuh. Berapakah banyak meja tenis yang dibuat dalam sehari?

Jawaban :

Seminggu = 7 hari

35 – 7 – 7 – 7 – 7 – 7 = 5

35 : 7 = 5

Jadi, banyak meja tenis yang dibuat sehari adalah 5 buah.

 

4. Persediaan bola pingpong untuk lomba sebanyak 48 bola pingpong. Bola pingpong dimasukkan ke dalam 6 kotak. Berapa banyak bola pingpong dalam tiap kotak?

Jawaban:

48 – 6 – 6 – 6 – 6 – 6 – 6 – 6 – 6 = 0

48 : 6 = 8

Jadi, banyak bola pingpong dalam setiap kotak adalah 8 buah.

 

5. Tribun barat terdiri atas 32 tempat duduk. Tiap baris terdiri atas 8 tempat duduk. Berapakah banyak baris di tribun barat?

Jawaban :

32 – 8 – 8 – 8 – 8 = 4

32 : 8 = 4

Jadi, banyak baris di tribun barat adalah 4.

 

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 136

Kepala Sekolah punya banyak tiket.

Bantulah Kepala Sekolah membagi tiket lomba tenis ke beberapa siswa! Berikut datanya.

1. 25 : 5  = (25 − 5 − 5 − 5 − 5 − 5 = 0 )  = 5

2. 27 : 9  = ( 27 − 9 − 9 − 9 = 0 )  = 3

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 137

3. 28 : 4  = (28 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 = 0 )  = 7

4. 30 : 5  = (30 − 5 − 5 − 5 − 5 − 5 − 5 = 0 )  = 6

5. 42 : 6  = (42 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 = 0 )  = 7

6. 36 : 4  = (36 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 = 0 )  = 9

7. 45 : 9  = ( 45 − 9 − 9 − 9 − 9 − 9 = 0 )  = 5

8. 49 : 7  = ( 49 − 7 − 7 − 7 − 7 − 7 − 7 − 7 = 0 )  = 7

9. 52 : 4  = (52 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 = 0 )  = 13

10. 54 : 6  = (54 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 = 0 )  = 7

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ayo Berlatih

Isilah titik-titik berikut dengan bilangan yang tepat!

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 138

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 Halaman 131, 132, 133, 134, 135, 136, 137, 138,139 : Bermain di Lingkungan Sekolah Pembelajaran 3 Subtema 3

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ayo Berkreasi

Masih ingatkah kamu alat dan bahan yang digunakan untuk menggambar?

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas 2 Halaman 139

1. Buku gambar, cara menggunakan: Kertas di letakan di meja/alas yang keras dan permukaannya halus

2. Pensil, cara menggunakan: Pensil diruncingkan dan digunakan untuk membuat sketsa.

3. Pensil warna, cara menggunakan: Untuk mewarnai gambar yang sudah dibuat.

4. Penggaris,  cara menggunakan: Untuk membuat garis dan menebalkan sketsa yang dibuat

5. Penghapus, cara menggunakan: Untuk menghapus apabila ada gambar yang salah atau tidak digunakan

 

Perhatikan gambar berikut!

Buatlah gambar berikut di buku gambarmu!

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 Halaman 131, 132, 133, 134, 135, 136, 137, 138,139 : Bermain di Lingkungan Sekolah Pembelajaran 3 Subtema 3

Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 Halaman 140, 141, 142, 143, 145,146, 147 : Bermain di Lingkungan Sekolah Pembelajaran 4 Subtema 3

Kerja Sama dengan Orang Tua

Orang tua membimbing siswa menggambar imajinatif dan cara menggunakan krayon.

 Baca juga: Kumpulan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Semester 1 dan Semester 2

Demikian yang dapat kami sajikan berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 Halaman 131, Halaman 132, Halaman 133, Halaman 134, Halaman 135, Halaman 136, Halaman 137, Halaman 138, Halaman 139 Bermain di Lingkunganku Pembelajaran 3 Subtema 3 Bermain di Lingkungan Sekolah. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!

 

Referensi:

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 2 – Bermain di Lingkunganku

0 Comments

Post a Comment