Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 21, 25, 26, 27 : Subtema 1 Pembelajaran 4

Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 6 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 6 kelas 6 halaman 21 sampai halaman 28 Pembelajaran 4 Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera, Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan.

Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 14, 15, 16, 19: Subtema 1 Pembelajaran 3

Siti dan teman-teman sedang berkegiatan di sekolah. Mereka menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekolah. Apa kegiatan yang sedang mereka lakukan?

Ayo Mengamati

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 21, 25, 26, 27 : Subtema 1 Pembelajaran 4

 

Apa yang sedang dilakukan oleh Siti dan teman-teman? Bagaimana caramu menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekolah? Tuliskan jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut pada kolom berikut.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 21 Subtema 1 Pembelajaran 4

Alternatif Jawaban:

- Gambar menunjukkan Siti dan teman-teman sedang menanam pohon.

- Kegiatan menanam pohon termasuk cara peduli terhadap lingkungan.

- Cara menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekolah yaitu dengan membuang sampah di tempat sampah, tidak mencoret-coret dinding sekolah, dan ikut menjaga kebersihan sekolah.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Setiap manusia hendaknya peduli dengan lingkungan. Peduli lingkungan dapat dilakukan di mana saja. Baik di lingkungan rumah, lingkungan sekitar rumah, maupun di lingkungan sekolah. Ingatkah kamu tentang lagu Aku Cinta Lingkungan? Lagu Aku Cinta Lingkungan menceritakan kepedulian terhadap lingkungan rumah. Apakah kamu sudah bisa menyanyikan lagiu tersebut sesuai intervalnya? Perhatikan penggalan lagu Aku Cinta Lingkungan berikut.

 

Ayo Mengamati

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 21, 25, 26, 27 : Subtema 1 Pembelajaran 4

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 21, 25, 26, 27 : Subtema 1 Pembelajaran 4

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 21, 25, 26, 27 : Subtema 1 Pembelajaran 4

Untuk memahami interval, kamu harus memahami tangga nada terutama berkaitan dengan pokok nada sebagai berikut.

1. Deretan nada-nada (naik turun) dari setiap tangga nada. Sebagai contoh c - d - e  - f - g - a - b - c - b - a - g - f - e - d - c.

2. Jarak antara nada satu ke nada lainnya. Sebagai contoh jarak untuk tangga nada mayor  c - d - e - f - g - a - b – c adalah: 1   1  ½  1  1  1  ½

3. Langkah dari nada satu dengan nada lainnya, misalnya dalam tangga nada C mayor nada c ke c langkah ke 1, c ke d langkah ke 2, dan c ke e langkah ketiga.

 

Interval adalah sebuah jangka ( langkah) dari nada ke nada lainnya. Jangka tersebut mempunyai nama tertentu yang disebut nama pangkat. Sebagai contoh jangka c’ ke d’ dalam tangga nada C mayor, d’ adalah langkah kedua. Langkah kedua mempunyai nada pangkat secondo. Interval selalu dibatasi oleh dua nada. Nada pertama disebut nada pangkal, nada kedua disebut nada selang. Sebagai contoh jika dalam tangga nada C mayor, nada c’ kita tetapkan sebagai nada pangkal, diperoleh nama-nama interval sebagai berikut.

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 21, 25, 26, 27 : Subtema 1 Pembelajaran 4

c’ ke e’ adalah langkah ke-3 disebut terts.

c’ ke f’ adalah langkah ke-4 disebut kuart.

c’ ke g’ adalah langkah ke-5 disebut kuin.

c’ ke a’ adalah langkah ke-6 disebut sekst.

c’ ke b’ adalah langkah ke-7 disebut septim.

c’ ke c’’adalah langkah ke-8 disebut oktaf.

 

Ayo Membaca

Bentuk Kepedulian Remaja terhadap Lingkungan

Masa remaja adalah masa penyesuaian dari masa awal anak-anak hingga masa awal dewasa. Masa remaja awal kira-kira masuk pada usia 10 hingga 12 tahun. Masa remaja berakhir kira-kira pada usia 18 hingga 22 tahun. Pada perkembangan ini, pencapaian kemandirian dan identitas anak sangat menonjol. Bagaimana menumbuhkan kepedulian remaja pada lingkungan? 

Salah satu langkah yang bisa ditempuh supaya para remaja peduli lingkungan adalah dengan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Sebagai contoh, melalui kegiatan pencinta alam. Kegiatan pencinta alam dapat meningkatkan kepedulian remaja terhadap lingkungan alam. Kecintaan remaja terhadap lingkungan alam tercermin pada sikap peduli terhadap lingkungan. Kegiatan pecinta alam untuk menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan di antaranya seperti berikut. 

1. Kegiatan reboisasi di lahan gundul.

2. Pengadaan tempat pembuangan sampah secara bersama-sama.

3. Penanaman pohon di sekitar pekarangan rumah.

4. Berhemat air dalam kegiatan sehari-hari.

 

Dengan demikian, generasi muda kita dapat menjadi generasi muda yangcinta alam dan tumbuh menjadi pemimpin yang berwawasan lingkungan. Dengan adanya kesadaran para remaja akan pentingnya penghijauan kembali, kelestarian hutan dan alam sekitar akan terjaga. Hutan-hutan  di Indonesia terlihat hijau. Pinggir-pinggir jalan raya akan terdapat banyak pohon dan asri. Udara di sekitar lingkungan pun menjadi sejuk. Kesadaran remaja akan lingkungan biasanya diawali dari lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat sekitar.

Kepedulian remaja terhadap lingkungan sangat penting dalam menjaga kelestarian lingkungan. Coba perhatikan mengenai kondisi bumi saat ini. Terjadinya pemanasan global (global warming) dapat berdampak terhadap perubahan iklim/cuaca yang semakin ekstrim. Pola curah hujan berubah-ubah tanpa dapat diprediksi sehingga menyebabkan banjir di satu tempat, tetapi kekeringan di tempat yang lain. Topan dan badai tropis akan bermunculan dengan kecenderungan semakin lama semakin kuat. Selain itu, dampak dari

pemanasan global akan mengancam ketersediaan air bersih sulit ditemukan.

Oleh karena itu, partisipasi remaja untuk peduli dengan lingkungan hidup sangat diharapkan.  Para remaja dapat mengajak masyarakat untuk sadarakan menjaga lingkungan hidup.  Dengan demikian pemanasan global dan dampaknya terhadap masyarakat bisa dihindari. Para remaja menjadi motor penggerak pembangunan bangsa. Kepedulian remaja terhadap lingkungan akan berpengaruh positif bagi masyarakat untuk peduli lingkungan.

(Fadli, Se, Staf Umum IWF) http://www.iwf.or.id/detail_content/130

 

Ayo Berlatih

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 25 Subtema 1 Pembelajaran 4

Apa judul yang tepat untuk bacaan di atas? Coba temukan kata kunci pada judul teks! Lalu tuliskanlah kata kunci tersebut ke dalam kolom di bawah ini. Tuliskan juga informasi yang terdapat pada teks berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.

1. Kata Kunci : Kepedulian remaja

Perkiraan Informasi yang terdapat dalam Teks Berdasarkan Kata Kunci : Bacaan berisi tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh remaja

 

2. Kata Kunci : Bentuk Kepedulian lingkungan

Perkiraan Informasi yang terdapat dalam Teks Berdasarkan Kata Kunci : Bacaan berisi tentang kegiatan untuk menjaga lingkungan.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Masa remaja adalah masa memasuki pubertas. Berapa usiamu saat ini? Apakah usia kamu telah masuk masa remaja? Apakah kamu sudah mengalami pubertas? Masa pubertas terjadi pada anak laki-laki dan juga anak perempuan. Ingatkah kamu ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki?

 

Ayo Mengamati

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 21, 25, 26, 27 : Subtema 1 Pembelajaran 4

 

Amatilah gambar di atas. Gambar manakah yang menunjukkan masa remaja? Berdasarkan gambar di atas, ingat kembali  ciri-ciri pubertas pada anak lakilaki.

Kemudian, tuliskan pada kolom berikut.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 26 Subtema 1 Pembelajaran 4

Alternatif Jawaban:

Berikut ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki.

a. badan bertambah tinggi.

b. jakun mulai tumbuh.

c. bahu bertambah lebar dan bidang.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Sama halnya dengan anak laki-laki, anak perempuan juga mengalami masa puber. Pubertas pada anak perempuan umumnya terjadi lebih dahulu daripada anak laki-laki. Pubertas anak perempuan pada umumnya terjadi antara usia 10-15 tahun. Bagaimana ciri-ciri pubertas pada anak perempuan dilihat dari fisiknya?

 

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Kemudian, diskusikan mengenai ciri-ciri pubertas pada anak perempuan. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 27 Subtema 1 Pembelajaran 4

Alternarif Jawaban:

1. Tumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin

2. Suara jadi melengking

3. Payud@ra mulai tumbuh dan membesar

4. Pinggul membesar

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ayo Renungkan

Apa yang telah kamu pelajari hari ini? Bagian mana yang sudah kamu pahami dengan baik? Bagian mana yang belum kamu pahami? Apa yang akan kamu lakukan agar lebih paham?

Nilai-nilai apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari? Manfaat apa yang kamu peroleh? Tuliskan pada kolom berikut.

 

Kerja Sama dengan Orang Tua

Apakah kamu sudah memasuki masa puber? Apa yang harus kamu lakukan saat mengalami masa puber? Diskusikan bersama orang tuamu. Kemudian, tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut!

 

Demikian yang dapat kami sajikan berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 halaman 21, halaman 25, halaman 26, dan halaman 27 Menuju Masyarakat Sejahtera Pembelajaran 4 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!!!

 

Referensi:

- Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 6 – Menuju Masyarakat Sejahtera

0 Comments

Post a Comment