Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 6 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 6 kelas 6 halaman 64 sampai halaman 70 Pembelajaran 4 Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera, Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera.
Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 61, 62, 63 :Subtema 2 Pembelajaran 3
Arif main ke rumah Udin. Mereka
berbincang tentang banyak hal. Mulai dari pelajaran di sekolah sampai dengan
acara televisi yang sedang mereka tonton. Mereka tampak seperti kakak adik yang
hidup rukun. Melihat ciri fisik Udin dan Arif tampak perbedaan antara masa
anak-anak (kanak-kanak) dan masa pubertas.
Ayo
Berlatih
Sudahkah Kamu Masuk Masa Pubertas? Masa
pubertas bisa dibedakan dengan masa kanak-kanak atau anak-anak. Untuk
mengetahui apakah kamu saat ini sudah memasuki masa pubertas atau masih
anak-anak, bisa kamu lakukan dengan menjawab secara jujur pertanyaan-pertanyaan
dalam tabel berikut. Isi tabel dengan tanda centang (√) pada kolom yang
tersedia. Untuk kolom kesimpulan isi berdasarkan jawaban atas lima pertanyaan
yang tersedia. Jika jawaban lebih banyak pada kolom “Sudah” berarti
kesimpulannya kamu telah memasuki masa pubertas. Sebaliknya, apabila jawaban
lebih banyak pada kolom “Belum” berarti kamu masih anak-anak (kanak-kanak).
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 65 Subtema 2 Pembelajaran 4
*Jawaban disesuaikan sesuai dengan
individu masing-masing.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Arif dan Udin terkesima menonton sebuah
tarian di televisi. Merekatertarik dengan gerakan penari. Penari Klana topeng
memakai topeng. Walaupun wajah ditutupi topeng penari tetap lincah bergerak.
Ayo
Membaca
Ayo
Berlatih
Kamu telah membaca dengan cermat teks
nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 66 Subtema 2 Pembelajaran 4
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut
ini.
1. Informasi apakah yang kamu harapkan
ketika kamu baru membaca judul teks nonfiksi (Tari Klana Topeng)?
2. Sesuaikah antara harapan informasi
yang kamu peroleh ketika baru membaca judul teks nonfiksi dengan informasi yang
kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng?
3. Informasi apakah yang kamu peroleh
setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng?
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Tulislah hasil perbandingan informasi
yang kamu harapkan saat kamu baru membaca judul teks nonfiksi dan informasi
yang kamu dapat setelah membaca teks nonfiksi. Selanjutnya, presentasikan
secara lisan di depan kelas. Lakukanlah secara bergantian dengan temanmu.
Ayo
Mengamati
Apakah kamu pernah memperagakan karya
tari bentuk tunggal? Karya tari apa yang pernah kamu peragakan? Amati gerak
tari kreasi bentuk tunggal berikut.
Ayo
Berlatih
Berlatihlah untuk memperagakan
gerak-gerak tari kreasi bentuk tunggal di atas. Sebelum bergerak, siapkan
properti tari berupa tongkat. Setelah melakukan latihan memperagakan gerak tari
tersebut, ungkapkan pendapat kamu mengenai gerakan. Apakah gerak tari di atas
sulit diperagakan? Tuliskan dalam kolom berikut.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 68 Subtema 2 Pembelajaran 4
Alternatif jawaban:
Pada awalnya memang sulit, namun setelah
banyak berlatih akhhirnya saya mampu memperagakannya.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Ayo
Mengamati
Buatlah kelompok terdiri atas 5 anak.
Lakukan pengamatan terhadap sebuah tariankreasi daerah bersama teman satu
kelompokmu. Cermati tahapan penampilan karya tari kreasi daerah itu. Tuliskan
unsur-unsur tari dari tarian yang kamu amati.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 69 Subtema 2 Pembelajaran 4
Hasil Pengamatan:
Nama Tarian :
Asal daerah Tarian :
Unsur Karya tari yang diamati :
Tanggapan terhadap karya tari :
*Jawaban disesuaikan dengan pengamatan
masing-masing sesuai dengan tarian yang diamati.
Ayo
Renungkan
Tarian daerah merupakan contoh jenis
budaya daerah yang menjadi akar budaya nasional. Masyarakat Indonesia memiliki
beragam tarian daerah. Budaya daerah mampu menarik perhatian mancanegara.
Pepatah mengatakan “Tak Kenal Maka Tak Sayang”.
Apakah
kamu sudah mengenali ragam tarian daerah di Nusantara?
Alternatif jawaban: Ya, saya sudah
mengenali beberapa tarian daerah.
Bagaimanakah
cara yang akan kamu lakukan untuk menyayangi budaya daerah sebagai akar budaya
nasional sehingga kamu akan selalu melestarikannya?
Alternatif jawaban:
Untuk menyayangi budaya daerah adalah
dengan cara mengenali dan memahami budaya tersebut. Jika sudah kenal dan
memahaminya, maka kita akan dengan senang hati untuk melestarikan budaya daerah
tersebut.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kerja
Sama dengan Orang Tua
Bersama orang tuamu, tuliskan beragam
tarian daerah. Mintalah pendapat orang tuamu untuk menyebutkan tarian daerah
dan asalnya. Melalui kegiatan ini kamu akan mengenal beragam tarian daerah yang
merupakan akar budaya nasional.
Demikian yang dapat kami sajikan
berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 halaman 65,
halaman 66, halaman 68, halaman 69 Menuju Masyarakat Sejahtera Pembelajaran 4
Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera. Semoga bermanfaat dan semoga
sukses!!!
Referensi:
- Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 6 – Menuju
Masyarakat Sejahtera
0 Comments
Post a Comment