Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 Halaman 18, 19, 20, 21 : Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 2 Subtema 1

Materi dan Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 Halaman 18, 19, 20, 21: Berikut ini merupakan materi dan kunci jawaban buku siswa tema 1 kelas 6 halaman 18, halaman 19, halaman 20, dan halaman 21. Materi dan kunci jawaban kelas 6 pembelajaran 1 subtema 1 tema 1 ini diperoleh dari berbagai sumber.

Pelajari Juga : Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 Halaman 13 dan 14 : Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Subtema 1

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 Halaman 18, 19, 20, 21 : Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 2 Subtema 1

Di Asia Tenggara banyak tumbuhan yang dimanfaatkan untuk bahan makanan. Namun, di antaranya banyak juga yang dimanfaatkan sebagai obat. Asia Tenggara sebagai wilayah tropis memungkinkan banyak tumbuhan hidup. oleh karena itu masyarakatnya banyak bercocok tanam untuk memanfaatkan kesuburan tanahnya. Bawang merah sering dijumpai di dapur masyarakat Indonesia. Selain dipakai untuk bumbu, bawang merah juga bermanfaat untuk mengobati beberapa penyakit. Orang Jawa mengenalnya dengan sebutan brambang. Bawang merah hidup di daerah Asia Tenggara. Masyarakat Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina adalah pengguna bawang merah terbesar. Pemakai bawang merah terbanyak adalah Indonesia. Di tahun 2004, jumlah bawang merah yang digunakan mencapai 160.800.000 ton/tahun.

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Kelas 6 Halaman 18 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 Halaman 18, 19, 20, 21 : Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 2 Subtema 1

Diskusikan jawabanmu dengan teman

Alternatif Jawaban:

- Angka 1 ditempatkan di ratusan juta

- Angka 6 di puluhan juta

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

***

Pembacaan Angka

Pembacaan angka selalu dimulai dari posisi karakter angka terbesar.

Bilangan yang memiliki dua karakter, angka terbesarnya adalah puluhan.

Bilangan yang memiliki tiga karakter, angka terbesarnya adalah ratusan.

Bilangan yang memiliki empat karakter, angka terbesarnya adalah ribuan dan seterusnya

***

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Kelas 6 Halaman 19 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1

Temukan jawabanmu dari soal berikut.

1. Tulislah bilangan di bawah dalam bentuk penulisan standar.

10.000.000 + 2.000.000 + 300.000 + 20.000 + 3000 + 400 + 70 + 2

Alternatif Jawaban:

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 Halaman 18, 19, 20, 21 : Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 2 Subtema 1

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Kelas 6 Halaman 20 dan halaman 21 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1

2. Tulislah bilangan berikut dalam bentuk penulisan standar.

4 juta 256 ribu 78

Alternatif Jawaban:

4.256.078

 

3. Buatlah lima bilangan yang terdiri dari 7 sampai 8 angka. Bilanganmu harus memiliki angka 0-9. Urutkan bilanganmu.

Alternatif Jawaban:

1) 13.782.569

2) 5.840.136

3) 8.147.235

4) 20.754.683

5) 3.265.908

 

Urutan kelima bilangan tersebut dari terkecil ke terbesar adalah :

3.265.908 ; 5.840.136 ; 8.147.235 ; 13.782.569 ; 20.754.683

 

4. Tulislah bilangan yang diperoleh dari :

a. 745.862 ditambah 10.000

b. 875.000 ditambah 1.000.000

c. 3.174.821 dikurangi 100.000

d. 735.236.306 dikurangi 1 juta

Alternatif Jawaban:

a. 755.862

b. 1.875.000

c. 3.074.821

d. 734.236.306

 

5. Aku adalah bilangan antara 6.000.000 dan 7.000.000.

Aku adalah bilangan ganjil.

Angka ribuanku semuanya sama.

Angka dasarku semuanya sama.

Jumlah seluruh angkaku adalah 30.

Bilangan berapakah aku?

Temukan bilangannya sebanyak mungkin.

Bagaimana kamu menemukan jawabannya?

 

Alternatif Jawaban:

Berikut cara-cara untuk menemukan jawaban:

1. Aku adalah bilangan antara 6.000.000 dan 7.000.000 artinya angka yang menempati posisi jutaannya harus angka 6

2. Aku adalah bilangan ganjil, artinya satuannya harus bilangan ganjil yaitu 1, 3, 5, 7, 9

3. Angka ribuanku semuanya sama artinya angka yang menempati ribuan, puluh ribuan, ratus ribuan harus angka yang sama

4. Angka dasarku semuanya sama artinya angka yang menempati ratusan, puluhan dan satuan harus angka yang sama yaitu angka ganjil (1, 3, 5, 7, 9)

5.  Jumlah seluruh angkaku adalah 30 artinya angka-angka penyusun bilangan itu berjumlah 30

6. Jadi bilangan tersebut haruslah berbentuk  = 6.xxx.yyy dengan  y bilangan ganjil dan 6 + x + x + x + y + y + y = 30

 

Sehingga :

3x + 3y = 30 – 6 

3x + 3y = 24 ==> kedua ruas bagi 3

x + y = 8

x = 8 – y

 

Maka :

jika y = 1 maka x = 8 – 1 = 7

jika y = 3 maka x = 8 – 3 = 5

jika y = 5 maka x = 8 – 5 = 3

jika y = 7 maka x = 8 – 7 = 1

jika y = 9 maka x = 8 – 9 = –1 (bilangan negative sehingga ytidak digunakan)

Jadi bilangan-bilangan tersebut adalah

6.777.111

6.555.333

6.333.555

6.111.777 

(Sumber jawaban : Tribunnews)

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Diskusikan jawabanmu dengan teman kelompokmu. Apakah hasilnya ada yang berbeda?

 

Demikian penyajian Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 Halaman 18, 19, 20, 21 : Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 2 Subtema 1. Semoga bemanfaat!!!

0 Comments

Post a Comment