Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 6 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 6 kelas 6 halaman 13 sampai halaman 20 Pembelajaran 3 Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera, Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan.
Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 8, 9, 10, 11,12 : Subtema 1 Pembelajaran 2
Ayo
Membaca
Kemerdekaan yang telah dicapai bangsa
Indonesia merupakan sarana mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera.
Upaya membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera di antaranya dengan
meningkatkn taraf kehidupan bangsa, meningkatkan taraf kecerdasan bangsa, dan
mengembangkan segala potensi yang dimiliki untuk kemajuan bangsa Indonesia.
Hingga saat ini upaya-upaya tersebut masih terus dilaksanakan meskipun
Indonesia telah merdeka cukup lama. Dukungan masyarakat yang peduli lingkungan
sangat diperlukan dalam upaya-upaya bangsa untuk mewujudkan masyarakat
sejahtera.
Gambar-gambar di atas menunjukkan para
pelajar Indonesia sedang belajar dengan bersungguh-sungguh. Mereka sedang
melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara. mengikuti pendidikan yang
diselenggarakan oleh pemerintah merupakan kewajiban bagi seluruh warga
negara. Semua warga negara wajib untuk
mengikuti pendidikan dasar. Kewajiban mengikuti pendidikan dasar bagi setiap
warga negara Indonesia ditegaskan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia pasal 31 ayat (2). Bunyi pasal
31 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu
“Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib
membiayainya”.
Mewajibkan warga negara untuk mengikuti
pendidikan dasar 9 tahun merupakan satu di antara upaya pemerintah untuk
memperbaiki pendidikan di negara kita. Pemerintah menginginkan tingkat
kecerdasan bangsa ini semakin meningkat. Upaya pemerintah yang lain sebagai
contoh memperbaiki fasilitas pendidikan misalnya memperbaiki gedung-gedung
sekolah yang rusak, memberikan bantuan buku gratis, dan menyediakan
pengajar-pengajar atau guru yang profesional. Apa yang bisa kamu lakukan
terkait dengan upaya pemerintah meningkatkan kecerdasan bangsa? Apakah
masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu peduli dengan pendidikan warganya?
Amatilah gambar berikut!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 14 Subtema 1 Pembelajaran 3
Amati
gambar di atas. Kemudian, tuliskanlah hasil pengamatan kamu mengenai gambar
pada kolom berikut ini!
Alternatif jawaban:
Hasil pengamatan: Suasana kampung yang
menerapkan peraturan jam belajar bagi warga.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Program pemerintah guna meningkatkan
tingkat kecerdasan bangsa sangatmembutuhkan peran serta atau dukungan dari
warga masyarakat. Tanpa adanya dukungan dari warga masyarakat pemerintah akan
sulit untuk mewujudkan programnya. Menggalakkan jam belajar masyarakat
merupakan suatu bentuk dukungan warga masyarakat dalam meningkatkan kecerdasan
bangsa. Kewajiban kamu dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya mengikuti
pendidikan dasar. Masih banyak kewajiban kamu yang lainnya seperti mematuhi
nasihat orang tua dan guru, mematuhi peraturan di rumah dan di sekolah, serta
melaksanakan tugas piket kelas sesuai pembagian. Masih banyak contoh kewajiban lainnya.
Cobalah kamu diskusikan bersama dengan temanmu.
Ayo
Berdiskusi
Bersama seorang temanmu, diskusikan
tentang hal berikut!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 15 Subtema 1 Pembelajaran 3
1.
Apakah yang dimaksud dengan kewajiban?
Alternatif jawaban:
Kewajiban adalah sesuatu yang harus
dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab.
2.
Apa kewajibanmu sebagai seorang siswa, baik di lingkungan sekolah maupun di
lingkungan rumahmu?
Alternatif Jawaban:
- Kewajiban siswa di lingkungan sekolah
a. Siswa harus taat kepada Guru dan
Kepala Sekolah.
b. Ikut bertanggung jawab atas
kebersihan, keamanan, ketertiban sekolah.
c. Ikut bertanggung jawab atas
pemeliharaan gedung, halaman, perabotan yang ada di sekolah.
d. Ikut menjaga nama baik sekolah, guru
maupun pelajar lainnya baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.
e. Menghormati guru dan saling
menghargai antarsesama murid.
f. Memakai pakaian seragam sekolah
sesuai dengan hari yang telah ditentukan.
g. Murid berkewajiban untuk mengikuti
upacara pengibaran Bendera Merah Putih yang diselenggarakan.
h. Memberikan keterangan sakit, izin
atau alpa dari orang tua bahwa anak berhalangan hadir di sekolah.
- Kewajiban siswa di lingkungan rumah
a. Kewajiban belajar
b. Kewajiban membantu orang tua
c. Kewajiban menjalankan perintah agama
3.
Bagaimanakah sikapmu terhadap kewajiban yang kamu miliki?
Alternatif Jawaban:
Aku berusaha untuk melaksanakan kewajiban
yang harus aku lakukan.
4.
Mengapa kamu harus bersikap seperti jawabanmu pada soal nomor 3? Tuliskan hasil
diskusi pada kolom berikut.
Alternatif Jawaban:
Karena dengan menjalankan kewajibanku
tersebut dapat menjadikanku pribadi yang disiplin.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Ayo
Berlatih
Apa
upaya yang dapat dilakukan untuk mengisi kemerdekaan? Tuliskan dalam tabel
berikut!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 16 Subtema 1 Pembelajaran 3
Upaya untuk mengisi kemerdekaan
1. Rajin beribadah sesuai agama
2. Belajar dengan giat, rajin dan tekun
3. Mengikuti upacara kemerdekaan dengan
hikmat
4. Saling menghormati antar sesama
5. Mengikuti perlombaan 17 Agustus yang
diadakan Panitia setempat
6. Ikut serta dalam mengemukakan
gagasan/ide/pendapat di dalam kemerdekaan yang ada di kalangan masyarakat
maupun sekolah
7. Ikut berpartisipasi aktif dalam
kegiatan yang ada di masyarakat
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Ayo
Membaca
Penduduk asli Papua dan warga
transmigran saling bertoleransi. Mereka saling menghormati perbedaan agama
maupun budaya. Mereka menganggap bahwa perbedaan budaya dan agama merupakan
kekayaan bangsa Indonesia yang harus dijaga. Para penduduk bisa hidup rukun
berdampingan sebagai satu bangsa yaitu bangsa Indonesia. Warga Kampung Kibay
dan Kampung Wonorejo tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
(NKRI). Mereka juga menjaga persatuan dan kesatuan serta selalu menjunjung
tinggi semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam segala perbedaan yang ada. Mereka
memiliki jati diri sebagai bangsa Indonesia yang beretika dan santun, serta
mempunyai jiwa gotong royong, dan toleransi tinggi. Mereka ingin menciptakan
kehidupan di bumi Indonesia yang damai, tenteram, hidup rukun berdampingan.
Oleh:
Nirwasita
Diolah dari :
http://www.kompasiana.com/spiritofpapua/migrasi-dan-perempuan-dalam-keragaman-kampung-wonorejo_56990c2ff67e61f40a27f392
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 19 Subtema 1 Pembelajaran 3
Ayo
Berlatih
A.
Jawablah pertanyaan di bawah ini secara lisan!
1.
Apa judul bacaan di atas?
Alternatif Jawaban: Kerukunan di Kampung
Wonorejo, Papua
2.
Apa kata kunci pada judul bacaan di atas?
Alternatif Jawaban: transmigran,
kerukunan, perbedaan suku, agama, dan
budaya.
3.
Apakah informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci pada judul?
Alternatif Jawaban:
Berikut informasi dari bacaan
berdasarkan kata kunci.
Kampung Wonorejo menunjukkan tentang
kerukunan dalam keberagaman. Semua warga kampung hidup rukun walaupun berbeda
asal usul suku bangsa, agama, dan budaya. Keragaman suku bangsa menjadi modal
sosial dalam pembangunan.
Hubungan penduduk asli Papua dan warga
transmigran tidak mengalami pengkotakan dalam menjalankan ibadah. Masing-masing
tidak menajamkan identitas tradisi atau agama yang dapat membuat hubungan
menjadi terganggu. Sebaliknya, mereka menganggap bahwa perbedaan budaya dan
agama merupakan kekayaan yang harusdilestarikan.
Warga Kampung Kibay dan Kampung Wonorejo
tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mereka juga
menjaga persatuan dan kesatuan serta selalu menjunjung tinggi semboyan Bhinneka
Tunggal Ika dalam segala perbedaan yang ada. Mereka memiliki jati diri sebagai
bangsa Indonesia yang beretika dan santun, serta mempunyai jiwa gotong royong,
dan toleransi tinggi. Mereka ingin menciptakan kehidupan di bumi Indonesia yang
damai tenteram, hidup rukun berdampingan, terhindar dari segala macam bentuk
radikalisme, terorisme, konflik sosial, perang saudara, dan ancaman perpecahan.
B.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan menuliskan pada kolom tersedia!
1.
Apa yang dapat kamu lakukan sebagai warga masyarakat dalam memaknai
kemerdekaan?
Alternatif Jawaban: Belajar dengan tekun,
mengikuti perlombaan 17 Agustus yang diadakan Panitia setempat, saling
menghormati antarsesama.
2.
Bagaimana pelaksanaan kewajibanmu sebagai warga masyarakat?
Alternatif Jawaban:
Kewajibanku sebagai warga masyarakat
sudah dilaksanakan dengan baik. Aku mengikuti kegiatan yang diadakan di
masyarakat. Misalnya, kerja bakti membersihkan jalan desa.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Ayo
Renungkan
Apa yang sudah kamu pelajari pada
pembelajaran kali ini? Apakah kamu merasa kesulitan? Tuliskan yang sudah kamu
pelajari. Tuliskan juga kesulitan jika kamu merasa kesulitan pada pembelajaran
kali ini. Tuliskan pada kolom berikut.
Kerja
Sama dengan Orang Tua
Apa makna kemerdekaan bagimu dan
keluargamu? Coba diskusikan bersama orang tuamu. Kemudian, tuliskan hasil
diskusi pada kolom berikut.
Demikian yang dapat kami sajikan
berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 halaman 14,
halaman 15, halaman 16, dan halaman 19 Menuju Masyarakat Sejahtera Pembelajaran
3 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan. Semoga bermanfaat dan semoga
sukses!!!
Referensi:
- Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 6 – Menuju
Masyarakat Sejahtera
0 Comments
Post a Comment