Melatih Keterampilan Komunikasi Siswa

Melatih Keterampilan Komunikasi Siswa

        Salah satu kemampuan siswa yang harus dikembangkan dalam pembelajaran abad 21 adalah keterampilan komunikasi. Menurut James A. F. Stoner, komunikasi diartikan sebagai suatu proses pada seseorang yang berusaha untuk memberikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan kepada orang lain.

            Memiliki keterampilan komunikasi itu sangat penting. Apalagi kita sebagai makhluk sosial yang pasti berhubungan dan saling membutuhkan satu sama lainnya. Manusia tak bisa hidup sendiri. Butuh teman untuk berbicara. Bahkan, di era digital ini sudah banyak yang berhasil dan merasakan perolehan manfaat dari hasil keterampilan komunikasi yang dimiliki.

            Seorang youtuber, misalnya. Dengan keterampilan komunikasi yang baik. Pesan yang disampaikannya mudah dipahami oleh penonton. Ditambah lagi dengan kreatif dan inovatif menjadikan para penonton semakin tertarik dan tentunya setia menunggu atas konten-konten berikutnya. Dengan begitu, seorang youtuber akan memperoleh penghasilan yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Dan bahkan saat ini, menjadi youtuber sudah banyak yang menjalaninya dan diminati oleh kalangan anak remaja.

            Pada dasarnya, komunikasi dapat dilakukan secara lisan maupun tulisan. Agar seseorang dapat terampil dalam komunikasinya tentunya perlu dilatih dengan baik. Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk melatih keterampilan komunikasi siswa dalam proses pembelajaran di sekolah, yaitu:

            Pertama, diskusi kelompok. Ketika berdiskusi, seluruh anggota kelompok harus aktif. Masing-masing anggota mengemukakan pendapatnya. Dalam hal ini, siswa akan belajar bagaimana mengomunikasikan pendapat dengan baik. Agar yang dikomunikasikannya dapat dipahami oleh setiap anggota kelompok. Tentunya harus jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.

            Kedua, presentasi di depan kelas. Seseorang yang belum terbiasa berbicara di depan banyak orang pasti gerogi. Malu dan tidak percaya diri. Untuk itu, berikan kesempatan kepada siswa untuk belajar berbicara dengan mempresentasikan ide, pengalaman, atau hasil dari kegiatan diskusinya. Lama-kelamaan, perubahan dalam diri siswa tampak terlihat. Bahkan, siswa sendiri yang akan meminta untuk melakukan presentasi di depan kelas.

            Ketiga, tanya jawab. Tak semua siswa langsung berani berbicara di depan kelas. Beberapa siswa pasti ada yang masih terlihat malu-malu. Untuk merangsang keberaniannya dalam berkomunikasi. Guru bisa melakukannya melalui tanya jawab. Berikan sebuah pertanyaan yang mudah untuk dijawab oleh siswa. Hindari pertanyaan yang membutuhkan siswa untuk berfikir terlebih dulu. Hal itu karena disini tujuan kita adalah untuk merangsang dan melatih dia dalam berkomuniasi dengan menyampaikan pesan sesuai dengan pertanyaannya.

            Melatih keterampilan komunikasi siswa memang membutuhkan waktu dan usaha yang relevan. Semua itu adalah proses pendidikan yang wajar. Pasalnya, proses pembelajaran dan pendidikan yang dilakukan guru saat ini tidak akan terasa semua hasilnya secara langsung. Dan bahkan, siswa yang saat ini kita latih berkomunikasi akan merasakan manfaatnya setelah nanti mereka beranjak dewasa.

            Terpenting saat ini yang bisa dilakukan oleh guru untuk melatih keterampilan komunikasi siswa adalah berupaya secara maksimal. Selain beberapa cara diatas, kita juga bisa berinovasi mencari upaya lainnya yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Harapannya, siswa terampil komunikasi dan meraih masa depannya dengan penuh kebahagiaan dan kesejahteraan. Aamin…

Catatan: Artikel ini telah dimuat di Koran Kabar Priangan, pada hari Rabu tanggal 8 Februari 2023.

0 Comments

Post a Comment