Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 6 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 6 kelas 6 halaman 36 sampai halaman 44 Pembelajaran 6 Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera, Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan.
Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 29, 33, 34 :Subtema 1 Pembelajaran 5
Ayo
Mencoba
Bagaimanakah kamu menjalankan kewajiban,
baik di lingkungan rumah,sekolah, masyarakat serta lingkungan bangsa dan
negara? Coba ceritakanlah di depan teman-temanmu.
Ayo
Berlatih
Tuliskan
hal-hal berikut.
1. Contoh kewajiban di rumah yang sudah
kamu laksanakan.
2. Manfaat yang kamu peroleh dengan
melaksanakan kewajiban secara bertanggung jawab.
3. Hal-hal yang perlu diperbaiki dalam
melaksanakan kewajiban.
Tuliskan pada selembar kertas. Kemudian,
ceritakanlah di depan teman-temanmu.
Setiap keluarga mempunyai peraturan yang
dibuat secara bersama-sama oleh anggota keluarga dengan dipimpin kepala
keluarga (ayah). Peraturan dalam keluarga mengikat semua anggota keluarga untuk
melaksanakannya secara bertanggung jawab. Dengan adanya kesadaran setiap
anggota keluarga dalam melaksanakan kewajiban akan tercipta ketertiban,
ketenangan, dan keharmonisan dalam keluarga.
Kamu telah mengenal banyak kewajiban,
baik kewajiban sebagai anggota keluarga, warga sekolah, maupun sebagai warga
negara Indonesia. Selain itu, kamu mempunyai kewajiban terhadap diri sendiri
dan lingkungan. Contoh kewajiban terhadap diri sendiri adalah menjaga kesehatan
dengan memperhatikan pola makan sehat. Cermati bacaan dengan judul “Bahaya
Jajanan tidak sehat di Sekitar Sekolah”. Sebelum mencermati bacaan lakukan
kegiatan berikut.
Ayo
Berlatih
Ada bacaan dengan judul “Bahaya Jajanan
tidak Sehat di Sekitar Sekolah”. Coba temukan kata kunci pada judul tersebut.
Lalu tuliskan kata kunci tersebut ke dalam kolom di bawah ini. Tuliskan juga
perkiraan informasi yang terdapat pada teks berdasarkan kata kunci yang kamu
temukan.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 37 Subtema 1 Pembelajaran 6
1. Kata Kunci: Bahaya jajan tidak sehat
Perkiraan Informasi yang terdapat dalam
Teks Berdasarkan Kata Kunci: Tidak semua jajanan di sekitar sekolah itu sehat.
terkadang, para penjual menambahkan bahan berbahaya pada jajanannya. perlu
waspada terhadap jajanan yang berwarna mencolok.
2. Kata Kunci: Dampak jajan tidak sehat
Perkiraan Informasi yang terdapat dalam
Teks Berdasarkan Kata Kunci: Jajanan
tidak sehat sangat berbahaya bagi tubuh, karena dapat merusak organ-organ tubuh
anak. Dampaknya mungkin tak langsung terlihat, tetapi akan terlihat dalam
jangka waktu yang lama.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Ayo
Membaca
Ayo
Berlatih
Setelah membaca teks di atas apakah isi
bacaan sama dengan isi bacaan sesuai kata kunci berdasarkan perkiraanmu? Tuliskan jawabanmu pada kotak berikut!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 38 Subtema 1 Pembelajaran 6
1. Bahaya Pangan Jajanan tidak sehat di
sekitar Sekolah.
2. Bahaya pangan jajanan. Jajanan anak sekolah
yang tidak sehat.
3. Bahaya jajanan anak sekolah yang
tidak sehat. Bahwa dalam lima tahun terakhir Badan POM, menunjukkan, masih
banyak jajanan anak sekolah yang tidak sehat. Hasil pemantauan pangan jajanan
anak berkisar 40-44 persen. Bahwa siswa sekolah dasar cenderung lebih mudah
tertarik dengan makanan yang berwarna-warni cerah. Oleh karenanya, sangat
diharapkan peran sekolah untuk menyediakan kantin yang menjual makanan sehat.
4. Isi bacaan setelah membaca semua teks
sama dengan isi bacaan sesuai kata kunci.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Mulai sekarang, perhatikan jajanan
sekolah yang aman, sehat, dan bergizi demi memenuhi kewajibanmu menjaga
kesehatan tubuh. Akan lebih aman, bawalah bekal dari rumah yang lebih sehat.
Dengan demikian, kamu telah melaksanakan kewajiban terhadap diri sendiri.
Bagaimanakah wujud kewajibanmu terhadap lingkungan? Ikut melestarikan adat dan
budaya di lingkungan tempat tinggal merupakan kewajiban setiap warga
masyarakat, termasuk kamu. Apakah kamu mengenal adat dan budaya di
lingkunganmu? Banyak bentuk adat dan budaya bangsa Indonesia, seperti alat
musik daerah dan lagu-lagu daerah. Dapatkah kamu menyanyikan lagu-lagu daerah
yang ada di daerah tempat tinggalmu? Amatilah berbagai gambar permainan alat
musik daerah berikut. Kemudian, nyanyikan satu lagu daerah.
Ayo
Mengamati
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 40 Subtema 1 Pembelajaran 6
Apa musik yang dimainkan pada gambar di
atas? Dari daerah manakah alat musik tersebut? Tuliskan pada kolom berikut.
1. Angklung berasal dari Sunda Jawa
Barat.
2. Gamelan bali berasal dari daerah
Bali.
3. Tifa berasal dari daerah Maluku dan
Papua.
4.
Margondang berasal dari Tapanuli atau Sumatra Utara
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Ayo
Bernyanyi
Nyanyikan lagu daerah berikut!
Ayo
Berlatih
1. Nyanyikan nada do sampai dengan do
tinggi (do`) naik dan turun. Ucapkan nada secara berulang-ulang. Sambil
bernyanyi dengarkan suaramu agar interval nada tepat.
2. Nyanyikan lagu di atas. Sebelum
menyanyikan syair lagu, terlebih dahulu baca dan nyanyikan dengan solmisasi.
3. Bagaimana interval pada lagu di atas?
Banyakkah nada-nada yang sama berturut-turut? Ungkapkan pendapatmu.
Ayo
Mengamati
Amati isi lagu di atas berdasarkan
syairnya. Tanyakan kepada orang yang kamu anggap tahu. Kamu juga bisa meminta
orang dewasa untuk mencari isi lagu di atas melalui media internet. Kemudian
tuliskan dalam kolom berikut.
Ayo
Membaca
Interval melodis terdiri atas interval
dari nada rendah ke nada tinggi(ascending interval ) dan interval dari nada
tinggi ke nada rendah descending interval)
Melodi yang baik adalah melodi yang
mempunyai interval terjangkau oleh alat musik atau suara manusia.
Berdasarkan bunyi yang kita dengar,
interval memiliki ciri-ciri bunyi sebagai berikut.
1. Interval prim ( “prime”)
Interval prim hanya terdengar satu nada
sehingga terdengar nyaman, contohnya do saja.
2. Interval sekon (“secondo”)
Sekon terdiri atas sekon besar dan sekon
kecil. Interval sekon terdengar kurang
nyaman, contohnya do-re dan si-do bila dinyanyikan atau dibunyikan serempak.
3. Interval terts, terts besar maupun
kecil nyaman didengar pula (konsonan sempurna)(do-mi).
4. Interval kuart, kuart murni sesalu
nyaman didengar (konsonan sempurna) (do-fa).
5. Interval kuint, kuint murni terdengar
nyaman (konsonan sempurna), kuint berlebih
terdengar bagus, kuint berkurang terdengar kurang nyaman (dosol).
6. Interval sekst, sekst besar maupun
kecil terdengar nyaman (do-la).
7.
Interval septim, biasanya terdengar
kurang nyaman (do-si).
8. Interval oktaf, oktaf murni terdengar
nyaman (do-do)’.
Ayo
Mencoba
Ayo
Renungkan
Apa yang telah kamu pelajari hari ini?
Bagian mana yang sudah kamu pahami dengan baik? Bagian mana yang belum kamu
pahami? Apa yang akan kamu lakukan agar lebih paham?
Nilai-nilai apa yang dapat kamu terapkan
dalam kehidupan sehari-hari?
Kerja
Sama dengan Orang Tua
Diskusikan dengan orang tuamu tentang
hal-hal yang merupakan kewajibanmu sebagai anggota keluarga! Tuliskan hasil
diskusimu pada kotak berikut!
Demikian yang dapat kami sajikan
berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 halaman 37,
halaman 38, dan halaman 40 Menuju Masyarakat Sejahtera Pembelajaran 6 Subtema 1
Masyarakat Peduli Lingkungan. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!!!
Referensi:
- Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 6 – Menuju
Masyarakat Sejahtera
0 Comments
Post a Comment