Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 4 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 24 sampai halaman 30 Pembelajaran 4 Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku.
Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 4 Halaman 18, 21, 22, 23 : Pembelajaran 3 Subtema 1
Selain menggunakan dengan tidak
berlebihan. Tanaman juga perlu kita rawat. Tanaman yang kita rawat menjadi
subur. Ketika tanaman subur kita akan mendapatkan manfaat yang lebih baik dari tanaman. Lani
juga senang merawat tanaman.
Ayo
Membaca
Ayo
kita baca cerita tentang Lani dan adiknya
Lani
dan Adiknya
Lani mempunyai tanaman yang ditanamnya
di rumah. Setiap pagi dan sore hari, Lani selalu menyiram tanamannya. Selain
menyiram Lani juga memberikan pupuk seminggu sekali. Tanaman Lani tumbuh dengan
subur. Adik Lani juga mempunyai tanaman yang ditanam di rumah. Sering kali, ia
lupa untuk menyiram tanamannya. Ia juga jarang memberikan pupuk. Lani sudah sering
mengingatkan adiknya. Namun, adik Lani selalu lupa. Ia lebih senang menonton TV
dan bermain. Tanaman miliknya layu dan hampir mati.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 25 Subtema 1 Pembelajaran 4
Diskusikan dengan kelompokmu.
1.
Apa yang dilakukan Lani terhadap tanamannya? Jelaskan.
Alternatif
Jawaban: Lani selalu menyiram tanaman setiap pagi dan sore
hari, memberi pupuk setiap seminggu sekali agar tanamannya tumbuh subur.
2.
Apa yang dilakukan adik Lani terhadap tanamannya? Jelaskan.
Alternatif
Jawaban: Adik Lani sering lupa menyiram tanaman dan
memberikan pupuk sehingga tanamannya layu hampir mati.
3.
Manakah yang menurutmu telah bersikap bijak terhadap tanaman? Lani atau
adiknya? Jelaskan jawabanmu.
Alternatif
Jawaban: Menurutku yang telah bersikapbijak terhadap tanamannya adalah Lani karena
selalu menyiram tanaman dan memberikan pupuk secara rutin.
4.
Ketika adik Lani tidak menyiram tanamannya, siapa saja yang dia rugikan?
Jelaskan jawabanmu.
Alternatif
Jawaban: Yang dirugikan ketika adik Lani tidak menyiram
tanamannya adalah adik Lani sendiri karena tanamannya akan menjadi layu. Selain
itu, orang yang dirugikan berikutnya adalah orangtua yang telah memberikan uang
untuk membeli tanaman tersebut.
5.
Ketika adik Lani lupa menyiram tanamannya, apakah dia sudah melaksanakan
kewajibannya? Jelaskan jawaabanmu.
Alternatif
Jawaban: adik Lani
belum melaksanakan kewajibannya karena seringkali lalai dalam merawat
tanamannya. Ia seringkali lupa menyiram dan memberikan pupuk bagi tanamannya
tersebut.
6.
Ketika Lani menyiram tanamannya, apakah dia sudah melaksanakan kewajibannya?
Jelaskan jawabanmu.
Alternatif
Jawaban: Lani sudah melaksanakan kewajibannya dalam merawat
tanaman yaitu selalu menyiram dan memberikan pupuk secara rutin.
7. Mengapa memperoleh hak untuk mendapatkan
tanaman subur itu penting?
Alternatif
Jawaban: Karena dengan suburnya tanaman, kita akan memeroleh
hasil maksimal dan dapat menghirup udara yang segar.
8.
Mengapa melakukan kewajiban untuk merawat tanaman itu penting?
Alternatif
Jawaban: Karena jika merawat tanaman dengan baik, maka kita
telah bersikap bijak terhadap tanaman. Dan dari tanaman pun kita akan memeroleh
keuntungan yaitu kita bisa menghirup udara segara daat bernapas.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Tanaman perlu kita rawat agar terus bisa
tumbuh. Oksigen yang diberikan oleh tanaman membantu kita untuk bernapas. Jika
semua orang seperti adik Lani, bayangkan apa yang terjadi dengan semua tanaman?
Apakah kamu sudah merawat tanamanmu dengan baik? Mengapa kita harus merawatnya?
Perhatikan gambar berikut.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 25 dan 26 Subtema 1
Pembelajaran 4
Alternatif Jawaban:
Apa
tindakan yang mereka lakukan?
Gambar A : Menyiram tanaman
Gambar B : Membakar hutan
Gambar C : Menanam tanaman
Apakah
tindakan tersebut baik? Mengapa?
Gambar A : Baik, karena dengan menyiram
tanaman secara rutin berarti kita sudah bersikapbijak terhadap tanaman
Gambar B : Tidak baik, karena membakar
hutan merupakan sikap tercela dan dapat merusak lingkungan
Gambar C : Baik, karena dengan menanam
pohon akan menghasilkan udara yang bersih
Apa
dampak bagi lingkungan?
Gambar A : Tanaman menjadi tumbuh subur dan
udara yang dihasilkan bersih dari polusi
Gambar B : Hutan menjadi gundul dan
dapat mengakibatkan bencana
Gambar C : Lingkungan menjadi nyaman
Apa
dampak bagi orang lain?
Gambar A: Menghirup udara menjadi lebih segar
Gambar B: Kebakaran hutan akan merugikan
orang lain
Gambar C: Lingkungan menjadi sehat dan nyaman
Apakah
perbuatan dalam gambar tersebut melanggar hak orang lain? Mengapa
Gambar A : Tidak, dengan menyiram
tanaman secara rutin tidak melanggar hak orang lain
Gambar B : Ya melanggar hak orang lain
karena setiap orang berhak mendapatkan lingkungan yang sehat
Gambar C : Tidak melanggar karena jika
lingkungan hijau maka masyarakat akan menjadi sehat.
Apakah
orang tersebut sudah melaksanakan kewajibannya? Mengapa?
Gambar A : Sudah melaksanakan kewajibannya
karena tanaman harus dirawat dengan baik
Gambar B: Belum melaksanakan
kewajibannya, karena kelestarian hutan harus dijaga bukan dibakar
Gambar C: Sudah melaksanakan
kewajibannya dengan menanam tanaman agar lingkungan menjadi nyaman dan sehat
Apakah
yang sebaiknya dilakukan?
Gambar A : Tanaman harus disiram secara
rutin agar dapat tumbuh dengan baik dan memberikannya pupuk
Gambar B : kelestarian hutan harus dijaga
dengan baik
Gambar C : Tanaman harus ditanam agar
lingkungan menjadi sehat dan nyaman, serta membantu kita memeroleh udara yang
segar saat bernapas
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Buatlah jadwal merawat tanaman yang
sudah kamu tanam. Disiplinlah dalam melakukannya.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 25 dan 26 Subtema 1
Pembelajaran 4
Jawaban disesuaikan
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Ayo
Mengamati
Beberapa pecahan mudah untuk diingat. Pecahan- pecahan tersebut bisa membantu kita untuk mempermudah melakukan operasi. Pecahan- pecahan tersebut juga mudah untuk digambarkan.
Diskusikan dengan temanmu.
Taksirlah nilai pecahan 3/8 , 1/10,
15/16
Letakkan bilangan-bilangan tersebut pada
garis bilangan. Amati nilai yang paling dekat apakah 0, 1/2 atau 1?
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 27 dan 28 Subtema 1
Pembelajaran 4
Apa yang bisa kamu simpulkan untuk
melakukan penaksiran pecahan.
1. Jika pembilang mendekati setengah
dari penyebut. Tunjukkan pecahan 3/8 dengan garis bilangan
Perhatikan pecahan 1/2. Pecahan 1/2 =
4/8
Jadi pecahan 3/8 mendekati 1/2.
2. Jika pembilang terlalu jauh kurangnya
dari setengah penyebut. Tunjukkan pecahan 1/10 dengan garis bilangan
Perhatikan pecahan 1/2. Pecahan 1/2 =
5/10
Jadi pecahan 1/10 mendekati 0.
3. Jika pembilang terlalu jauh lebihnya
dari setengah penyebut. Tunjukkan pecahan 14/16 dengan garis bilangan. (revisi
soal 14/10 diganti 14/16)
Perhatikan pecahan 1/2. Pecahan 1/2 =
8/16
Jadi pecahan 14/16 mendekati 1.
Latihan.
Taksirlah nilai yang mendekati pecahan
2/6 , 4/16 , 7/12 , 6/16 , 2/15
Alternatif
Jawaban:
- 2/6 mendekati 1/2.
- 4/16 mendekati 0 dan 1/2.
- 7/12 mendekati 1/2
- 6/16 mendekati 1/2
- 2/15 mendekati 0
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Mudahkan menaksir nilai pecahan? Lalu
bagaimana dengan persen?
Bilangan
Persen Acuan
Beberapa persen mudah untuk diingat.
Bilangan-bilangan tersebut juga mudah untuk dioperasikan. Bilangan-bilangan
persen berikut bisa kita jadikan acuan ketika kita membulatkan.
Siti melakukan survey untuk mengetahui
seberapa rajin teman-temannya menyiram tanaman.
Berikut data yang Siti dapatkan.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 29 Subtema 1 Pembelajaran 4
Alternatif
Jawaban:
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
*****
Ayo
Renungkan
- Nilai-nilai apa yang sudah kita
pelajari hari ini?
- Sudahkah kita merawat tanaman dengan
baik?
Kegiatan
Bersama Orang Tua
Sampaikan kepada orang tuamu pentingnya
merawat tanaman. Sampaikan juga tabel rencanamu untuk merawat tanaman.
Demikian yang dapat kami sajikan
berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 4 Halaman 25,
Halaman 26, Halaman 27, Halaman 28, Halaman 29 Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk
Hidup Pembelajaran 4 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku. Semoga
bermanfaat dan semoga sukses!!!
Referensi:
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 – Peduli
Terhadap Makhluk Hidup
0 Comments
Post a Comment