Contoh Soal Bilangan Cacah Besar Matematika Kelas 4

Kunci Jawaban Matematika Buku Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 7-12

 

Contoh Soal Bilangan Cacah Besar Matematika Kelas 4

Berikut ini merupakan Contoh Soal Bilangan Cacah Besar Matematika Kelas 4 sebagai Kunci Jawaban Matematika Kelas 4 halaman 7, halaman 8, halaman 9, halaman 10, halaman 11, dan halaman 12.

 

1. Ayo, baca jumlah penduduk Indonesia.

257.913.000 orang

 

Kunci Jawaban Matematika Buku Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 7

1. Berada di nilai tempat manakah angka 5?

Jawaban:

Angka 5 berada pada nilai tempat puluh jutaan.

 

2. Berada di nilai tempat manakah angka 2?

Jawaban:

Angka 2 berada pada nilai tempat ratus jutaan.

 

Kunci Jawaban Matematika Buku Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 8

3. Bacalah jumlah penduduk Indonesia. (Perhatikan gambar pada soal halaman 8)

Jawaban:

Penduduk Indonesia berjumlah dua ratus lima puluh tujuh juta sembilan ratus tiga belas ribu orang.

 

Kunci Jawaban Matematika Buku Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 9

2. Tuliskan jumlah penduduk Amerika Serikat, Tiongkok, dan dunia.

Jawaban:

Jumlah penduduk Amerika 299.398.000 orang, dapat ditulis 299 juta 398 ribu orang.

Tiongkok 1.311.020.000 orang, dapat ditulis 1 miliar 311 juta 20 ribu orang.

Dunia 6.593.000.000 orang, dapat ditulis 6 miliar 593 juta orang.

 

3. Tulislah bilangan-bilangan berikut ini.

a. Bilangan yang menyatakan jumlah 10 kumpulan 100 juta adalah 1 miliar, ditulis ....

Jawaban:

1.000.000.000

 

b. Bilangan yang menyatakan jumlah 10 kumpulan 1 miliar adalah 10 miliar, ditulis ....

Jawaban:

10.000.000.000

 

c. Bilangan yang menyatakan jumlah 10 kumpulan 10 miliar adalah 100 miliar, ditulis ....

Jawaban:

100.000.000.000

 

Kunci Jawaban Matematika Buku Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 10

4. Bilangan berikut ini menyatakan jarak tempuh cahaya dalam waktu 1 tahun.

9.460.000.000.000 km

 

1. Berada di nilai tempat manakah angka 4?

Jawaban:

Angka 4 berada di nilai tempat ratus miliaran.

 

2. Berada di nilai tempat manakah angka 9?

Jawaban:

Angka 9 berada di nilai tempat triliunan.

 

3. Bacalah bilangan di atas yang menunjukkan jarak tempuh cahaya dalam waktu satu tahun. (Perhatikan gambar pada soal halaman 10)

Jawaban:

Sembilan triliun empat ratus enam puluh miliar kilometer.

 

Kunci Jawaban Matematika Buku Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 11

5. Bilangan berikut ini adalah jarak antara bintang utara dan bumi. Ayo, kita baca.

Jawaban:

Jarak antara bintang utara dan bumi adalah empat kuadriliun enam puluh delapan triliun kilometer.

 

6. Bacalah bilangan berikut ini.

1. 31.300.000.000 kg

(Banyak produksi telur ayam petelur di Indonesia tahun 2007)

Jawaban:

banyak produksi telur ayam petelur di Indonesia pada tahun 2007 adalah tiga puluh satu miliar tiga ratus juta kilogram.

 

2. 212.000.000.000.000 liter

(Banyaknya bahan bakar minyak di bumi pada tahun 2007)

Jawaban:

Banyaknya bahan bakar minyak di bumi pada tahun 2007 adalah dua ratus dua belas triliun liter.

 

Kunci Jawaban Matematika Buku Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 12

Bacalah bilangan-bilangan berikut ini.

1. 5.920.053.300 kg

(Banyaknya beras yang dihasilkan di Indonesia pada tahun 2018)

Jawaban:

Banyaknya beras yang dihasilkan di Indonesia pada tahun 2018 adalah lima miliar sembilan ratus dua puluh juta lima puluh tiga ribu tiga ratus kilogram.

 

2. 1.509.528.000 kg

(Produksi perikanan budidaya di Indonesia pada tahun 2007)

 

Jawaban:

Produksi perikanan budidaya di Indonesia pada tahun 2007 adalah satu miliar lima ratus sembilan juta lima ratus dua puluh delapan ribu kilogram.

 

Penjelasan:

Ketika kita membaca suatu bilangan yang besar, satuan, puluhan, dan ratusan dipertimbangkan sebagai satu kesatuan. Pisahkan bilangan tersebut per 3 angka menggunakan “satu, sepuluh, dan seratus”. Setiap kumpulan 3 angka dibaca sebagai “satuan, ribuan, jutaan, miliaran, dan triliunan” dari kanan.


Selanjutnya: Kunci Jawaban Matematika Kelas 4 Halaman 13-15

Demikian sajian Contoh Soal Bilangan Cacah Besar Matematika Kelas 4. Semoga bermanfaat!!!

 

Sumber: Kemendikbud Ristek

0 Comments

Post a Comment