Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 5 Halaman 74, 75, 78, 79 : Udara Bersih bagi Kesehatan Pembelajaran 4 Subtema 2

Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 4 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 72 sampai halaman 79 Pembelajaran 4 Tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan, Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan.

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 5 Halaman 74, 75, 78, 79 : Udara Bersih bagi Kesehatan Pembelajaran 4 Subtema 2


Apakah kamu suka membaca cerita pendek (cerpen)? Nah, coba sekarang bacalah cerpen berikut. Cerpen ini bercerita tentang tanggung jawab dalam keluarga.

 

Tanggung Jawab Ade

Oleh Gusti Noor

 

Sebenarnya Ade tahu dan mengerti, setiap hari Kak Nina selalu membantu Ibu menyiapkan makanan untuk dijual. Mengantarkan ke warung-warung dengan mengendarai sepeda sebelum pergi ke sekolah. Ade juga tahu, Kak Nina sering terlambat tiba di sekolah karenanya. Tetapi anehnya Kak Nina tidak pernah tertinggal pelajarannya. Kak Nina di rumah selalu mengulang pelajaran yang diberikan di sekolah. Dan rasa-rasanya, Kak Nina adalah orang yang paling baik di rumah ini. Dan Ade tidak pernah merasa iri bila Kak Nina dibelikan sesuatu sedang dia sendiri tidak.

Tetapi sekarang ini, pagi hari ini, Ade bersungut-sungut. Kak Nina sakit, berarti tidak berangkat ke sekolah dan tidak ada yang mengantar dagangan ke warung-warung. Ibu sudah lama tidak bisa pergi ke mana-mana karena mudah sakit kepala. Satu-satunya yang bisa diharapkan adalah Ade. “Apa Ade tidak ingin membantu ibu? Sekali ini saja, selagi Kakakmu sakit, De…,” Ibu berkata dengan penuh harap.

“Ade hari ini ada ulangan, Bu. Harus berangkat lebih awal… Semalam tidak sempat banyak belajar…,” jawab Ade sambil menyiapkan buku-bukunya. Wajahnya tampak cemberut. Ibu menarik napas panjang mendengar alasan yang diberikan Ade. Kalau sudah demikian, mau apa lagi? “Biarlah saya sendiri saja, Bu. Rasanya kepala saya sudah tidak pening lagi,” seru Kak Nina dari dalam kamar. Mendengar suara Kak Nina, Ibu lalu meninggalkan Ade yang masih berwajah cemberut.

“Betul kau sudah sehat, Nina? Ibu khawatir nanti malah tambah sakitmu,” kata Ibu. Kak Nina bangkit perlahan dari tempat tidurnya lalu pergi ke kamar mandi. Ibu hanya mengawasi dari belakang sambil menggendong adiknya yang masih bayi.

“Kenapa tidak kau bilang dari tadi kalau badanmu tidak sehat, Nin? Kalau saja kau bilang selagi Bapak belum berangkat, pasti Bapakmu yang mengantarkan kue-kue dagangan kita ini…,” bisik Ibu.

 

“Baru terasa setelah saya mandi tadi Bu... Mulanya tak terasa apa-apa. Mungkin sebentar juga sembuh, Bu,” jawab Nina sambil terus berpakaian.

Ade berangkat tergesa-gesa. Ada ulangan, begitu alasan yang disampaikannya untuk menolak tugas yang biasa dilakukan Kak Nina. Padahal ia tidak langsung menuju ke sekolah, karena di sekolah pada waktu sepagi itu masih sepi. Bahkan mungkin gerbangnya belum dibuka. Dan sebenarnya pula tidak ada ulangan. Ade sengaja menolak tugas itu karena malu. Ia tidak mau teman-temannya melihatnya naik sepeda sambil membawa keranjang kue-kue. Ia tidak mau dikata-katai teman-teman seperti yang dialami Alip yang mengantarkan koran tiap pagi itu.

Hari masih pagi benar. Ade tidak tahu akan ke mana tujuannya pada pagi itu. Apakah akan mampir ke rumah Tina? Atau Ninuk? Ah lebih baik ke rumah Yova saja. Biasanya anak itu sudah siap pagi-pagi sekali. Aku bisa meluangkan waktu menunggu siang di rumahnya, pikir Ade.

***Bacaan selanjutnya bisa dilihat di buku Tematik

 

Ayo Menulis

Berdasarkan cerpen “Tanggung Jawab Ade”, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 74, 75, dan 76 Subtema 2 Pembelajaran 4

1. Siapa tokoh dalam cerpen “Tanggung jawab Ade”?

Jawaban: Tokoh cerpen “Tanggung Jawab Ade” adalah Ibu, Kak Nina, Bapak, Ade, Alip, Yova, Tina, Ninuk, Mama Yova, Papa Yova, adik Yova, Bi Icih, dan Pak Adi.

 

2. Berapa anggota keluarga Ade?

Jawaban: Ada 5, yaitu ada bapak, ibu, kak Nina, Ade, dan adik bayi.

 

3. Siapa yang biasa mengantar kue setiap pagi ke warung-warung?

Jawaban: Kak Nina

 

4. Apa yang terjadi pada Kak Nina?

Jawaban: Kak Nina Sakit

 

5. Bagaimana Ade menolak permintaan itu untuk menggantikan tugas Kak Nina?

Jawaban: Ade berpura-pura ada ulangan di sekolah.

 

6. Mengapa Ade tidak mau menggantikan tugas Kak Nina?

Jawaban: Karena Ade merasa malu harus mengantar kue-kue ke warung.

 

7. Di mana Ade menunggu sebelum berangkat ke sekolah?

Jawaban: Menunggu di rumah Yova sebelum berangkat sekolah.

 

8. Mengapa Ade merasa gundah saat berlangsung pelajaran di sekolah?

Jawaban: Karena Ade ingin segera menjenguk Kak Nina.

 

9. Apa yang dilakukan Ade setiba di rumah kembali?

Jawaban: Ade langsung menuju kamar kak Nina

 

10. Apa yang dikatakan Kak Nina kepada Ade?

Jawaban: Kak Nina memaafkan Ade dan meminta Ade untuk tidak mengulanginya kembali.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Pada cerpen “Tanggung Jawab Ade” ibu Ade mempunyai usaha makanan untuk dijual ke warung-warung. Dari usaha makanan itu tentunya ibu Ade akan memperoleh keuntungan. Keuntungan inilah yang akan menjadi tambahan penghasilan bagi keluarga Ade. Usaha yang dilakukan ibu Ade tersebut merupakan contoh kegiatan ekonomi yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga Ade.

***

 

Kamu telah mengetahui kegiatan ekonomi masyarakat. Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut.

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 78 Subtema 2 Pembelajaran 4

1. Menurutmu, apa pengaruh kegiatan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat?

Alternatif jawaban:

Kegiatan ekonomi dapat memengaruhi terhadap kesejahteraan masyarakat. Pengaruh tersebut adalah dapat meningkatkan pendapatan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup dan dapat membuka peluang lapangan kerja baru untuk masyarakat.

 

2. Apakah kegiatan ekonomi dapat berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat? Bagaimana penjelasanmu?

Alternatif jawaban:

Pastinya akan memiliki dampak positif karena jika kegiatan ekonomi berjalan dengan baik akan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat sehingga dapat mencukupi kebutuhan hidupnya.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ayo Renungkan

Apa jenis kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi yang ada di lingkungan sekitarmu? Isilah tabel berikut!

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 79 Subtema 2 Pembelajaran 4

Alternatif jawaban:

Produksi: pabrik pakaian membuat pakaian.

Distribusi: Mendistribusikan pakaian melalui toko baik online maupun offline.

Konsumsi: Menggunakan pakaian.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Kerjasama dengan Orang Tua

Diskusikan dengan kedua orang tuamu, kegiatan konsumsi apa sajakah yang terjadi di dalam keluargamu.

Kegiatan konsumsi di keluargaku:

Jawaban: *Disesuaikan dengan kondisi masing-masing keluarga.

 

Demikian yang dapat kami sajikan berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 5 Halaman 74, Halaman 75, Halaman 78, Halaman 79 : Udara Bersih bagi Kesehatan Pembelajaran 4 Subtema 2. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!!!

 

Referensi:

-Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 2 – Udara Bersih bagi Kesehatan

0 Comments

Post a Comment