Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 3 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 3 kelas 3 halaman 2 sampai halaman 11 Pembelajaran 1 Tema 3 Benda di Sekitarku, Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku.
Ayo
Membaca
Benda-Benda
di Sekitar Kita
Apakah benda itu? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda. Batu, gelas, dan buku juga benda. Dapatkah kamu melihat perbedaannya? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda hidup. Sementara batu, gelas, dan buku merupakan benda mati. Benda adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Massa benda diukur dengan cara ditimbang. Manusia, hewan, tumbuhan, batu, dan buku menempati ruang.
Benda-benda itu juga dapat ditimbang. Bagaimana membedakan benda dengan bukan benda? Apakah cahaya termasuk benda? Bagaimana dengan panas? Cahaya dan panas bukanlah benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahaya dan panas tidak dapat ditimbang.
Ayo
Mengamati
Kamu telah membaca wacana tentang benda.
Amatilah gambar-gambar di bawah ini. Lingkarilah
pada gambar yang bukan ter masuk benda!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - -
Kunci jawaban Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas 3 Halaman 3
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - -
Kamu sudah dapat membedakan benda dan
bukan benda. Perhatikanlah benda-benda di sekelilingmu! Benda-benda mempunyai
warna, bentuk, dan ukurannya tersendiri. Benda-benda dapat dikelompokkan
berdasarkan sifat fisiknya. Sifat fisik benda, misalnya warna, bentuk,
kekuatan, wujud, atau ukurannya.
Ukuran
Benda yang ada di sekitar kita mempunyai
beragam ukuran. Ada yang besar dan ada yang kecil. Ada yang panjang dan ada
yang pendek.
Bentuk
Benda-benda di sekitar kita mempunyai
beragam bentuk.
Warna
Benda di sekitar kita mempunyai beragam
warna.
Bersama kelompokmu, perhatikan
benda-benda di sekitar kelasmu. Kelompokkan benda-benda tersebut.Kamu boleh mengelompokkan
berdasarkan ukuran, bentuk, atau pun warna.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - -
Kunci jawaban Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas 3 Halaman 5
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - -
Ayo
Mengamati
Apakah kamu pernah melihat benda-benda
di bawah ini?
Benda-benda di atas merupakan kelompok dari keanekaragaman jenis benda. Benda-benda di atas dikelompokkan menurut fungsinya, yaitu alat untuk mengukur. Setiap alat ukur mempunyai satuan. Perhatikan satuan pada alat ukur di bawah ini!
Satuan yang dipakai pada penggaris
adalah cm. Coba cari tahu satuan yang digunakan pada alat
ukur lainnya. Tuliskan satuan panjang
yang kamu ketahui pada kotak di bawah ini!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - -
Kunci jawaban Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas 3 Halaman 6
Jawaban:
km = kilometer
hm = hektometer
dam = dekameter
m = meter
dm = desimeter
cm = centimeter
mm = milimeter
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - -
Ayo
Berlatih
Bagaimana cara menggunakan penggaris
untuk mengukur? Perhatikan pengarahan dari gurumu.
Tentukan hasil pengukuran pada gambar
benda-benda di bawah ini!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - -
Kunci jawaban Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas 3 Halaman 7
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - -
Ayo
Mencoba
Benda dapat dibuat dari bermacam-macam
bahan. Ada benda yang terbuat dari batu, kayu, besi, kaca, plastik, dan lainnya.
Setiap benda dapat menghasilkan bunyi yang khas jika diketuk. Benda-benda
tersebut menghasilkan bunyi yang berbeda.
Ayo kita dengarkan bunyi-bunyian dari berbagai alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak bernada, namun dapat menghasil kan irama lagu. Ada berbagai macam alat musik ritmis. Berikut ini beberapa contoh alat musik ritmis.
Apakah kamu pernah memainkan alat musik di atas? Selain menggunakan alat musik, kita dapat menggunakan tepukan tangan untuk mengiringi lagu.Mari kita berlatih membuat pola irama lagu. Caranya dengan menggunakan alat musik ritmis atau pun tepukan tangan.
Bersama kelompokmu buatlah pola irama
sendiri. Tampilkan di depan kelas. Perhatikan pula bagaimana pola irama
kelompok lain.
Ayo
Berlatih
Ayo berlatih menggunakan tepukan untuk
mengiringi lagu.
Kegiatan
Bersama Orang Tua
Berdiskusilah bersama orang tuamu.
Diskusi tentang aneka benda di sekitar rumah, fungsi, dan ciri-cirinya.
Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 13, 14, 15, 17, 18 : Bendadi Sekitarku Pembelajaran 2
Demikian yang dapat kami sajikan
berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 3, Halaman
5, Halaman 6, Halaman 7 Tema 3 Benda di Sekitarku Pembelajaran 1 Subtema 1
Aneka Benda di Sekitarku. Semoga bermanfaat dan semoga pandemik ini segera
berakhir dan pembelajaran bisa dilakukan kembali secara normal.
Referensi:
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 3 – Benda di
Sekitarku
0 Comments
Post a Comment