Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 2 Halaman 117, 119, 120 : Tugasku Sehari-hari Pembelajaran 1 Subtema 4

Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 2 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 3 kelas 2 halaman 114 sampai halaman 122 Pembelajaran 1 Tema 3 Tugasku Sehari-hari, Subtema 4 Tugasku dalam Kehidupan Sosial.

Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 2 Halaman 107, 108, 109,111 : Tugasku Sehari-hari Pembelajaran 6 Subtema 3

 

Ayo Mengamati

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 2 Halaman 117, 119, 120 : Tugasku Sehari-hari Pembelajaran 1 Subtema 4

Bacalah teks drama berikut dengan saksama!

Si Ulat & Si Semut

Oleh: Agung Hastomo

(Suatu ketika, Si Ulat menemukan buah apel manis di ranting pohon yang tidak begitu tinggi)

Si Ulat             : Waaah…apel! hmm nyam-nyam pasti rasanya manis, coba aaahh …  (Si Ulat bersiap menyantap apel itu…)

 

Si Semut          : Hei… Ulat! Apa kamu tidak melihat, ada aku di sini? Apel ini milikku, aku yang lebih dulu menemukannya. Jadi, aku yang berhak memilikinya! Pergi kamu dari sini! Sebelum kupanggilkan teman-temanku untuk mengusirmu!

 

Si Ulat             : Hei… Semut! Jangan begitu dong! Apel ini kan besar dan bulat, jadi cukup untuk kita makan berdua.

 

Si Semut          :  Tidak bisa! Apel ini milikku! Aku yang pertama kali menemukannya. Jangan coba-coba kamu memakannya! Pergi sana! Cari apel yang lain!

 

Si Ulat             :  Apa kamu bilang? Sini kalau berani!

 

Si Semut          :  Siapa takut!

 

Si Ulat             :  Rasakan gatalnya bulu-buluku nanti. (Si Semut dan Si Ulat yang hendak berkelahi saling gigit, tiba-tiba mereka kaget.)

 

Si Anak           :  Wah … ada apel besar, lumayan siang-siang begini. (Si Semut dan Si Ulat berhenti berkelahi, mereka saling memandang.)

 

Si Semut          :  Ada juga yang mau makan apel ini.

 

Si Ulat             :  Bagaimana kalau dia yang makan, kita tidak dapat apa-apa, dong!

 

Si Semut dan Si Ulat  :  (diam … berpikir).

 

Si Semut          : Aku ada ide! Kita takut-takuti saja dia. Bagaimana?

 

Si Ulat             : Baiklah, aku setuju ide itu!(Begitu Si Anak hendak memakan apel itu, Si Semut dan Si Ulat segera beraksi. Semut berdiri di atas kepala Si Ulat, menjadi hewan baru yang mengerikan.)

 

Si Anak           :  Toloong... ada hewan aneh! Toloong! (lari terbirit-birit)

 

Si Semut dan Si Ulat :  Ha ... ha ... . Ini gunanya berteman!

 

Ayo Membaca

Yuk, kita makan apel ini bersama-sama. Bacalah percakapan di atas dengan beberapa temanmu. Bagilah tugas untuk berperan sebagai Si Anak, Si Ulat, dan Si Semut serta seorang siswa sebagai narator! Berdasarkan cerita drama di atas, jawablah pertanyaan berikut!

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Kelas 2 Halaman 117 Tema 3 Subtema 4 Pembelajaran 1

1.  Mengapa Si Ulat dan Si Semut bertengkar?

Alternatif jawaban: Si Semut serakah tidak mau berbagi makanan dengan Si Ulat.

 

2.  Mengapa akhirnya Si Ulat dan Si Semut bekerja sama?

Alternatif jawaban: Karena Si Semut dan Si Ulat saling menyadari pentingnya bekerja sama, setelah apel yang mereka perebutkan akan dimakan oleh seorang anak.

 

3.  Apakah akibat dari bersikap sombong kepada teman?

Alternatif jawaban: Sikap sombong akan merugikan. Teman akan menjauhi.

 

4.  Apakah akibat sikap serakah kepada teman?

Alternatif jawaban: Serakah adalah ingin menang sendiri, tidak mau berbagi dengan teman. Sikap serakah akan menimbulkan kebencian teman.

 

5.  Dapatkah kamu hidup sendiri tanpa bantuan teman?

Alternatif jawaban: Tidak, setiap orang memerlukan orang lain karena manusia sebagai makhluk sosial.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ibu guru mengingatkan Siti dan teman-teman untuk selalu bekerja sama. Kita tidak dapat hidup sendiri. Semua orang membutuhkan orang lain. Manusia adalah makhluk sosial. Hari ini, ibu guru memberi tugas secara kelompok. Setiap kelompok harus bekerja sama. Tugasnya adalah membuat prakarya dengan bahan alami.

Sebelum membuat prakarya, setiap kelompok menyiapkan bahan. Bahan-bahan yang digunakan adalah biji-bijian.

 

Berikut bahan-bahan yang dibeli siswa.

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 2 Halaman 117, 119, 120 : Tugasku Sehari-hari Pembelajaran 1 Subtema 4

 

Siti dan kelompoknya membeli biji jagung, kacang tanah, kacang hijau, dan kacang kedelai.

 

Ayo Berlatih

Taksirlah harga barang yang dibeli kelompok Siti! Kemudian, hitunglah harga barang yang kamu taksir!

Hasil Taksiran Harga

 

Sekarang, coba kamu hitung total harga belanja Siti di bawah ini!

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Kelas 2 Halaman 119 Tema 3 Subtema 4 Pembelajaran 1

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 2 Halaman 117, 119, 120 : Tugasku Sehari-hari Pembelajaran 1 Subtema 4

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Selain membeli biji-bijian, Siti dan kelompoknya membeli alat dan bahan lainnya. Berikut bahan-bahan lainnya!

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 2 Halaman 117, 119, 120 : Tugasku Sehari-hari Pembelajaran 1 Subtema 4

Ayo Berlatih

Taksirlah harga barang lain yang dibeli kelompok Siti! Kemudian, hitunglah harga barang lain yang kamu taksir!

Hasil Taksiran Harga

 

Sekarang, coba kamu hitung jumlah keseluruhan harga belanja Siti di bawah ini!

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Kelas 2 Halaman 120 Tema 3 Subtema 4 Pembelajaran 1

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 2 Halaman 117, 119, 120 : Tugasku Sehari-hari Pembelajaran 1 Subtema 4

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ayo Berkreasi

Ayo, membuat bingkai foto dari biji-bijian!

Bahan:

1.  Karton                    5. Kacang hijau 

2. Lem                         6. Kacang kedelai

3. Kacang tanah          7. Foto

4. Biji jagung

 

Alat:

1.  Pena

2. Gunting

3. Penggaris

 

Cara Membuat:

1. Guntinglah karton membentuk persegi panjang. Hati-hati saat menggunakan gunting!

2. Berilah garis di setiap pinggiran karton untuk membuat bingkai.

3. Tempelkan biji yang kamu pilih di setiap sudut karton. Berilah lem terlebih dahulu sebelum menempelkan biji.

4. Setelah bingkai terpasang biji-bijian, pasang foto kamu.

 

Kerja Sama dengan Orang Tua

Dengan bantuan orang tua, siswa dapat menaksir harga barang.

 

Demikian yang dapat kami sajikan berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 2 halaman 117, halaman 119, halaman 120 Tugasku Sehari-hari Pembelajaran 1 Subtema 4. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!!!

 

Referensi:

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 3 – Tugasku Sehari-hari

0 Comments

Post a Comment