Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 5 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 2 sampai halaman 11 Pembelajaran 1 Tema 3 Makanan Sehat, Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan.
Ayo
Mengamati
Amatilah gambar di bawah ini!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 2 Subtema 1 Pembelajaran 1
Apakah
kamu selalu makan makanan sehat seperti yang kamu lihat pada gambar?
Alternatif
Jawaban: Iya, aku selalu memakan makanan yang sehat.
Sebutkan
contoh-contoh makanan yang menurutmu sehat!
Alternatif
Jawaban: Sayur, buah-buahan, daging, susu.
Apakah kriteria dari makanan yang
sehat?
Alternatif
Jawaban:
1. Makanan bergizi sesuai kebutuhan
tubuh yaitu yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak, dan vitamin.
2. Bersih
3. Tidak diproses terlalu banyak,
tujuannya agar kandungan gizi pada makanan tidak berkurang terlalu banyak.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Makanan sehat baik untuk tubuh kita. Tubuh
manusia mengolah makanan menjadi nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan
tubuh. Untuk lebih jelasnya, bacalah
dialog di bawah ini dengan saksama!
Dayu
: “Wah, sedapnya sarapanku hari
ini.”
Edo : “Sarapan apa kamu pagi ini, Dayu? Kalau aku
seperti biasa, nasi, sayur dan telur mata sapi sudah cukup.”
Dayu
: “Ibuku membuat bubur ayam
istimewa, Edo.”
Siti : “Aduh, semuanya terdengar enak untukku,
sekalipun hanya nasi, sayur, dan telur mata sapi. Apalagi kalau bubur ayam
istimewa. Bersyukurlah kita dikaruniai sistem pencernaan, teman-teman. Dengan
begitu makanan yang kita makan dapat membawa manfaat untuk tubuh kita.”
Dayu
: “Betul juga ya. Apa sebenarnya
manfaat sistem pencernaan itu, Siti?”
Siti : “Sistem pencernaan merupakan
organ yang dapat
ditemui pada manusia dan hewan. Sistem pencernaan berfungsi untuk
memperhalus makanan sehingga menghasilkan nutrisi yang dapat
diserap oleh tubuh. Dengan adanya nutrisi tersebut, maka manusia dan
hewan, dapat tumbuh dan berkembang
dengan baik. Jika makanan
yang dikonsumsi itu sehat dan
bergizi tinggi, maka manusia atau hewan yang
mengonsumsinya akan bertumbuh dengan sehat.”
Edo
: “Aku pernah melihat iklan tentang bubur ayam dengan beras organik.
Dalam iklan tersebut terdapat kalimat yang mengajak orang untuk memakan bubur organik
itu.”
Dayu
: ”Wah, kedengarannya
menarik, ya, Edo. Kapan-kapan kita makan bubur ayam di tempat itu, yuk. Pastinya lebih sehat karena berasnya organik.”
Ayo
Mengamati
Makanan sehat penting bagi tubuh
kita. Oleh karena itu,
banyak iklan yang dapat kita
temui di tempat-tempat umum yang mengetengahkan
tentang makanan sehat. Iklan memang
dimaksudkan untuk mempromosikan sesuatu kepada para pembaca. Coba kamu amati iklan-iklan berikut dengan
saksama.
Kalimat-kalimat yang umumnya
dipergunakan oleh bahasa iklan adalah kalimat yang menarik atau kalimat yang mengajak pembacanya untuk mengikuti apa
yang ditulis atau disarankan oleh
pembuat iklan. Amatilah iklan di atas
dengan saksama. Tuliskanlah apa yang
kamu lihat dalam iklan media
cetak tersebut!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 4 Subtema 1 Pembelajaran 1
Alternatif jawaban:
Aku menemukan:
Gambar 1: Tulisan yang kulihat: Makanan sehat dan
bergizi, solusi untuk hidup sehat dan awet muda
Gambar 2: Tulisan yang kulihat: Makanan sehat dan
bergizi penting untuk pertumbuhan otak anak anda
Gambar 3: Tulisan yang kulihat: Cintai jantung anda,
konsumsi sayur dan buah segar, Manfaat prima dengan rasa yang dahsyat
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Ayo
Berdiskusi
Berdasarkan tulisan iklan yang
kamu baca di atas, diskusikan dengan teman sebangkumu tentang beberapa
hal berikut.
- Kata-kata kunci dari iklan tersebut.
- Ciri-ciri dari sebuah kata kunci.
- Alasan kamu memilih kata-kata tersebut
sebagai kata kunci.
Jelaskan hasil diskusimu dengan
menggunakan peta pikiran seperti berikut.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 5 Subtema 1 Pembelajaran 1
Alternatif jawaban:
Buatlah kesimpulan dari hasil diskusi kelompokmu tentang kata kunci!
Kata
kunci adalah Kata kunci adalah Kata atau ungkapan
yang mewakili konsep atau gagasan yang menandai suatu zaman atau suatu
kelompok, kata atau ungkapan yang mewakili konsep yang telah disebutkan.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Selanjutnya, pilihlah pasangan temanmu
yang lain dan
bandingkan hasil diskusi kamu dengan pasanganmu tersebut.
Ayo
Mengamati
Dengan menemukan kata kunci pada
iklan-iklan makanan sehat, kita jadi
tahu bahwa masyarakat kita sudah banyak
yang peduli tentang pentingnya makanan
sehat.
Penyempurna makanan sehat adalah susu.
Seperti kita ketahui, susu umumnya dihasilkan oleh sapi. Apa yang dimakan oleh
sapi hingga dapat menghasilkan susu?
Tuliskan
hal-hal yang ingin kamu ketahui
tentang organ pencernaan hewan dalam
bentuk pertanyaan.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 6 Subtema 1 Pembelajaran 1
Alternatif
jawaban:
1. Apa saja organ pencernaan pada hewan?
2. Apakah organ pencernaan hewan yang
terdapat dalam mulut seperti gigi dan lidah memiliki fungsi yang sama seperti
manusia?
3. Apakah lambung hewan sama dengan
manusia?
4. Apakah usus yang dimiliki hewan sama
dengan usus manusia?
5 Apakah fungsi gigi hewan sama dengan
fungsi gigi pada manusia?
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Bagaimana sistem pencernaan makanan pada
hewan ruminansia? Hewan ruminansia adalah kelompok hewan mamalia yang biasa memamah
(memakan) dua kali
dan dikenal dengan hewan memamah biak. Contoh hewan ruminansia
adalah sapi, kerbau, rusa, domba, kambing, dan kijang. Sistem pencernaan hewan
ruminansia lebih kompleks dibandingkan
pencernaan hewan lainnya. Pada hewan ruminansia terdapat empat bagian lambung
dengan fungsi yang spesifik. Selain itu,
pencernaan makanan pada hewan ruminansia dibantu oleh beberapa mikrob (bakteri dan protozoa).
Mikrob tersebut dapat membantu mencerna rumput Coba kamu perhatikan penjelasan mengenai proses
pencernaan pada hewan ini dengan saksama.
Mekanisme
pencernaan makanan pada hewan ruminansia
Seperti yang telah dijelaskan
sebelumnya, salah satu contoh hewan ruminansia ialah sapi. Mari kita baca informasi mengenai organ pencernaan pada
sapi. Makanan seperti rumput,
pertama kali masuk ke dalam
mulut sapi. Di dalam mulut
terdapat organ-organ pencernaan seperti berikut.
Gigi : gigi
sapi tersusun dari
gigi seri
yang berguna untuk
memotong makanan dan gigi geraham untuk mengunyah makanan.
Lidah
: lidah
sapi berguna untuk
merenggut rumput (makanan)
dan mendorong makanan yang sudah
dikunyah menuju lambung.
Saliva
: merupakan cairan atau enzim khusus yang dihasilkan oleh kelenjar khusus pada sapi yang kemudian disalurkan ke dalam rongga mulut.
Saliva berperan dalam proses pencernaan
kimiawi.
Lambung sapi berbeda dengan lambung
manusia, ukurannya jauh lebih besar.
Lambung sapi merupakan organ pencernaan yang
sangat penting bagi sapi. Lambung sapi terdiri atas empat bagian,
yaitu rumen, retikulum, omasum dan
abomasum. Oleh karena itu, sapi
dikatakan memiliki empat perut.
Berikut
bagian-bagian dari lambung sapi
Rumen
(perut besar): Tempat
terjadinya pencernaan dengan
bantuan mikroba (bakteri). Di sini
makanan dicerna hingga menjadi
bubur dengan gerakan mengaduk
yang dilakukan oleh dinding
rumen. Pada saat sapi beristirahat, makanan kembali ke mulut dan dikunyah kembali.
Setelah dikunyah untuk yang kedua
kalinya, makanan masuk ke retikulum (perut jala).
Retikulum
(perut jala): Di dalam retikulum, makanan kembali
mengalami proses fermentasi dengan bantuan bakteri anaerob dan protozoa.
Di dalam bagian perut ini, terjadi proses absorpsi dan
penyaringan benda-benda asing
yang masuk bersama
makanan sehingga tidak masuk ke
omasum (perut kitab).
Omasum
(perut kitab) : Di
dalam omasum, makanan
dicerna dengan bantuan enzim pencernaan.
Selanjutnya, makanan masuk ke abomasum.
Abomasum
(perut masam) : Perut
bagian inilah yang
sebenarnya disebut dengan lambung.
Di sini makanan dicerna dengan bantuan
enzim pencernaan pepsin yang dihasilkan
oleh abomasum.
Setelah melewati seluruh proses
pencernaan makanan di dalam abomasum, makanan bergerak menuju usus halus.
Panjang usus halus seekor sapi dewasa dapat mencapai 40 meter. Di dalam usus halus, terjadi proses
absorpsi dan fermentasi. Selanjutnya, sisa-sisa makanan akan dikeluarkan
melalui anus.
Ayo
Berdiskusi
Tuliskan kosakata-kosakata baru
yang kamu temukan dalam bacaan di atas! Selanjutnya,
diskusikan dengan guru dan temanmu tentang arti dari kosakata- kosakata tersebut.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 8 Subtema 1 Pembelajaran 1
Kosa kata baru yang aku temukan:
Alternatif
jawaban: Rumen, retikulum, enzim, fermentasi, abomasum
Rumen
adalah perut pertama hewan pemamah biak (perut yang terletak antara
kerongkongan dan perut jala).
Retikulum
adalah
perut kedua pada binatang pemamah biak.
Enzim
adalah molekul protein yang kompleks yang dihasilkan oleh sel hidup dan bekerja
sebagai katalisator dalam berbagai proses kimia di dalam tubuh makhluk hidup.
Fermentasi
adalah
peragian, penguraian metabolik senyawa organik oleh mikroorganisme yang
menghasilkan energi yang pada umumnya berlangsung dengan kondisi anaerobik dan
dengan pembebasan gas.
Abomasum
adalah
perut masam pada binatang pemamah biak.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Ayo
Berlatih
Diagram
di bawah ini
menjelaskan mengenai proses pencernaan pada hewan ruminansia (sapi).
Berdasarkan keterangan yang telah kamu
pelajari, lengkapilah diagram berikut.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 9 Subtema 1 Pembelajaran 1
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Ayo
Berkreasi
Setelah melengkapi diagram di depan,
bentuklah kelompok yang terdiri atas
empat orang. Gambarlah hewan sapi seperti di bawah ini pada kertas gambar
ukuran A3. Buatlah gambar sebaik mungkin kemudian lengkapi gambar
tersebut dengan hal-hal berikut.
- Memberi nama setiap bagian organ
pencernaan pada hewan sapi.
- Memberi tanda panah
(gunakan warna merah) untuk menggambarkan perjalanan makanan pada sistem
pencernaan sapi.
- Warnai gambarmu sebaik dan semenarik
mungkin.
- Jangan lupa untuk menuliskan nama anggota kelompokmu pada
bagian kiri bawah kertas gambar.
Hargailah hasil karyamu dan berbanggalah
bahwa kamu telah berhasil bekerja sama dan menghasilkan karya yang indah dan bermanfaat. Dengan bimbingan guru
kelas, presentasikanlah hasil karya
kelompokmu di depan kelas.
Jelaskan secara rinci nama-nama
organ pencernaan sapi dan jelaskan juga arah tanda panah yang kamu buat pada gambar sapi tersebut.
Perhatikan hal-hal di bawah ini sebagai
panduan dalam presentasimu!
1. Jelaskan dengan suara yang jelas.
2. Sebutkan dan tunjukkan organ-organ pencernaan
sapi dengan tepat dan lengkap.
3. Jelaskan dan tunjukkan arah anak
panah yang menggambarkan perjalanan
makanan pada sistem pencernaan sapi dengan tepat dan jelas.
Berikan kesempatan bagi kelompok lain untuk
bertanya dan memberikan komentar yang
positif tentang hasil karya kelompokmu.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 11 Subtema 1 Pembelajaran 1
Ayo
Renungkan
Menurutmu,
mengapa kita perlu belajar tentang organ pencernaan hewan?
Alternatif
jawaban: Karena dengan mempelajari tentang organ pencernaan
hewan kita bisa mengetahui apa saja organ pencernaan hewan dan fungsinya.
Apakah
akan berguna bagimu? Jelaskan!
Alternatif
jawaban: Dengan mempelajari organ pencernaan hewan tentunya
akan bergunan bagi saya yaitu bisa menambah wawasan.
Kegiatan
apa yang paling menarik kamu lakukan
hari ini di sekolah? Apa yang membuatnya menarik?
Jawaban
disesuaikan
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kegiatan
Bersama Orang Tua
Bersama dengan orang tuamu, carilah
informasi tentang organ pencernaan hewan selain sapi. Apakah menurutmu organ
pencernaan sapi akan
berbeda dengan organ pencernaan burung? Tuliskan dan
gambarkan informasi yang kamu peroleh
dalam buku latihanmu.
Demikian yang dapat kami sajikan
berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 2,
Halaman 4, Halaman 5, Halaman 6, Halaman 8, Halaman 9, Halaman 11 Makanan Sehat
Pembelajaran 1 Subtema 1 Bagaimana Tubuh
Mengolah Makanan. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!!!
Referensi:
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 3 – Makanan
Sehat
0 Comments
Post a Comment