Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 13, 14, 15, 17, 18 : Benda di Sekitarku Pembelajaran 2 Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku

Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 3 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 3 kelas 3 halaman 12 sampai halaman 21 Pembelajaran 2 Tema 3 Benda di Sekitarku, Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku.

Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 3, 5, 6, 7 Tema 3 Benda di Sekitarku Pembelajaran 1

 

Ayo Mengamati

Benda terbuat dari berbagai bahan dasar. Mari kita pelajari bahan pembentuk benda.

 

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 13, 14, 15, 17, 18 : Benda di Sekitarku Pembelajaran 2 Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku

Benda Terbuat dari Kayu

Sebutkan bahan untuk membuat pensil! Pensil terbuat dari kayu. Di sekitarmu banyak sekali benda yang terbuat dari kayu. Beberapa di antaranya adalah meja, kursi, dan lemari. Kayu juga digunakan untuk membuat benda kerajinan. Misalnya, patung dan pigura.

Kayu adalah bagian dari pohon. Untuk memperoleh kayu, kita harus menebang pohon. Kemudian mengambil bagian batang untuk diolah menjadi berbagai macam benda. Perubahan dari batang kayu menjadi benda-benda tersebut melalui proses yang berbedabeda.

Pertama, batang pohon ditebang. Batang pohon yang telah ditebang disebut kayu gelondongan atau log. Kemudian, log dikirim ke pabrik atau pusat penggergajian. Pengiriman log menggunakan angkutan khusus. Seperti truk melalui darat atau kapal melalui sungai.

Setelah itu, log dipotong-potong sesuai keperluan. Untuk menghindari jamur dan serangga yang dapat menyerang kayu, maka kayu perlu dikeringkan. Cara hanya dengan dijemur. Kayu dijemur sekitar 2 hingga 4 minggu. Setelah dijemur, kayu siap diolah sesuai keperluan.

Kayu dapat dipilih menjadi bahan dasar benda. Mengapa? Karena kayu mempunyai banyak keunggulan.

Keunggulan kayu adalah mudah dibentuk. Beberapa benda yang terbuat dari kayu jati dapat bertahan sampai puluhan bahkan ratusan tahun. Kelemahan benda berbahan kayu adalah tidak tahan api, sehingga mudah terbakar. Namun, ada beberapa jenis kayuyang mudah terserang rayap atau serangga lainnya.

 

Berdasarkan wacana di atas jawablah pertanyaan berikut!

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 13 dan Halaman 14 Subtema 1 Pembelajaran 2

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pengeringan kayu?

Jawaban: Waktu yang dibutuhkan untuk pengeringan kayu adalah 2 sampai 4 Minggu.

 

2. Apa keunggulan benda yang terbuat dari kayu?

Jawaban: Kunggulan kayu adalah mudah dibentuk dan beberapa benda yang terbuat dari kayu jati dapat bertahan hingga puluhan bahkan ratusan tahun

 

3. Apa kelemahan benda yang terbuat dari kayu?

Jawaban: Kelemahan benda berbahan kayu adalah tidak tahan api, sehingga mudah terbakar. Dan ada beberapa jenis kayu yang mudah terserang rayap atau serangga lainnya

 

4. Tuliskan contoh benda yang terbuat dari kayu!

Jawaban: Benda yang terbuat dari kayu adalah meja, kursi, dan lemari. Selain itu, kayu juga dapat digunakan untuk membuat benda kerajinan seperti, patung dan pigura

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Kamu telah membaca cara mengolah kayu. Kayu di olah menjadi benda-benda yang dipakai sehari-hari. Tuliskan dan lengkapi dengan gambar pada kotak berikut!

Bagaimana pembuatan benda-benda dari kayu berdasarkan bacaan halaman 12 dan 13?

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 13 dan Halaman 14 dan Halaman 15 Subtema 1 Pembelajaran 2

Alternatif Jawaban:

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 13, 14, 15, 17, 18 : Benda di Sekitarku Pembelajaran 2 Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku


Keterangan:

Pertama, batang pohon ditebang. Batang pohon yang telah ditebang disebut dengan kayu gelondongan atau log.

Kemudian, log dikirim ke pabrik atau pusat penggergajian.

Pengiriman log menggunakan angkutan khusus, seperti truk melalui darat atau kapal melalui sungai. Setelah itu, log dipotong-potong sesuai keperluan.

Untuk menghindari jamur dan serangga yang dapat menyerang kayu, maka kayu perlu dikeringkan dengan cara dijemur. Kayu dijemur sekitar 2- 4 minggu. Setelah dijemur, kayu siap diolah sesuai keperluan.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Perhatikan benda-benda di sekitarmu. Adakah yang terbuat dari kayu? Tuliskan hasil pengamatanmu di kolom yang telah disediakan

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman Halaman 15 Subtema 1 Pembelajaran 2

Alternatif Jawaban:

1. Kursi: Digunakan untuk duduk.

2. Meja makan: Digunakan untuk menyimpan makanan.

3. Lemari: Digunakan untuk menyimpan barang, seperti pakaian.

4. Rak TV: Digunakan untuk menyimpan TV.

5. Jendela: Digunakan agar cahaya sinar matahari dapat masuk ke dalam ruangan.

6. Pensil: Digunakan untuk menulis.

7. Kotak pensil: Untuk menyimpan perlengkapan menulis.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ayo Berdiskusi

Desa tempat tinggal Siti dan teman-teman mempunyai hutan. Di dalam hutan tersebut terdapat beraneka jenis pohon.

Fungsi hutan antara lain untuk menyerap air hujan. Hutan menyimpan air hujan tersebut dalam jumlah yang banyak. Namun, ketika hutan digunduli, membuat aliran air terganggu. Hal ini menyebabkan air menggenang. Akhirnya, terjadi banjir yang mengalir ke pemukiman penduduk. kebutuhan benda dari kayu yang terus meningkat, mengakibatkan kebutuhan akan bahan kayu terus meningkat.

Setiap tahun banyak pohon yang ditebang untuk mendapatkan kayu. Terka dang, ada sekelompok orang yang menebang pohon tanpa izin. Kegiatan ini disebut penebangan liar. Semakin lama jumlah pohon di hutan semakin berkurang.

 

Bermusyawarahlah bersama kelompok untuk menjawab bertanyaan berikut!

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman Halaman 17 Subtema 1 Pembelajaran 2

1. Di desa Siti banyak penebangan liar. Bagaimana cara mengatasinya?

Alternatif Jawaban: Petugas yang berwenang melarang penebangan liar dan pemberian sanksi bagi para pelaku.

 

2. Apa yang terjadi jika penebangan liar tidak dihentikan?

Alternatif Jawaban: hutan menjadi gundul, banjir dan longsor saat musim hujan.

 

3. Bagaimana cara mengembalikan hutan seperti semula?

Alternatif Jawaban: Melakukan reboisasi atau penanaman pohon kembali di hutan yang telah gundul.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ayo Bercerita

Kamu telah bermusyarawah bersama temanmu tentang penebangan liar. Tuliskan pengalamanmu bermusyawarah bersama teman di bawah ini.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman Halaman 18 Subtema 1 Pembelajaran 2

1. Apakah musyawarah yang dilakukan berjalan lancar?

Alternatif Jawaban: Musyawarah yang dilakukan berjalan lancar.

 

2. Apakah semua teman memberikan pendapatnya?

Alternatif Jawaban: Iya, semua memberikan pendapatnya masing-masing.

 

3. Apakah kamu setuju dengan hasil keputusan bersama? Berikan alasanmu!

Alternatif Jawaban: Setuju, karena hasil dari musyawarah merupakan keputusan bersama yang harus diterima dengan lapang dada.

 

Apa yang terjadi jika keputusan langsung diambil tanpa musyawarah sebelumnya? Ayo diskusikan bersama temanmu! Mengapa perlu musyawarah dalam mengambil keputusan bersama?

Alternatif Jawaban:Jika keputusan diambil tanpa musyawarah akan menimbulkan permasalahan. Sehingga, musyawarah penting dilakukan untuk mengambil keputusan bersama agar permasalahan tidak terjadi di kemudian hari.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

***

Kegiatan Bersama Orang Tua

Perhatikan benda-benda yang ada di rumahmu! Sebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu! Diskusikan bersama orang tuamu tentang cara perawatan benda-benda yang terbuat dari kayu.

 

Demikian yang dapat kami sajikan berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 13, Halaman 14, Halaman 15, Halaman 17, Halaman 18 Tema 3 Benda di Sekitarku Pembelajaran 2 Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!!!

 

Referensi:

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 3 – Benda di Sekitarku

0 Comments

Post a Comment