Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 2 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 3 kelas 2 halaman 114 sampai halaman 122 Pembelajaran 1 Tema 3 Tugasku Sehari-hari, Subtema 4 Tugasku dalam Kehidupan Sosial.
Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 2 Halaman 107, 108, 109,111 : Tugasku Sehari-hari Pembelajaran 6 Subtema 3
Ayo
Mengamati
Bacalah
teks drama berikut dengan saksama!
Si
Ulat & Si Semut
Oleh:
Agung Hastomo
(Suatu ketika, Si Ulat menemukan buah
apel manis di ranting pohon yang tidak begitu tinggi)
Si Ulat :
Waaah…apel! hmm nyam-nyam pasti rasanya manis, coba aaahh … (Si Ulat bersiap menyantap apel itu…)
Si Semut : Hei… Ulat! Apa kamu tidak melihat, ada aku di sini? Apel
ini milikku, aku yang lebih dulu menemukannya. Jadi, aku yang berhak
memilikinya! Pergi kamu dari sini! Sebelum kupanggilkan teman-temanku untuk
mengusirmu!
Si Ulat :
Hei… Semut! Jangan begitu dong! Apel ini kan besar dan bulat, jadi cukup untuk
kita makan berdua.
Si Semut : Tidak bisa! Apel
ini milikku! Aku yang pertama kali menemukannya. Jangan coba-coba kamu
memakannya! Pergi sana! Cari apel yang lain!
Si Ulat
: Apa kamu bilang? Sini kalau berani!
Si Semut : Siapa takut!
Si Ulat
: Rasakan gatalnya bulu-buluku nanti. (Si Semut
dan Si Ulat yang hendak berkelahi saling gigit, tiba-tiba mereka kaget.)
Si Anak
: Wah … ada apel besar, lumayan siang-siang
begini. (Si Semut dan Si Ulat berhenti berkelahi, mereka saling memandang.)
Si Semut : Ada juga yang mau
makan apel ini.
Si Ulat
: Bagaimana kalau dia yang makan, kita tidak
dapat apa-apa, dong!
Si Semut dan Si Ulat :
(diam … berpikir).
Si Semut : Aku ada ide! Kita takut-takuti saja dia. Bagaimana?
Si Ulat
: Baiklah, aku setuju
ide itu!(Begitu Si Anak hendak memakan apel itu, Si Semut dan Si Ulat segera
beraksi. Semut berdiri di atas kepala Si Ulat, menjadi hewan baru yang
mengerikan.)
Si Anak
: Toloong... ada hewan aneh! Toloong! (lari
terbirit-birit)
Si Semut dan Si Ulat : Ha ... ha ... . Ini gunanya berteman!
Ayo
Membaca
Yuk, kita makan apel ini bersama-sama.
Bacalah percakapan di atas dengan beberapa temanmu. Bagilah tugas untuk
berperan sebagai Si Anak, Si Ulat, dan Si Semut serta seorang siswa sebagai
narator! Berdasarkan cerita drama di atas, jawablah pertanyaan berikut!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - -
Kunci jawaban Kelas 2 Halaman 117 Tema 3 Subtema 4 Pembelajaran 1
1.
Mengapa Si Ulat dan Si Semut bertengkar?
Alternatif jawaban: Si Semut serakah
tidak mau berbagi makanan dengan Si Ulat.
2.
Mengapa akhirnya Si Ulat dan Si Semut bekerja sama?
Alternatif jawaban: Karena Si Semut dan
Si Ulat saling menyadari pentingnya bekerja sama, setelah apel yang mereka
perebutkan akan dimakan oleh seorang anak.
3.
Apakah akibat dari bersikap sombong kepada teman?
Alternatif jawaban: Sikap sombong akan
merugikan. Teman akan menjauhi.
4.
Apakah akibat sikap serakah kepada teman?
Alternatif jawaban: Serakah adalah ingin
menang sendiri, tidak mau berbagi dengan teman. Sikap serakah akan menimbulkan
kebencian teman.
5.
Dapatkah kamu hidup sendiri tanpa bantuan teman?
Alternatif jawaban: Tidak, setiap orang
memerlukan orang lain karena manusia sebagai makhluk sosial.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - -
Ibu guru mengingatkan Siti dan
teman-teman untuk selalu bekerja sama. Kita tidak dapat hidup sendiri. Semua
orang membutuhkan orang lain. Manusia adalah makhluk sosial. Hari ini, ibu guru
memberi tugas secara kelompok. Setiap kelompok harus bekerja sama. Tugasnya
adalah membuat prakarya dengan bahan alami.
Sebelum membuat prakarya, setiap
kelompok menyiapkan bahan. Bahan-bahan yang digunakan adalah biji-bijian.
Berikut bahan-bahan yang dibeli siswa.
Siti dan kelompoknya membeli biji
jagung, kacang tanah, kacang hijau, dan kacang kedelai.
Ayo
Berlatih
Taksirlah harga barang yang dibeli
kelompok Siti! Kemudian, hitunglah harga barang yang kamu taksir!
Hasil Taksiran Harga
Sekarang, coba kamu hitung total harga
belanja Siti di bawah ini!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - -
Kunci jawaban Kelas 2 Halaman 119 Tema 3 Subtema 4 Pembelajaran 1
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - -
Selain membeli biji-bijian, Siti dan
kelompoknya membeli alat dan bahan lainnya. Berikut bahan-bahan lainnya!
Ayo Berlatih
Taksirlah harga barang lain yang dibeli
kelompok Siti! Kemudian, hitunglah harga barang lain yang kamu taksir!
Hasil Taksiran Harga
Sekarang, coba kamu hitung jumlah
keseluruhan harga belanja Siti di bawah ini!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - -
Kunci jawaban Kelas 2 Halaman 120 Tema 3 Subtema 4 Pembelajaran 1
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - -
Ayo
Berkreasi
Ayo, membuat bingkai foto dari
biji-bijian!
Bahan:
1.
Karton 5. Kacang
hijau
2. Lem 6. Kacang kedelai
3. Kacang tanah 7. Foto
4. Biji jagung
Alat:
1.
Pena
2. Gunting
3. Penggaris
Cara
Membuat:
1. Guntinglah karton membentuk persegi
panjang. Hati-hati saat menggunakan gunting!
2. Berilah garis di setiap pinggiran
karton untuk membuat bingkai.
3. Tempelkan biji yang kamu pilih di
setiap sudut karton. Berilah lem terlebih dahulu sebelum menempelkan biji.
4. Setelah bingkai terpasang
biji-bijian, pasang foto kamu.
Kerja
Sama dengan Orang Tua
Dengan bantuan orang tua, siswa dapat
menaksir harga barang.
Demikian yang dapat kami sajikan
berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 2 halaman
117, halaman 119, halaman 120 Tugasku Sehari-hari Pembelajaran 1 Subtema 4.
Semoga bermanfaat dan semoga sukses!!!
Referensi:
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 3 – Tugasku Sehari-hari
0 Comments
Post a Comment