#3 Level Kognitif Soal yang Harus Dipahami Guru

Level Kognitif Dalam Pembuatan Soal : Sahabat pembelajar, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan level kognitif? Level kognitif yaitu tingkat kemampuan peserta didik secara individual maupun juga kelompok yang dapat dijabarkn dalam tiga tingkatan kognitif.

- Level 1 menunjukkan tingkat kemampuan yang rendah yang meliputi pengetahuan dan pemahaman (knowing).

- Level 2 menunjukkan tingkat kemampuan yang lebih tinggi yang meliputi penerapan (applying).

- Level 3 menunjukkan tingkat kemampuan tinggi yang meliputi penalaran (reasoning). Pada level ke-3 ini termasuk tingkat kognitif analisis, sintesis, dan evaluasi.

 

Perspektif level kognitif berdasarkan teori Benjamin S. Bloom, yaitu:

Level 1 : Menghafal/Mengingat (C1) dan Memahami (C2).

Level 2 : Mengaplikasikan/Implementasi (C3).

Level 3 : Analisis (C4), Evaluasi (C5), dan Membuat (C6).

 

3 Level Kognitif yang Wajib Dipahami oleh Guru

Level 1 : Peserta pada level ini memiliki kemampuan standar minimum dalam menguasai pelajaran (Knowing)

  • Memperlihatkan ingatan dan pemahaman dasar terhadap materi pelajaran dan dapat membuat generalisasi yang sederhana.
  • Menunjukkan tingkatan dasar dalam pemecahan masalah dalam pembelajaran, paling tidak dengan satu cara.
  • Memperlihatkan pemahaman dasar terhadap grafik-grafik, label-label, dan materi visual lainnya.
  • Mengkomunikasikan fakta-fakta dasar dengan menggunakan terminologi yang sederhana.

 

Level 2 : Peserta didik pada level ini memiliki kemampuan aplikatif (Applying).

  • Memperlihatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap materi pelajaran dan dapat mengaplikasikan gagasan-gagasan dan konsep-konsep dalam konteks tertentu.
  • Menginterpretasi dan menganalisis informasi dan data.
  • Memecahkan masalah-masalah rutin dalam pelajaran.
  • Menginterpretasi grafik-grafik, tabel-tabel, dan materi visual lainnya.
  • Mengkomunikasikan dengan jelas dan terorganisir penggunaan terminologi.

 

Level 3 : Peserta didik pada level ini memiliki kemampuan penalaran dan logika (Reasoning).

  • Memperlihatkan pengetahuan dan pemahaman yang luas terhadap materi pelajaran. Selain itu dapat menerapkan gagasan-gagasan dan konsep-konsep dalam situasi yang familiar, maupun dengan cara yang berbeda.
  • Menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi gagasan-gagasan dan informasi yang faktual.
  • Menjelaskan hubungan konseptual dan informasi yang faktual.
  • Menginterpretasi dan menjelaskan gagasan-gagasan yang kompleks dalam pelajaran.
  • Mengekspresikan gagasan-gagasan nyata dan akurat dengan menggunakan terminologi yang benar.
  • Memecahkan masalah dengan berbagai cara dan melibatkan banyak variabel.
  • Mendemonstrasikan pemikiran-pemikiran yang original.

 

Contoh Daftar Kata Kerja Ranah Kognitif (C1 - C6)

Level Kognitif Soal yang Harus Dipahami


Pengetahuan (Cl) : Mengutip, Menyebutkan, Menjelaskan, Menggambar, Membilang, Mengidentiflkasi, Mendaftar, Menunjukkan, Memberi label, Memberi indek, Memasangkan, Menamai, Menandai, Membaca, Menyadap, Menghafal, Menim, Mencatat, Mengulang, Mereproduksi, Meninjau, Memilih, Menyatakan, Mempelajari, Mentabulasi, Memberi kode, Menelusuri, Menulis.

 

Pemahaman (C2) : Memperkirakan, Menjelaskan, Mengkategorikan,Mencirikan, Merinci, Mengasosiasikan, Membandingkan, Menghitung, Mengkontrasikan, Mengubah, Mempertahankan, Menguraikan, Menjalin, Membedakan, Mendiskusikan, Menggali, Mencontohkan, Menerangkan, Mengemukakan, Mempolakan, Memperluas, Menyimpulkan, Meramalkan, Merangkum, Menjabarkan.

 

Penerapan (C3) : MenugaskanMengurutkan, Menentukan, Menerapkan, Menyesuaikan, Mengkalkulasi, Memodifikasi, Mengklasifikasi, Menghitung, Membangun, Mengurutkan, Membiasakan, Mencegah, Menentukan, Menggambarkan, Menggunakan, Menilai, Melatih, Menggali, Mengemukakan, Mengadaptasi, Menyelidiki, Mengoperasikan, Mempersoalkan, Mengkonsepkan.

 

Analisis (C4) : Menganalisis, Mengaudit, Memecahkan, Menegaskan, Mendeteksi, Mendiagnosis, Menyeleksi, Memerinci, Menominasikan, Mendiagramkan,Mengkorelasikan, Merasionalkan, Menguji, Mencerahkan, Menjelajah, Membagankan, Menyimpulkan, Menemukan, Menelaah.

 

Sintesis (C5) : Mengabstraksi, Mengatur, Menganimasi, Mengumpulkan, Mengkategorikan, Mengkode, Mengkombinasikan, Menyusun, Mengarang, Membangun, Menanggulangi, Menghubungkan, Menciptakan, Mengkreasikan, Mengoreksi, Merancang, Merencanakan, Mendikte, Meningkatkan, Memperjelas, Memfasilitasi, Membentuk, Merumuskan, Menggeneralisasi, Menggabungkan, Memadukan, Membatasi, Mereparasi, Menampilkan, Menyiapkan, Memproduksi, Merangkum, Merekonstruksi.

 

Penilaian (C6) : Membandingkan, Menyimpulkan, Menilai, Mengarahkan, Mengkritik, Menimbang, Memutuskan, Memisahkan, Memprediksi, Memperjelas, Menugaskan, Menafsirkan, Mempertahankan, Memerinci, Mengukur, Merangkum, Membuktikan, Memvalidasi, Mengetes, Mendukung, Memilih, Memproyeksikan.

 

Demikian yang kami sajikan artikel tentang 3 Level Kognitif Soal yang Harus Dipahami yang berisi, Perspektif level kognitif berdasarkan teori Benjamin S. Bloom, dan Contoh Daftar Kata Kerja Ranah Kognitif (C1 - C6). Semoga bermanfaat!!!

 

Referensi:

https://bertema.com/3-level-kognitif-yang-wajib-dipahami-guru

https://www.gurnulis.id/2021/03/level-kognitif-penyusunan-soal-ulangan.html

https://www.tripven.com/level-kognitif/

https://tambahpinter.com/level-kognitif-dalam-penyusunan-soal/

https://www.liputan6.com/citizen6/read/3874397/3-kata-kerja-operasional-kurikulum-2013-lengkap-dengan-contohnya

https://ainamulyana.blogspot.com/2017/11/level-kognitif-pada-kisi-kisi-soal.html

0 Comments

Post a Comment