Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 6 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 6 kelas 6 halaman 21 sampai halaman 28 Pembelajaran 4 Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera, Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan.
Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 14, 15, 16, 19: Subtema 1 Pembelajaran 3
Siti dan teman-teman sedang berkegiatan
di sekolah. Mereka menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekolah. Apa
kegiatan yang sedang mereka lakukan?
Ayo
Mengamati
Apa
yang sedang dilakukan oleh Siti dan teman-teman? Bagaimana caramu menunjukkan
kepedulian terhadap lingkungan sekolah? Tuliskan jawaban pertanyaan-pertanyaan
tersebut pada kolom berikut.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 21 Subtema 1 Pembelajaran 4
Alternatif Jawaban:
- Gambar menunjukkan Siti dan
teman-teman sedang menanam pohon.
- Kegiatan menanam pohon termasuk cara
peduli terhadap lingkungan.
- Cara menunjukkan kepedulian terhadap
lingkungan sekolah yaitu dengan membuang sampah di tempat sampah, tidak
mencoret-coret dinding sekolah, dan ikut menjaga kebersihan sekolah.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Setiap manusia hendaknya peduli dengan
lingkungan. Peduli lingkungan dapat dilakukan di mana saja. Baik di lingkungan
rumah, lingkungan sekitar rumah, maupun di lingkungan sekolah. Ingatkah kamu
tentang lagu Aku Cinta Lingkungan? Lagu Aku Cinta Lingkungan menceritakan
kepedulian terhadap lingkungan rumah. Apakah kamu sudah bisa menyanyikan lagiu
tersebut sesuai intervalnya? Perhatikan penggalan lagu Aku Cinta Lingkungan
berikut.
Ayo
Mengamati
Untuk memahami interval, kamu harus
memahami tangga nada terutama berkaitan dengan pokok nada sebagai berikut.
1. Deretan nada-nada (naik turun) dari
setiap tangga nada. Sebagai contoh c - d - e
- f - g - a - b - c - b - a - g - f - e - d - c.
2. Jarak antara nada satu ke nada
lainnya. Sebagai contoh jarak untuk tangga nada mayor c - d - e - f - g - a - b – c adalah: 1 1 ½ 1
1 1 ½
3. Langkah dari nada satu dengan nada
lainnya, misalnya dalam tangga nada C mayor nada c ke c langkah ke 1, c ke d
langkah ke 2, dan c ke e langkah ketiga.
Interval adalah sebuah jangka ( langkah)
dari nada ke nada lainnya. Jangka tersebut mempunyai nama tertentu yang disebut
nama pangkat. Sebagai contoh jangka c’ ke d’ dalam tangga nada C mayor, d’
adalah langkah kedua. Langkah kedua mempunyai nada pangkat secondo. Interval
selalu dibatasi oleh dua nada. Nada pertama disebut nada pangkal, nada kedua
disebut nada selang. Sebagai contoh jika dalam tangga nada C mayor, nada c’
kita tetapkan sebagai nada pangkal, diperoleh nama-nama interval sebagai
berikut.
c’ ke e’ adalah langkah ke-3 disebut
terts.
c’ ke f’ adalah langkah ke-4 disebut
kuart.
c’ ke g’ adalah langkah ke-5 disebut
kuin.
c’ ke a’ adalah langkah ke-6 disebut
sekst.
c’ ke b’ adalah langkah ke-7 disebut septim.
c’ ke c’’adalah langkah ke-8 disebut
oktaf.
Ayo
Membaca
Bentuk
Kepedulian Remaja terhadap Lingkungan
Masa remaja adalah masa penyesuaian dari
masa awal anak-anak hingga masa awal dewasa. Masa remaja awal kira-kira masuk
pada usia 10 hingga 12 tahun. Masa remaja berakhir kira-kira pada usia 18
hingga 22 tahun. Pada perkembangan ini, pencapaian kemandirian dan identitas
anak sangat menonjol. Bagaimana menumbuhkan kepedulian remaja pada
lingkungan?
Salah satu langkah yang bisa ditempuh
supaya para remaja peduli lingkungan adalah dengan meningkatkan kepedulian
terhadap lingkungan. Sebagai contoh, melalui kegiatan pencinta alam. Kegiatan
pencinta alam dapat meningkatkan kepedulian remaja terhadap lingkungan alam.
Kecintaan remaja terhadap lingkungan alam tercermin pada sikap peduli terhadap
lingkungan. Kegiatan pecinta alam untuk menunjukkan sikap peduli terhadap
lingkungan di antaranya seperti berikut.
1. Kegiatan reboisasi di lahan gundul.
2. Pengadaan tempat pembuangan sampah
secara bersama-sama.
3. Penanaman pohon di sekitar pekarangan
rumah.
4. Berhemat air dalam kegiatan
sehari-hari.
Dengan demikian, generasi muda kita
dapat menjadi generasi muda yangcinta alam dan tumbuh menjadi pemimpin yang
berwawasan lingkungan. Dengan adanya kesadaran para remaja akan pentingnya
penghijauan kembali, kelestarian hutan dan alam sekitar akan terjaga.
Hutan-hutan di Indonesia terlihat hijau.
Pinggir-pinggir jalan raya akan terdapat banyak pohon dan asri. Udara di
sekitar lingkungan pun menjadi sejuk. Kesadaran remaja akan lingkungan biasanya
diawali dari lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat sekitar.
Kepedulian remaja terhadap lingkungan
sangat penting dalam menjaga kelestarian lingkungan. Coba perhatikan mengenai
kondisi bumi saat ini. Terjadinya pemanasan global (global warming) dapat
berdampak terhadap perubahan iklim/cuaca yang semakin ekstrim. Pola curah hujan
berubah-ubah tanpa dapat diprediksi sehingga menyebabkan banjir di satu tempat,
tetapi kekeringan di tempat yang lain. Topan dan badai tropis akan bermunculan
dengan kecenderungan semakin lama semakin kuat. Selain itu, dampak dari
pemanasan global akan mengancam
ketersediaan air bersih sulit ditemukan.
Oleh karena itu, partisipasi remaja
untuk peduli dengan lingkungan hidup sangat diharapkan. Para remaja dapat mengajak masyarakat untuk
sadarakan menjaga lingkungan hidup.
Dengan demikian pemanasan global dan dampaknya terhadap masyarakat bisa
dihindari. Para remaja menjadi motor penggerak pembangunan bangsa. Kepedulian
remaja terhadap lingkungan akan berpengaruh positif bagi masyarakat untuk
peduli lingkungan.
(Fadli, Se, Staf Umum IWF)
http://www.iwf.or.id/detail_content/130
Ayo
Berlatih
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 25 Subtema 1 Pembelajaran 4
Apa judul yang tepat untuk bacaan di atas? Coba temukan kata kunci pada judul teks! Lalu tuliskanlah kata kunci tersebut ke dalam kolom di bawah ini. Tuliskan juga informasi yang terdapat pada teks berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.
1. Kata Kunci : Kepedulian remaja
Perkiraan Informasi yang terdapat dalam
Teks Berdasarkan Kata Kunci : Bacaan berisi tentang kegiatan-kegiatan yang
dilakukan oleh remaja
2. Kata Kunci : Bentuk Kepedulian
lingkungan
Perkiraan Informasi yang terdapat dalam
Teks Berdasarkan Kata Kunci : Bacaan berisi tentang kegiatan untuk menjaga
lingkungan.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Masa remaja adalah masa memasuki
pubertas. Berapa usiamu saat ini? Apakah usia kamu telah masuk masa remaja?
Apakah kamu sudah mengalami pubertas? Masa pubertas terjadi pada anak laki-laki
dan juga anak perempuan. Ingatkah kamu ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki?
Ayo
Mengamati
Amatilah gambar di atas. Gambar manakah
yang menunjukkan masa remaja? Berdasarkan gambar di atas, ingat kembali ciri-ciri pubertas pada anak lakilaki.
Kemudian, tuliskan pada kolom berikut.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 26 Subtema 1 Pembelajaran 4
Alternatif Jawaban:
Berikut ciri-ciri pubertas pada anak
laki-laki.
a. badan bertambah tinggi.
b. jakun mulai tumbuh.
c. bahu bertambah lebar dan bidang.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Sama halnya dengan anak laki-laki, anak
perempuan juga mengalami masa puber. Pubertas pada anak perempuan umumnya
terjadi lebih dahulu daripada anak laki-laki. Pubertas anak perempuan pada
umumnya terjadi antara usia 10-15 tahun. Bagaimana ciri-ciri pubertas pada anak
perempuan dilihat dari fisiknya?
Ayo
Berdiskusi
Bentuklah kelompok terdiri atas lima
anak. Kemudian, diskusikan mengenai ciri-ciri pubertas pada anak perempuan.
Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 27 Subtema 1 Pembelajaran 4
Alternarif Jawaban:
1. Tumbuhnya rambut halus di ketiak dan
alat kelamin
2. Suara jadi melengking
3. Payud@ra mulai tumbuh dan membesar
4. Pinggul membesar
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Ayo
Renungkan
Apa yang telah kamu pelajari hari ini?
Bagian mana yang sudah kamu pahami dengan baik? Bagian mana yang belum kamu
pahami? Apa yang akan kamu lakukan agar lebih paham?
Nilai-nilai apa yang dapat kamu terapkan
dalam kehidupan sehari-hari? Manfaat apa yang kamu peroleh? Tuliskan pada kolom
berikut.
Kerja
Sama dengan Orang Tua
Apakah kamu sudah memasuki masa puber?
Apa yang harus kamu lakukan saat mengalami masa puber? Diskusikan bersama orang
tuamu. Kemudian, tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut!
Demikian yang dapat kami sajikan
berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 halaman 21,
halaman 25, halaman 26, dan halaman 27 Menuju Masyarakat Sejahtera Pembelajaran
4 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan. Semoga bermanfaat dan semoga
sukses!!!
Referensi:
- Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 6 – Menuju
Masyarakat Sejahtera
0 Comments
Post a Comment