Soal Matematika Kelas 5 SD Semester 2: Pada kesempatan sebelumnya, kami pernah menyajikan Soal Latihan Uji Kompetensi Volume Bangun Ruang dan sebagai Kunci Jawaban Senang Belajar Matematika Kelas 5Halaman 183, halaman 184, dan halaman 185. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan sajikan Soal Matematika Kelas 5 SD Semester 2 tentang Pengumpulan Data.
Berikut ini adalah Soal Matematika Kelas 5
SD Semester 2 dalam pengumpulan data sekaligus merupakan Soal dan Kunci Jawaban
Senang Belajar Matematika Kelas 5 Halaman 207-208.
Selesaikanlah soal-soal di bawah ini!
1. Berikut adalah nilai ulangan Bahasa
Daerah siswa kelas V.
65 70 85 90 75 70
75 80 85 90 75 80
60 85 90 85 80 75
75 85 80 80 90 85
80 85 70 80 85 85
Pertanyaan
a. Tentukan nilai terendah dan nilai
tertinggi dari data di atas!
b. Berapa siswa yang nilainya di bawah 70?
c. Berapa siswa yang nilainya di atas 80?
d. Berapa banyak siswa yang mendapat nilai
75?
Pembahasan:
Nilai Bahasa Daerah Kelas V
a. nilai terendah = 60, nilai tertinggi =
90
b. ada 2 siswa
c. ada 13 siswa
d. ada 5 siswa
2. Berikut adalah berat badan dalam kg
siswa kelas IV!
30 30 33 25 30 28
25 30 31 32 28 30
33 25 30 28 25 28
30 32 25 30 31 32
25 30 31 32 28 31
Pertanyaan
a. Tentukan berat badan terendah dan
tertinggi dari data siswa kelas IV!
b. Berapa siswa yang beratnya 30 kg?
c. Berapa siswa yang beratnya kurang 30
kg?
d. Berapa siswa yang memiliki berat
tertinggi?
Pembahasan:
Data berat badan siswa kelas IV
a. Berat badan tertinggi adalah 33 kg
sementara berat badan terendah adalah 25 kg
b. Ada 9 siswa
c. Ada 11 siswa
d. Ada 2 siswa
3. Jelaskan langkah-langkah yang dilakukan
sebelum melakukan menanya langsung!
Pembahasan:
Langkah-langkah sebelum melakukan metode
pengumpulan data menanya langsung adalah menyiapkan pertanyaan-pertanyaan yang
diperlukan dan menyiapkan blangko isian tentang hal-hal yang akan ditanyakan.
4. Sebutkan kekurangan dan kelebihan
pengumpulan data dengan menanya langsung!
Pembahasan:
Kekurangan metode pengumpulan data dengan
menanya langsung adalah waktu yang dibutuhkan banyak dan apabila responden
sangat banyak akan kesulitan. Sementara kelebihan metode pengumpulan data
dengan menanya langsung adalah jawaban yang kita peroleh sangat jelas dan detail.
5. Jelaskan langkah-langkah yang dilakukan
sebelum melakukan pengumpulan data dengan isian singkat!
Pembahasan:
Langkah-langkah sebelum melakukan metode
pengumpulan data dengan isian singkat adalah menyiapkan daftar
pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan data yang diperlukan.
6. Jelaskan kelebihan dan kekurangan cara
pengumpulan data dengan isian singkat!
Pembahasan:
Kekurangan metode pengumpulan data dengan
isian singkat adalah terkadang data tidak jelas atau sulit dipahami. Sementara
kelebihan metode pengumpulan data dengan isian singkat adalah responden tidak
harus bertemu langsung, sangat cocok untuk responden yang banyak, dapat
dilakukan dengan email atau surat.
7. Jelaskan langkah-langkah yang dilakukan
sebelum melakukan pengumpulan data dengan pencatatan langsung!
Pembahasan:
Langkah-langkah sebelum melakukan metode
pengumpulan data dengan pencatatan langsung adalah menyiapkan alat ukur yang
diperlukan dan menyiapkan bangko isian data.
8. Jelaskan kelebihan dan kekurangan cara
pengumpulan data dengan pencatatan langsung!
Pembahasan:
Kelebihan metode pengumpulan data dengan
pencatatan langsung adalah data yang diperoleh lebih akurat dan data yang
diperoleh lebih tepat sesuai kebutuhan.
Kekurangan metode pengumpulan data dengan
pencatatan langsung adalah diperlukan alat yang baik dan akurat, sebagai contoh
mengukur tinggi dan berat badan maka diperlukan timbangan dan meteran yang
standar. Metode ini juga memerlukan waktu yang lebih lama.
9. Berikut data golongan darah siswa kelas
V!
A O
O AB
B B
O A
A AB
B AB
O O
AB B AB AB
AB A
A A
B O
B B
O O
A AB
Pertanyaan
a. Kamu ingin memperoleh data golongan
darah siswa teman sekelasmu seperti data di atas. Jelaskan cara pengumpulan
data yang kamu lakukan!
b. Berapa banyak siswa yang bergolongan
darah A?
c. Berapa banyak siswa yang bergolongan
darah B?
d. Berapa banyak siswa yang bergolongan
darah AB?
e. Berapa banyak siswa yang bergolongan
darah O?
Pembahasan:
Data Golongan Darah siswa kelas V
a. Untuk mendapatkan data golongan darah
setiap siswa di sekolah dapat dilakukan dengan menanya langsung ke UKS.
b. Ada 7 siswa.
c. Ada 7 siswa.
d. Ada 8 siswa.
e. Ada 8 siswa
10. Nilai ulangan Bahasa Indonesia siswa
kelas V adalah sebagai berikut.
75 75 80 95 70 75
70 85 90 90 65 85
65 80 80 80 60 70
70 80 85 80 90 95
85 90 75 85 80 80
Pertanyaan
a. Urutkan data di atas dari nilai yang
terkecil!
b. Berapakah nilai tertinggi?
c. Berapakah nilai terendah?
d. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk
pelajaran Bahasa Indonesia 75.
Berapa siswa yang tidak tuntas?
Pembahasan:
Daftar Nilai Ulangan Bahasa Indonesia
siswa kelas V
a. Urutan nilai dari yang terkecil adalah
60, 65, 65, 70, 70, 70, 70, 75, 75, 75,
75, 80, 80, 80, 80, 80, 80, 80, 80, 85, 85, 85, 85, 85, 90, 90, 90, 90, 95, 95.
b. Nilai tertinggi 95.
c. Nilai terendah 60.
d. Ada 7 siswa.
Demikian kami sajikan Soal Matematika Kelas 5 SD Semester 2 – Uji Kompetensi Pengumpulan Data. Semoga bermanfaat!
0 Comments
Post a Comment