Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 95, 97, 101, 103, 106, 107 : Subtema 2 Pembelajaran 5

Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 3 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 3 kelas 3 halaman 94 sampai halaman 108 Pembelajaran 5 Tema 3 Benda di Sekitarku, Subtema 2 Wujud Benda.

Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 89, 90, 93 :Subtema 2 Pembelajaran 4

 

Ayo Mengamati

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 95, 97, 101, 103, 106, 107 : Subtema 2 Pembelajaran 5

Ingatkah kamu wujud benda selain padat dan cair? Benda juga dapat berwujud gas. Benda gas ada di mana-mana. Contohnya udara yang kita hirup. Setiap hari kita menghirup udara. Udara termasuk benda gas. Dapatkah kamu melihat bentuk udara? Bentuk udara tidak dapat dilihat. Udara hanya dapat dirasakan. Namun, ada benda gas yang dapat dilihat. Contohnya adalah awan dan asap. Untuk mengetahui hal ini, lakukan percobaan berikut!

Percobaan 1.

Mengetahui Sifat Benda Gas

- Lakukan secara berkelompok.

- Alat dan Bahan

1. Kantong plastik bening

2. Balon

- Langkah-Langkah Percobaan

1. Tiuplah balon sampai mengembang. Ikatlah mulut balon dengan karet.

2. Tiuplah kantong plastik sampai mengembang. Ikatlah mulut plastik dengan karet.

3. Amatilah bentuk balon dan kantong plastik tersebut. Bagaimanakah bentuk balon dan kantong plastik tersebut?

Lengkapi tabel berikut! Berilah tanda centang jika sesuai dengan sifat udara yang kamu amati!

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 95 Subtema 2 Pembelajaran 5

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 95, 97, 101, 103, 106, 107 : Subtema 2 Pembelajaran 5

 

Dari hasil percobaanmu, simpulkan sifat benda gas!

Alternatif jawaban:

Benda gas mempunyai sifat : Bentuknya dapat berubah sesuai wadah, tidak dapat digenggam.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Percobaan 2.

- Lakukan secara berkelompok.

- Alat dan Bahan

1. Benang secukupnya

2. Balon 2 Buah

3. Sebatang lidi atau kayu tipis

 

- Langkah-Langkah Percobaan

1. Tiupkan udara ke dalam dua buah balon.

2. Tiupkan sampai kedua balon sama besar.

3. Ikat setiap balon dengan benang. Sisakan benang dengan panjang secukupnya.

4. Pada setiap ujung lidi atau kayu gantungkan satu buah balon yang telah terisi udara. Usahakan posisi lidi atau kayu tetap mendatar.

5. Perlahan-lahan, tusuklah sebuah balon yang berisi udara. Perhatikan udara yang keluar dari tempat yang ditusuk.

6. Letakkan tanganmu di dekat tempat keluarnya udara. Apakah yang terjadi?

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 95, 97, 101, 103, 106, 107 : Subtema 2 Pembelajaran 5

 

Apakah yang terjadi setelah satu balon ditusuk? Tuliskan jawabanmu!

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 97 Subtema 2 Pembelajaran 5

Alternatif jawaban: Setelah ditusuk balon akan mengempis.

 

Simpulkanlah sifat benda gas.

Benda gas mempunyai sifat: Bentuknya yang selalu berubah-ubah, menekan ke segala arah, volumenya berubah-ubah, dan menempati ruang.

 

Ayo Menulis

Kamu telah melakukan percobaan untuk mengetahui sifat benda gas. Apa yang kamu ketahui tentang benda gas? Tuliskan hasilnya pada kolom berikut! Perhatikan penulisan huruf besar dan tanda baca!

Alternatif jawaban: Benda gas ada dimana-mana, termasuk di sekitar kita. Salah satunya adalah udara yang kita hirup setiap saat. Meskipun tidak dapat dilihat, namun udara ini dapat dirasakan dan udara yang bersih bermanfaat bagi kesehatan makhluk hidup. Sifat yang dimiliki benda gas adalah bentuknya selalu berubah-ubah sesuai wadah atau tempatnya, menekan ke segala arah, volumenya berubah-ubah, dan dapat menempati ruang.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

********

 

Ayo Berlatih

Kamu telah melakukan percobaan kedua bersama temanmu. Percobaan kedua membuktikan bahwa benda gas mempunyai massa. Semakin besar massa benda, semakin besar pula beratnya. Kamu akan mengenal alat yang digunakan untuk menimbang berat. Alat-alat yang biasa digunakan untuk menimbang berat.

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 95, 97, 101, 103, 106, 107 : Subtema 2 Pembelajaran 5

 

Pernahkah kamu melihat alat-alat di atas? Coba diskusikan dengan temanmu! Diskusi tentang kegunaan alat-alat tersebut! Perhatikan satuan yang digunakan dalam timbangan berikut!

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 95, 97, 101, 103, 106, 107 : Subtema 2 Pembelajaran 5

 

Apakah satuan berat pada alat tersebut? Diskusikan bersama teman-temanmu!

 

Perhatikan gambar berikut! Lani akan menentukan massa benda. Bantulah Lani memilih alat untuk menimbang yang sesuai!

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 101 Subtema 2 Pembelajaran 5

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 95, 97, 101, 103, 106, 107 : Subtema 2 Pembelajaran 5


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

******

 

Bantulah Lani cara membaca timbangan kue! Gunakan satuan kilogram (kg) dan gram.

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 95, 97, 101, 103, 106, 107 : Subtema 2 Pembelajaran 5


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 103 Subtema 2 Pembelajaran 5

Gambar ayam 1           = 5 kg 200 gram          = 5.200 gram

Gambar ayam 2           = 4 kg 600 gram          = 4.600 gram

Gambar ayam 3           = 3 kg 400 gram          = 3.400 gram

Gambar jagung 1         = 3 kg                          = 3.000 gram

Gambar jagung 2         = 2 kg 200 gram          = 2.200 gram

Gambar jagung 3         = 5 kg                          = 5.000 gram

Gambar ikan 1             = 4 kg 200 gram          = 4.200 gram

Gambar ikan 2             = 5 kg 600 gram          = 5.600 gram

Gambar ikan 3             = 2 kg                          = 2.000 gram

 

*******

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 95, 97, 101, 103, 106, 107 : Subtema 2 Pembelajaran 5

 

Kamu telah membaca cerita di atas! Jawablah pertanyaan berikut ini!

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 106 Subtema 2 Pembelajaran 5

1. Apa pesan Presiden menurut berita tersebut?

Alternatif jawaban: Dibutuhkan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan agar terhindar dari pembakaran lahan di samping kesadaran tidak membakar lahan dan semak di sekitarnya.

 

2.  Mengapa gotong royong diperlukan untuk menanggulangi kebakaran hutan?

Alternatif jawaban: Karena gotong royong adalah jalan keluar dalam menanggulangi kebakaran hutan.

 

3. Apa yang harus dilakukan masyarakat untuk mengurangi kebakaran hutan? Selain dengan gotong royong.

Alternatif jawaban: Kesadaran tidak membakar lahan dan semak

 

4. Tuliskan pengalamanmu dalam bergotong royong!

Alternatif jawaban: Gotong royong melaksanakan piket kelas di sekolah, gotong royong membersihkan rumah.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ayo Berdiskusi

Apa pendapatmu tentang pernyataan di bawah ini? Berikan tanda centang di kolom yang tersedia.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 107 Subtema 2 Pembelajaran 5

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 95, 97, 101, 103, 106, 107 : Subtema 2 Pembelajaran 5

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Kegiatan Bersama Orang Tua

Orang tua memperkenalkan alat yang digunakan untuk menimbang yang ada di di rumah. Kegiatan lainnya adalah mengamati kelebihan dan kekurangan menggunakan bahan bakar gas dibandingkan kayu bakar.

 

Demikian yang dapat kami sajikan berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 halaman 95, halaman 97, halaman 101, halaman 103, halaman 106, halaman 107 Benda di Sekitarku Pembelajaran 5 Subtema 2 Wujud Benda. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!!!

 

Referensi:

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 3 – Benda di Sekitarku

0 Comments

Post a Comment