Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 2, 4, 5, 6, 8, 9, 11 : Subtema 1 Pembelajaran 1

Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 5 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 2 sampai halaman 11 Pembelajaran 1 Tema 3 Makanan Sehat, Subtema 1 Bagaimana Tubuh  Mengolah Makanan.

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 2, 4, 5, 6, 8, 9, 11 : Subtema 1 Pembelajaran 1

Ayo Mengamati

Amatilah gambar di bawah ini!

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 2 Subtema 1 Pembelajaran 1

Apakah kamu selalu makan makanan sehat seperti yang kamu lihat pada gambar?

Alternatif Jawaban: Iya, aku selalu memakan makanan yang sehat.

 

Sebutkan contoh-contoh makanan yang menurutmu sehat!

Alternatif Jawaban: Sayur, buah-buahan, daging, susu.

 

Apakah kriteria dari  makanan yang  sehat?

Alternatif Jawaban:

1. Makanan bergizi sesuai kebutuhan tubuh yaitu yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak, dan vitamin.

2. Bersih

3. Tidak diproses terlalu banyak, tujuannya agar kandungan gizi pada makanan tidak berkurang terlalu banyak.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Makanan sehat baik  untuk tubuh kita.  Tubuh  manusia mengolah makanan menjadi nutrisi yang   bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh. Untuk lebih  jelasnya, bacalah dialog di bawah ini dengan saksama!

Dayu  :  “Wah, sedapnya sarapanku hari ini.”

Edo     :  “Sarapan apa kamu pagi ini, Dayu?  Kalau aku  seperti biasa, nasi, sayur dan telur mata sapi sudah cukup.”

Dayu  :  “Ibuku membuat bubur ayam istimewa, Edo.”

Siti       :  “Aduh, semuanya terdengar enak untukku, sekalipun hanya nasi, sayur, dan telur mata sapi. Apalagi kalau bubur ayam istimewa. Bersyukurlah kita dikaruniai sistem pencernaan,  teman-teman.   Dengan  begitu makanan yang kita makan dapat membawa manfaat untuk tubuh kita.”

Dayu  :  “Betul juga ya. Apa sebenarnya manfaat sistem pencernaan itu, Siti?”

Siti       :  “Sistem pencernaan  merupakan  organ  yang   dapat  ditemui pada manusia dan hewan. Sistem pencernaan berfungsi untuk memperhalus makanan  sehingga  menghasilkan nutrisi yang   dapat  diserap oleh tubuh. Dengan adanya nutrisi tersebut, maka manusia dan hewan, dapat  tumbuh dan berkembang dengan baik.   Jika  makanan  yang dikonsumsi itu  sehat dan bergizi tinggi, maka manusia atau hewan yang  mengonsumsinya akan bertumbuh dengan sehat.”

Edo    :  “Aku pernah melihat iklan  tentang bubur ayam dengan beras organik.

Dalam iklan  tersebut terdapat kalimat yang   mengajak orang untuk memakan bubur organik itu.”

Dayu  :  ”Wah,  kedengarannya  menarik, ya,  Edo.  Kapan-kapan kita   makan bubur ayam di tempat itu,  yuk. Pastinya lebih  sehat karena berasnya organik.”

 

Ayo Mengamati

Makanan sehat penting bagi tubuh kita.  Oleh  karena itu,  banyak iklan  yang dapat kita temui di  tempat-tempat umum yang mengetengahkan tentang makanan sehat. Iklan  memang dimaksudkan untuk mempromosikan sesuatu kepada para pembaca. Coba  kamu amati iklan-iklan berikut dengan saksama.

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 2, 4, 5, 6, 8, 9, 11 : Subtema 1 Pembelajaran 1

 

Kalimat-kalimat yang umumnya dipergunakan oleh bahasa iklan adalah kalimat yang  menarik atau kalimat yang  mengajak pembacanya untuk mengikuti apa yang  ditulis atau disarankan oleh pembuat iklan.  Amatilah iklan di atas dengan saksama. Tuliskanlah apa yang  kamu lihat dalam iklan  media cetak tersebut!

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 4 Subtema 1 Pembelajaran 1

Alternatif jawaban:

Aku menemukan:

Gambar 1:  Tulisan yang kulihat: Makanan sehat dan bergizi, solusi untuk hidup sehat dan awet muda

Gambar 2:  Tulisan yang kulihat: Makanan sehat dan bergizi penting untuk pertumbuhan otak anak anda

Gambar 3:  Tulisan yang kulihat: Cintai jantung anda, konsumsi sayur dan buah segar, Manfaat prima dengan rasa yang dahsyat

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan tulisan iklan  yang  kamu baca di atas, diskusikan dengan teman sebangkumu tentang beberapa hal  berikut.

- Kata-kata kunci dari iklan tersebut.

- Ciri-ciri dari sebuah kata kunci.

- Alasan kamu memilih kata-kata tersebut sebagai kata kunci.

 

Jelaskan hasil diskusimu dengan menggunakan peta pikiran seperti berikut.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 5 Subtema 1 Pembelajaran 1

Alternatif jawaban:

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 2, 4, 5, 6, 8, 9, 11 : Subtema 1 Pembelajaran 1


 - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Buatlah kesimpulan dari hasil  diskusi kelompokmu tentang kata kunci!

Kata kunci adalah Kata kunci adalah Kata atau ungkapan yang mewakili konsep atau gagasan yang menandai suatu zaman atau suatu kelompok, kata atau ungkapan yang mewakili konsep yang telah disebutkan.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Selanjutnya, pilihlah pasangan  temanmu  yang   lain   dan  bandingkan hasil diskusi kamu dengan pasanganmu tersebut.

 

Ayo Mengamati

Dengan menemukan kata kunci pada iklan-iklan makanan sehat, kita  jadi tahu bahwa masyarakat kita  sudah banyak yang  peduli tentang pentingnya makanan sehat.

Penyempurna makanan sehat adalah susu. Seperti kita ketahui, susu umumnya dihasilkan oleh  sapi. Apa yang  dimakan oleh  sapi hingga dapat menghasilkan susu?

 

Tuliskan  hal-hal yang   ingin kamu ketahui tentang  organ pencernaan hewan dalam bentuk pertanyaan.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 6 Subtema 1 Pembelajaran 1

Alternatif jawaban:

1. Apa saja organ pencernaan pada hewan?

2. Apakah organ pencernaan hewan yang terdapat dalam mulut seperti gigi dan lidah memiliki fungsi yang sama seperti manusia?

3. Apakah lambung hewan sama dengan manusia?

4. Apakah usus yang dimiliki hewan sama dengan usus manusia?

5 Apakah fungsi gigi hewan sama dengan fungsi gigi pada manusia?

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Bagaimana sistem pencernaan makanan pada hewan ruminansia? Hewan ruminansia adalah kelompok hewan mamalia yang  biasa memamah  (memakan)  dua  kali   dan  dikenal dengan  hewan memamah biak. Contoh hewan ruminansia adalah sapi, kerbau, rusa, domba, kambing, dan kijang. Sistem pencernaan hewan ruminansia lebih  kompleks dibandingkan pencernaan hewan lainnya. Pada hewan ruminansia terdapat empat bagian lambung dengan fungsi yang  spesifik. Selain itu, pencernaan makanan pada hewan ruminansia dibantu oleh  beberapa mikrob (bakteri dan protozoa). Mikrob tersebut dapat membantu mencerna rumput Coba  kamu perhatikan penjelasan mengenai proses pencernaan pada hewan ini dengan saksama.

 

Mekanisme pencernaan makanan pada hewan ruminansia

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu contoh hewan ruminansia ialah sapi. Mari kita  baca informasi mengenai organ pencernaan pada sapi. Makanan  seperti  rumput,  pertama  kali masuk  ke dalam  mulut  sapi. Di dalam mulut terdapat organ-organ pencernaan seperti berikut.

Gigi   :  gigi   sapi  tersusun  dari   gigi   seri   yang   berguna  untuk  memotong makanan dan gigi geraham untuk mengunyah makanan.

Lidah :  lidah  sapi  berguna  untuk  merenggut  rumput  (makanan)  dan mendorong makanan yang  sudah dikunyah menuju lambung.

Saliva :  merupakan cairan atau enzim khusus yang  dihasilkan oleh  kelenjar khusus pada sapi yang  kemudian disalurkan ke dalam rongga mulut. Saliva  berperan dalam proses pencernaan kimiawi.

 

Lambung sapi berbeda dengan lambung manusia, ukurannya jauh lebih  besar. Lambung sapi merupakan organ pencernaan yang   sangat penting bagi sapi. Lambung sapi terdiri atas empat bagian, yaitu  rumen, retikulum, omasum dan abomasum. Oleh  karena itu, sapi dikatakan memiliki empat perut.

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 2, 4, 5, 6, 8, 9, 11 : Subtema 1 Pembelajaran 1


Berikut bagian-bagian dari lambung sapi

Rumen (perut besar): Tempat   terjadinya  pencernaan  dengan   bantuan mikroba (bakteri). Di sini  makanan dicerna hingga menjadi  bubur dengan  gerakan  mengaduk  yang dilakukan oleh  dinding rumen. Pada saat sapi beristirahat, makanan kembali ke mulut dan dikunyah kembali. Setelah dikunyah untuk yang  kedua kalinya, makanan masuk ke retikulum (perut jala).

Retikulum (perut jala): Di dalam retikulum, makanan kembali mengalami proses fermentasi dengan bantuan bakteri anaerob dan protozoa. Di  dalam bagian perut ini,  terjadi proses  absorpsi dan  penyaringan benda-benda asing  yang   masuk  bersama  makanan  sehingga tidak masuk ke omasum (perut kitab).

Omasum (perut kitab) : Di   dalam  omasum,  makanan  dicerna  dengan bantuan enzim pencernaan. Selanjutnya, makanan masuk ke abomasum.

Abomasum (perut masam) : Perut   bagian   inilah   yang    sebenarnya  disebut dengan lambung. Di sini  makanan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan pepsin yang  dihasilkan oleh  abomasum.

 

Setelah melewati seluruh proses pencernaan makanan di dalam abomasum, makanan bergerak menuju usus halus. Panjang usus halus seekor sapi dewasa dapat mencapai 40  meter. Di dalam usus halus, terjadi proses absorpsi dan fermentasi. Selanjutnya, sisa-sisa makanan akan dikeluarkan melalui anus.

 

Ayo Berdiskusi

Tuliskan kosakata-kosakata baru yang  kamu  temukan dalam bacaan di atas! Selanjutnya, diskusikan dengan guru dan temanmu tentang arti dari  kosakata- kosakata tersebut.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 8 Subtema 1 Pembelajaran 1

Kosa kata baru yang aku temukan:

Alternatif jawaban: Rumen, retikulum, enzim, fermentasi, abomasum

Rumen adalah perut pertama hewan pemamah biak (perut yang terletak antara kerongkongan dan perut jala).

Retikulum adalah perut kedua pada binatang pemamah biak.

Enzim adalah molekul protein yang kompleks yang dihasilkan oleh sel hidup dan bekerja sebagai katalisator dalam berbagai proses kimia di dalam tubuh makhluk hidup.

Fermentasi adalah peragian, penguraian metabolik senyawa organik oleh mikroorganisme yang menghasilkan energi yang pada umumnya berlangsung dengan kondisi anaerobik dan dengan pembebasan gas.

Abomasum adalah perut masam pada binatang pemamah biak.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ayo Berlatih

Diagram  di   bawah  ini   menjelaskan mengenai proses pencernaan pada hewan ruminansia (sapi). Berdasarkan keterangan yang  telah kamu pelajari, lengkapilah diagram berikut.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 9 Subtema 1 Pembelajaran 1

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 2, 4, 5, 6, 8, 9, 11 : Subtema 1 Pembelajaran 1


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ayo Berkreasi

Setelah melengkapi diagram di depan, bentuklah kelompok yang  terdiri atas empat orang. Gambarlah hewan sapi seperti di bawah ini pada kertas gambar ukuran  A3.  Buatlah gambar  sebaik mungkin kemudian lengkapi gambar tersebut dengan hal-hal berikut.

- Memberi nama setiap bagian organ pencernaan pada hewan sapi.

- Memberi tanda  panah  (gunakan warna merah) untuk menggambarkan perjalanan makanan pada sistem pencernaan sapi.

- Warnai gambarmu sebaik dan semenarik mungkin.

- Jangan lupa  untuk menuliskan nama anggota kelompokmu pada bagian kiri bawah kertas gambar.

 

Hargailah hasil karyamu dan berbanggalah bahwa kamu telah berhasil bekerja sama dan menghasilkan karya yang  indah dan bermanfaat. Dengan bimbingan guru kelas, presentasikanlah  hasil karya kelompokmu di depan kelas.

 

Jelaskan secara rinci  nama-nama  organ pencernaan sapi dan jelaskan juga arah tanda panah yang  kamu buat pada gambar sapi tersebut.

Perhatikan hal-hal di bawah ini sebagai panduan dalam presentasimu!

1. Jelaskan dengan suara yang  jelas.

2. Sebutkan dan tunjukkan organ-organ pencernaan sapi dengan tepat dan lengkap.

3. Jelaskan dan tunjukkan arah anak panah yang  menggambarkan perjalanan makanan pada sistem pencernaan sapi dengan tepat dan jelas.

Berikan kesempatan bagi kelompok lain untuk bertanya dan memberikan komentar yang  positif tentang hasil karya kelompokmu.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 11 Subtema 1 Pembelajaran 1

Ayo Renungkan

Menurutmu, mengapa kita perlu belajar tentang organ pencernaan hewan?

Alternatif jawaban: Karena dengan mempelajari tentang organ pencernaan hewan kita bisa mengetahui apa saja organ pencernaan hewan dan fungsinya.

 

Apakah akan berguna bagimu? Jelaskan!

Alternatif jawaban: Dengan mempelajari organ pencernaan hewan tentunya akan bergunan bagi saya yaitu bisa menambah wawasan.

 

Kegiatan apa yang  paling menarik kamu lakukan hari ini di sekolah? Apa yang membuatnya menarik?

Jawaban disesuaikan

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Kegiatan Bersama Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu, carilah informasi tentang organ pencernaan hewan selain sapi. Apakah menurutmu  organ  pencernaan  sapi  akan  berbeda  dengan  organ pencernaan burung? Tuliskan dan gambarkan informasi yang  kamu peroleh dalam buku  latihanmu.

 

Demikian yang dapat kami sajikan berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 2, Halaman 4, Halaman 5, Halaman 6, Halaman 8, Halaman 9, Halaman 11 Makanan Sehat Pembelajaran 1 Subtema 1 Bagaimana Tubuh  Mengolah Makanan. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!!!

 

Referensi:

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 3 – Makanan Sehat

0 Comments

Post a Comment