Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 14, 15, 16, 19 : Subtema 1 Pembelajaran 3

Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 6 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 6 kelas 6 halaman 13 sampai halaman 20 Pembelajaran 3 Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera, Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan.

Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 8, 9, 10, 11,12 : Subtema 1 Pembelajaran 2

Ayo Membaca

Kemerdekaan yang telah dicapai bangsa Indonesia merupakan sarana mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera. Upaya membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera di antaranya dengan meningkatkn taraf kehidupan bangsa, meningkatkan taraf kecerdasan bangsa, dan mengembangkan segala potensi yang dimiliki untuk kemajuan bangsa Indonesia. Hingga saat ini upaya-upaya tersebut masih terus dilaksanakan meskipun Indonesia telah merdeka cukup lama. Dukungan masyarakat yang peduli lingkungan sangat diperlukan dalam upaya-upaya bangsa untuk mewujudkan masyarakat sejahtera.

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 14, 15, 16, 19 : Subtema 1 Pembelajaran 3

Gambar-gambar di atas menunjukkan para pelajar Indonesia sedang belajar dengan bersungguh-sungguh. Mereka sedang melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara. mengikuti pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah merupakan kewajiban bagi seluruh warga negara.  Semua warga negara wajib untuk mengikuti pendidikan dasar. Kewajiban mengikuti pendidikan dasar bagi setiap warga negara Indonesia ditegaskan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia pasal 31 ayat (2).  Bunyi pasal 31 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu “Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya”.

Mewajibkan warga negara untuk mengikuti pendidikan dasar 9 tahun merupakan satu di antara upaya pemerintah untuk memperbaiki pendidikan di negara kita. Pemerintah menginginkan tingkat kecerdasan bangsa ini semakin meningkat. Upaya pemerintah yang lain sebagai contoh memperbaiki fasilitas pendidikan misalnya memperbaiki gedung-gedung sekolah yang rusak, memberikan bantuan buku gratis, dan menyediakan pengajar-pengajar atau guru yang profesional. Apa yang bisa kamu lakukan terkait dengan upaya pemerintah meningkatkan kecerdasan bangsa? Apakah masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu peduli dengan pendidikan warganya? Amatilah gambar berikut!

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 14, 15, 16, 19 : Subtema 1 Pembelajaran 3

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 14 Subtema 1 Pembelajaran 3

Amati gambar di atas. Kemudian, tuliskanlah hasil pengamatan kamu mengenai gambar pada kolom berikut ini!

Alternatif jawaban:

Hasil pengamatan: Suasana kampung yang menerapkan peraturan jam belajar bagi warga.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Program pemerintah guna meningkatkan tingkat kecerdasan bangsa sangatmembutuhkan peran serta atau dukungan dari warga masyarakat. Tanpa adanya dukungan dari warga masyarakat pemerintah akan sulit untuk mewujudkan programnya. Menggalakkan jam belajar masyarakat merupakan suatu bentuk dukungan warga masyarakat dalam meningkatkan kecerdasan bangsa. Kewajiban kamu dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya mengikuti pendidikan dasar. Masih banyak kewajiban kamu yang lainnya seperti mematuhi nasihat orang tua dan guru, mematuhi peraturan di rumah dan di sekolah, serta melaksanakan tugas piket kelas sesuai pembagian.  Masih banyak contoh kewajiban lainnya. Cobalah kamu diskusikan bersama dengan temanmu.

 

Ayo Berdiskusi

Bersama seorang temanmu, diskusikan tentang hal berikut!

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 15 Subtema 1 Pembelajaran 3

1. Apakah yang dimaksud dengan kewajiban?

Alternatif jawaban:

Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab.

 

2. Apa kewajibanmu sebagai seorang siswa, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumahmu?

Alternatif Jawaban:

- Kewajiban siswa di lingkungan sekolah

a. Siswa harus taat kepada Guru dan Kepala Sekolah.

b. Ikut bertanggung jawab atas kebersihan, keamanan, ketertiban sekolah.

c. Ikut bertanggung jawab atas pemeliharaan gedung, halaman, perabotan yang ada di sekolah.

d. Ikut menjaga nama baik sekolah, guru maupun pelajar lainnya baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

e. Menghormati guru dan saling menghargai antarsesama murid.

f. Memakai pakaian seragam sekolah sesuai dengan hari yang telah ditentukan.

g. Murid berkewajiban untuk mengikuti upacara pengibaran Bendera Merah Putih yang diselenggarakan.

h. Memberikan keterangan sakit, izin atau alpa dari orang tua bahwa anak berhalangan hadir di sekolah.

 

- Kewajiban siswa di lingkungan rumah

a. Kewajiban belajar

b. Kewajiban membantu orang tua

c. Kewajiban menjalankan perintah agama

 

3. Bagaimanakah sikapmu terhadap kewajiban yang kamu miliki?

Alternatif Jawaban:

Aku berusaha untuk melaksanakan kewajiban yang harus aku lakukan.

 

4. Mengapa kamu harus bersikap seperti jawabanmu pada soal nomor 3? Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

Alternatif Jawaban:

Karena dengan menjalankan kewajibanku tersebut dapat menjadikanku pribadi yang disiplin.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 14, 15, 16, 19 : Subtema 1 Pembelajaran 3

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 14, 15, 16, 19 : Subtema 1 Pembelajaran 3

Ayo Berlatih

Apa upaya yang dapat dilakukan untuk mengisi kemerdekaan? Tuliskan dalam tabel berikut!

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 16 Subtema 1 Pembelajaran 3

Upaya untuk mengisi kemerdekaan

1. Rajin beribadah sesuai agama

2. Belajar dengan giat, rajin dan tekun

3. Mengikuti upacara kemerdekaan dengan hikmat

4. Saling menghormati antar sesama

5. Mengikuti perlombaan 17 Agustus yang diadakan Panitia setempat

6. Ikut serta dalam mengemukakan gagasan/ide/pendapat di dalam kemerdekaan yang ada di kalangan masyarakat maupun sekolah

7. Ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang ada di masyarakat

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ayo Membaca

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 14, 15, 16, 19 : Subtema 1 Pembelajaran 3

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 14, 15, 16, 19 : Subtema 1 Pembelajaran 3

 

Penduduk asli Papua dan warga transmigran saling bertoleransi. Mereka saling menghormati perbedaan agama maupun budaya. Mereka menganggap bahwa perbedaan budaya dan agama merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang harus dijaga. Para penduduk bisa hidup rukun berdampingan sebagai satu bangsa yaitu bangsa Indonesia. Warga Kampung Kibay dan Kampung Wonorejo tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mereka juga menjaga persatuan dan kesatuan serta selalu menjunjung tinggi semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam segala perbedaan yang ada. Mereka memiliki jati diri sebagai bangsa Indonesia yang beretika dan santun, serta mempunyai jiwa gotong royong, dan toleransi tinggi. Mereka ingin menciptakan kehidupan di bumi Indonesia yang damai, tenteram, hidup rukun berdampingan.

Oleh:  Nirwasita

Diolah dari : http://www.kompasiana.com/spiritofpapua/migrasi-dan-perempuan-dalam-keragaman-kampung-wonorejo_56990c2ff67e61f40a27f392

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 19 Subtema 1 Pembelajaran 3

Ayo Berlatih

A. Jawablah pertanyaan di bawah ini secara lisan!

1. Apa judul bacaan di atas?

Alternatif Jawaban: Kerukunan di Kampung Wonorejo, Papua

 

2. Apa kata kunci pada judul bacaan di atas?

Alternatif Jawaban: transmigran, kerukunan, perbedaan  suku, agama, dan budaya.

 

3. Apakah informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci pada judul?

Alternatif Jawaban:

Berikut informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci.

Kampung Wonorejo menunjukkan tentang kerukunan dalam keberagaman. Semua warga kampung hidup rukun walaupun berbeda asal usul suku bangsa, agama, dan budaya. Keragaman suku bangsa menjadi modal sosial dalam pembangunan.

Hubungan penduduk asli Papua dan warga transmigran tidak mengalami pengkotakan dalam menjalankan ibadah. Masing-masing tidak menajamkan identitas tradisi atau agama yang dapat membuat hubungan menjadi terganggu. Sebaliknya, mereka menganggap bahwa perbedaan budaya dan agama merupakan kekayaan yang harusdilestarikan.

Warga Kampung Kibay dan Kampung Wonorejo tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mereka juga menjaga persatuan dan kesatuan serta selalu menjunjung tinggi semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam segala perbedaan yang ada. Mereka memiliki jati diri sebagai bangsa Indonesia yang beretika dan santun, serta mempunyai jiwa gotong royong, dan toleransi tinggi. Mereka ingin menciptakan kehidupan di bumi Indonesia yang damai tenteram, hidup rukun berdampingan, terhindar dari segala macam bentuk radikalisme, terorisme, konflik sosial, perang saudara, dan ancaman perpecahan.

 

B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan menuliskan pada kolom tersedia!

1. Apa yang dapat kamu lakukan sebagai warga masyarakat dalam memaknai kemerdekaan?

Alternatif Jawaban: Belajar dengan tekun, mengikuti perlombaan 17 Agustus yang diadakan Panitia setempat, saling menghormati antarsesama.

 

2. Bagaimana pelaksanaan kewajibanmu sebagai warga masyarakat?

Alternatif Jawaban:

Kewajibanku sebagai warga masyarakat sudah dilaksanakan dengan baik. Aku mengikuti kegiatan yang diadakan di masyarakat. Misalnya, kerja bakti membersihkan jalan desa.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ayo Renungkan

Apa yang sudah kamu pelajari pada pembelajaran kali ini? Apakah kamu merasa kesulitan? Tuliskan yang sudah kamu pelajari. Tuliskan juga kesulitan jika kamu merasa kesulitan pada pembelajaran kali ini. Tuliskan pada kolom berikut.

 

Kerja Sama dengan Orang Tua

Apa makna kemerdekaan bagimu dan keluargamu? Coba diskusikan bersama orang tuamu. Kemudian, tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

 

Demikian yang dapat kami sajikan berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 halaman 14, halaman 15, halaman 16, dan halaman 19 Menuju Masyarakat Sejahtera Pembelajaran 3 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!!!

 

Referensi:

- Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 6 – Menuju Masyarakat Sejahtera

0 Comments

Post a Comment