Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 3 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 3 kelas 3 halaman 59 sampai halaman 69 Pembelajaran 1 Tema 3 Benda di Sekitarku, Subtema 2 Wujud Benda.
Ayo
Membaca
Wujud
Benda
Setiap benda pasti memiliki wujud. Wujud
benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Tas, buku, dan pensil berwujud
padat. Minyak dan air berwujud cair. Gas hidrogen dalam balon berwujud gas.
Dapatkah kamu menyebutkan contoh lainnya?
Di dapur, Dayu melihat benda-benda yang
digunakan untuk memasak. Banyak pula bahan-bahan untuk dimasak. Seperti bawang,
cabe, minyak goreng, dan kecap.
Perhatikan gambar dapur rumah Dayu
berikut ini!
Kamu telah mengamati gambar di atas.
Kelompokkan benda-benda yang ada dalam gambar sesuai wujudnya. Tuliskan hasil
pengamatan dalam tabel berikut!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 61 Subtema 2 Pembelajaran 1
Alternatif
Jawaban:
Benda padat: Sendok, panci, kompor, meja
Benda cair: air, minyak
Benda gas: uap air
Ayo
Mencoba
Amati lingkungan sekolahmu. Kamu tentu
dapat menemukan benda padat, cair, dan gas. Tuliskan benda-benda tersebut dalam
kotak berikut!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
-
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 62 Subtema 2 Pembelajaran 1
Alternatif
Jawaban:
Benda padat: Papan tulis, meja, kursi
Benda cair: air, sirup
Benda gas: oksigen
Kamu telah mengamati benda-benda di
sekitarmu.
Jawablah pertanyaan berikut ini!
1.
Benda dikelompokkan ke dalam tiga wujud.
Tuliskan ketiga wujud benda tersebut!
Jawab: Benda pat, benda cair, dan benda
gas
Baca dulu: Wujud Benda Beserta ciri-ciri dan Contohnya
2.
Tuliskan dua contoh benda padat di sekitarmu!
Alternatif
jawaban: Meja, lemari, kursi, buku, pensil
3.
Tuliskan dua contoh benda cair di sekitarmu!
Alternatif
jawaban: Sirup, air, susu, minyak
4.
Tuliskan dua contoh benda gas di sekitarmu!
Alternatif
jawaban: Gas hidrogen dalam balon, oksigen, udara
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
-
Ayo
Mengamati
Pernahkah kamu naik alat transportasi
seperti pada gambar? Tahukah kamu, termasuk ke dalam wujud benda apakah motor
itu?
Pada hari Minggu, Edo dibonceng ayah ke
rumah nenek. Edo dibonceng ayah dengan motor. Perhatikan denah jarak ke rumah
nenek berikut ini!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
-
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 64 Subtema 2 Pembelajaran 1
Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300
m. Jarak ini dapat ditulis 5 km lebih 300 m. Jarak dari rumah Edo ke kebun
binatang 1.523 m. Satuan kilometer (km) dan meter (m) adalah satuan untuk
menyatakan jarak.
1 km =
... m
Jawab: 1 km = 1.000 m
Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300
m. Berapa jarak rumah Edo ke rumah nenek dalam satuan m?
Jawab:
5 km + 300 m
5 km = 5.000 m
300 m = 300 m
5 km + 300 m = 5.000 m + 300 m
= 5.300 m
Jadi, jarak rumah Edo ke rumah nenek
adalah 5.300 m.
Jarak yang harus ditempuh Edo dari rumah
ke kebun binatang 1.523 m. Berapa Jarak rumah Edo ke kebun binatang dalam
satuan km dan m?
Jawab:
1.523 m = 1.000 m + 523 m
= 1 km + 523 m
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
-
Ayo
Berlatih
Ada bermacam-macam bentuk bangunan. Juga
bahan pembentuk bangunan tersebut. Perhatikan denah jarak antarbangunan di
bawah ini!
Tentukan jarak dalam satuan m!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
-
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 65 dan 66 Subtema 2 Pembelajaran
1
1. Rumah Siti ke sekolah = 5 km 100 m
= 5.100 m
2. Rumah Udin ke kantor pos = 2 km 850 m
= 2.850 m
3. Rumah Siti ke rumah Udin = 6 km 350 m
= 6.350 m
4. Rumah Siti ke pasar = 6 km 50 m
= 6.050 m
5. Rumah Udin ke pasar = 10 km 0 m
= 10.000 m
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
-
Alat ukur ada bermacam-macam. Baik jenis
maupun kegunaannya. Altimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur
ketinggian suatu titik dari permukaan laut. Biasanya alat ini digunakan untuk
mengukur tinggi pesawat saat terbang dari permukaan laut. Juga untuk mengukur
tinggi gunung dan hal lain yang berhubungan dengan ketinggian.
Perhatikan gambar berikut!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
-
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 66 Subtema 2 Pembelajaran 1
Berdasarkan gambar di atas, jawablah
pertanyaan berikut!
1.
Berapa ketinggian pesawat A dalam satuan km?
Jawab: 3.000 m = 3 km
Jadi, ketinggian pesawat A adalah 3 km.
2.
Berapa ketinggian pesawat B dalam satuan km?
Jawab: 4.325 m = 4,325 km
Jadi, ketinggian pesawat B adalah 4,325
km
3.
Berapa perbedaan ketinggian pesawat B dibandingkan pesawat A?
Jawab: 4,325 km - 3 km
= 1,325 km
Jadi, perbedaan ketinggian pesawat B dan
A adalah 1,325 km
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
-
Ayo
Mengamati
Pernahkah kamu memperhatikan gerakan
tiupan angin? Angin adalah udara yang bergerak. Udara berwujud gas. Gas tidak
terlihat, namun dapat dirasakan. Tiupan angin ada yang kencang, lembut, dan
sepoi-sepoi. Ada juga angin yang bertiup sangat kencang. Seperti angin topan,
angin puting beliung, dan lain-lain. Sekarang, coba kamu bergerak seolah-olah
seperti kertas yang tertiup angin!
***Teks
selanjutnya silahkan di baca di buku siswa***
Kegiatan
Bersama Orang Tua
Orang tua membantu siswa melakukan
kegiatan di rumah. Kegiatan mengidentifikasi wujud benda dan fungsinya di
sekitar rumah.
Demikian yang dapat kami sajikan berkaitan
dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman
61, Halaman 62, Halaman 64, Halaman 65, Halaman 66 Benda di
Sekitarku Pembelajaran 1 Subtema 2 Wujud Benda. Semoga bermanfaat dan semoga
sukses!!!
Referensi:
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 3 – Benda di
Sekitarku
0 Comments
Post a Comment