Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 65, 66, 68, 69 : Subtema 2 Pembelajaran 4

Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 6 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 6 kelas 6 halaman 64 sampai halaman 70 Pembelajaran 4 Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera, Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera.

Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 61, 62, 63 :Subtema 2 Pembelajaran 3

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 65, 66, 68, 69 : Subtema 2 Pembelajaran 4

Arif main ke rumah Udin. Mereka berbincang tentang banyak hal. Mulai dari pelajaran di sekolah sampai dengan acara televisi yang sedang mereka tonton. Mereka tampak seperti kakak adik yang hidup rukun. Melihat ciri fisik Udin dan Arif tampak perbedaan antara masa anak-anak (kanak-kanak) dan masa pubertas.

 

Ayo Berlatih

Sudahkah Kamu Masuk Masa Pubertas? Masa pubertas bisa dibedakan dengan masa kanak-kanak atau anak-anak. Untuk mengetahui apakah kamu saat ini sudah memasuki masa pubertas atau masih anak-anak, bisa kamu lakukan dengan menjawab secara jujur pertanyaan-pertanyaan dalam tabel berikut. Isi tabel dengan tanda centang (√) pada kolom yang tersedia. Untuk kolom kesimpulan isi berdasarkan jawaban atas lima pertanyaan yang tersedia. Jika jawaban lebih banyak pada kolom “Sudah” berarti kesimpulannya kamu telah memasuki masa pubertas. Sebaliknya, apabila jawaban lebih banyak pada kolom “Belum” berarti kamu masih anak-anak (kanak-kanak).

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 65, 66, 68, 69 : Subtema 2 Pembelajaran 4

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 65, 66, 68, 69 : Subtema 2 Pembelajaran 4


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 65 Subtema 2 Pembelajaran 4

*Jawaban disesuaikan sesuai dengan individu masing-masing.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Arif dan Udin terkesima menonton sebuah tarian di televisi. Merekatertarik dengan gerakan penari. Penari Klana topeng memakai topeng. Walaupun wajah ditutupi topeng penari tetap lincah bergerak.

 

Ayo Membaca

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 65, 66, 68, 69 : Subtema 2 Pembelajaran 4

 

Ayo Berlatih

Kamu telah membaca dengan cermat teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 66 Subtema 2 Pembelajaran 4

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1. Informasi apakah yang kamu harapkan ketika kamu baru membaca judul teks nonfiksi (Tari Klana Topeng)?

2. Sesuaikah antara harapan informasi yang kamu peroleh ketika baru membaca judul teks nonfiksi dengan informasi yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng?

3. Informasi apakah yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng?

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Tulislah hasil perbandingan informasi yang kamu harapkan saat kamu baru membaca judul teks nonfiksi dan informasi yang kamu dapat setelah membaca teks nonfiksi. Selanjutnya, presentasikan secara lisan di depan kelas. Lakukanlah secara bergantian dengan temanmu.

 

Ayo Mengamati

Apakah kamu pernah memperagakan karya tari bentuk tunggal? Karya tari apa yang pernah kamu peragakan? Amati gerak tari kreasi bentuk tunggal berikut.  

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 65, 66, 68, 69 : Subtema 2 Pembelajaran 4

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 65, 66, 68, 69 : Subtema 2 Pembelajaran 4

 

Ayo Berlatih

Berlatihlah untuk memperagakan gerak-gerak tari kreasi bentuk tunggal di atas. Sebelum bergerak, siapkan properti tari berupa tongkat. Setelah melakukan latihan memperagakan gerak tari tersebut, ungkapkan pendapat kamu mengenai gerakan. Apakah gerak tari di atas sulit diperagakan? Tuliskan dalam kolom berikut.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 68 Subtema 2 Pembelajaran 4

Alternatif jawaban:

Pada awalnya memang sulit, namun setelah banyak berlatih akhhirnya saya mampu memperagakannya.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ayo Mengamati

Buatlah kelompok terdiri atas 5 anak. Lakukan pengamatan terhadap sebuah tariankreasi daerah bersama teman satu kelompokmu. Cermati tahapan penampilan karya tari kreasi daerah itu. Tuliskan unsur-unsur tari dari tarian yang kamu amati.

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 69 Subtema 2 Pembelajaran 4

Hasil Pengamatan:

Nama Tarian :

Asal daerah Tarian :

Unsur Karya tari yang diamati :

Tanggapan terhadap karya tari :

*Jawaban disesuaikan dengan pengamatan masing-masing sesuai dengan tarian yang diamati.

 

Ayo Renungkan

Tarian daerah merupakan contoh jenis budaya daerah yang menjadi akar budaya nasional. Masyarakat Indonesia memiliki beragam tarian daerah. Budaya daerah mampu menarik perhatian mancanegara. Pepatah mengatakan “Tak Kenal Maka Tak Sayang”.

Apakah kamu sudah mengenali ragam tarian daerah di Nusantara?

Alternatif jawaban: Ya, saya sudah mengenali beberapa tarian daerah.

 

Bagaimanakah cara yang akan kamu lakukan untuk menyayangi budaya daerah sebagai akar budaya nasional sehingga kamu akan selalu melestarikannya?

Alternatif jawaban:

Untuk menyayangi budaya daerah adalah dengan cara mengenali dan memahami budaya tersebut. Jika sudah kenal dan memahaminya, maka kita akan dengan senang hati untuk melestarikan budaya daerah tersebut.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama orang tuamu, tuliskan beragam tarian daerah. Mintalah pendapat orang tuamu untuk menyebutkan tarian daerah dan asalnya. Melalui kegiatan ini kamu akan mengenal beragam tarian daerah yang merupakan akar budaya nasional.

 

Demikian yang dapat kami sajikan berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 halaman 65, halaman 66, halaman 68, halaman 69 Menuju Masyarakat Sejahtera Pembelajaran 4 Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!!!

 

Referensi:

- Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 6 – Menuju Masyarakat Sejahtera

0 Comments

Post a Comment