Level Kognitif Dalam Pembuatan Soal : Sahabat pembelajar, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan level kognitif? Level kognitif yaitu tingkat kemampuan peserta didik secara individual maupun juga kelompok yang dapat dijabarkn dalam tiga tingkatan kognitif.
- Level 1 menunjukkan tingkat kemampuan
yang rendah yang meliputi pengetahuan dan pemahaman (knowing).
- Level 2 menunjukkan tingkat kemampuan
yang lebih tinggi yang meliputi penerapan (applying).
- Level 3 menunjukkan tingkat kemampuan tinggi
yang meliputi penalaran (reasoning). Pada level ke-3 ini termasuk tingkat
kognitif analisis, sintesis, dan evaluasi.
Perspektif level kognitif berdasarkan
teori Benjamin S. Bloom, yaitu:
Level 1 : Menghafal/Mengingat (C1) dan
Memahami (C2).
Level 2 : Mengaplikasikan/Implementasi
(C3).
Level 3 : Analisis (C4), Evaluasi (C5),
dan Membuat (C6).
3 Level Kognitif yang Wajib Dipahami oleh
Guru
Level 1 : Peserta pada level ini memiliki
kemampuan standar minimum dalam menguasai pelajaran (Knowing)
- Memperlihatkan ingatan dan pemahaman dasar terhadap materi pelajaran dan dapat membuat generalisasi yang sederhana.
- Menunjukkan tingkatan dasar dalam pemecahan masalah dalam pembelajaran, paling tidak dengan satu cara.
- Memperlihatkan pemahaman dasar terhadap grafik-grafik, label-label, dan materi visual lainnya.
- Mengkomunikasikan fakta-fakta dasar dengan menggunakan terminologi yang sederhana.
Level 2 : Peserta didik pada level ini
memiliki kemampuan aplikatif (Applying).
- Memperlihatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap materi pelajaran dan dapat mengaplikasikan gagasan-gagasan dan konsep-konsep dalam konteks tertentu.
- Menginterpretasi dan menganalisis informasi dan data.
- Memecahkan masalah-masalah rutin dalam pelajaran.
- Menginterpretasi grafik-grafik, tabel-tabel, dan materi visual lainnya.
- Mengkomunikasikan dengan jelas dan terorganisir penggunaan terminologi.
Level 3 : Peserta didik pada level ini
memiliki kemampuan penalaran dan logika (Reasoning).
- Memperlihatkan pengetahuan dan pemahaman yang luas terhadap materi pelajaran. Selain itu dapat menerapkan gagasan-gagasan dan konsep-konsep dalam situasi yang familiar, maupun dengan cara yang berbeda.
- Menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi gagasan-gagasan dan informasi yang faktual.
- Menjelaskan hubungan konseptual dan informasi yang faktual.
- Menginterpretasi dan menjelaskan gagasan-gagasan yang kompleks dalam pelajaran.
- Mengekspresikan gagasan-gagasan nyata dan akurat dengan menggunakan terminologi yang benar.
- Memecahkan masalah dengan berbagai cara dan melibatkan banyak variabel.
- Mendemonstrasikan pemikiran-pemikiran yang original.
Contoh Daftar Kata Kerja Ranah Kognitif
(C1 - C6)
Pengetahuan (Cl)
: Mengutip, Menyebutkan, Menjelaskan, Menggambar, Membilang, Mengidentiflkasi,
Mendaftar, Menunjukkan, Memberi label, Memberi indek, Memasangkan, Menamai,
Menandai, Membaca, Menyadap, Menghafal, Menim, Mencatat, Mengulang,
Mereproduksi, Meninjau, Memilih, Menyatakan, Mempelajari, Mentabulasi, Memberi
kode, Menelusuri, Menulis.
Pemahaman (C2)
: Memperkirakan, Menjelaskan, Mengkategorikan,Mencirikan, Merinci,
Mengasosiasikan, Membandingkan, Menghitung, Mengkontrasikan, Mengubah,
Mempertahankan, Menguraikan, Menjalin, Membedakan, Mendiskusikan, Menggali,
Mencontohkan, Menerangkan, Mengemukakan, Mempolakan, Memperluas, Menyimpulkan,
Meramalkan, Merangkum, Menjabarkan.
Penerapan (C3)
: MenugaskanMengurutkan, Menentukan, Menerapkan, Menyesuaikan, Mengkalkulasi,
Memodifikasi, Mengklasifikasi, Menghitung, Membangun, Mengurutkan, Membiasakan,
Mencegah, Menentukan, Menggambarkan, Menggunakan, Menilai, Melatih, Menggali,
Mengemukakan, Mengadaptasi, Menyelidiki, Mengoperasikan, Mempersoalkan,
Mengkonsepkan.
Analisis (C4)
: Menganalisis, Mengaudit, Memecahkan, Menegaskan, Mendeteksi, Mendiagnosis,
Menyeleksi, Memerinci, Menominasikan, Mendiagramkan,Mengkorelasikan,
Merasionalkan, Menguji, Mencerahkan, Menjelajah, Membagankan, Menyimpulkan,
Menemukan, Menelaah.
Sintesis (C5)
: Mengabstraksi, Mengatur, Menganimasi, Mengumpulkan, Mengkategorikan,
Mengkode, Mengkombinasikan, Menyusun, Mengarang, Membangun, Menanggulangi,
Menghubungkan, Menciptakan, Mengkreasikan, Mengoreksi, Merancang, Merencanakan,
Mendikte, Meningkatkan, Memperjelas, Memfasilitasi, Membentuk, Merumuskan,
Menggeneralisasi, Menggabungkan, Memadukan, Membatasi, Mereparasi, Menampilkan,
Menyiapkan, Memproduksi, Merangkum, Merekonstruksi.
Penilaian (C6)
: Membandingkan, Menyimpulkan, Menilai, Mengarahkan, Mengkritik, Menimbang,
Memutuskan, Memisahkan, Memprediksi, Memperjelas, Menugaskan, Menafsirkan,
Mempertahankan, Memerinci, Mengukur, Merangkum, Membuktikan, Memvalidasi,
Mengetes, Mendukung, Memilih, Memproyeksikan.
Demikian yang kami sajikan artikel tentang
3 Level Kognitif Soal yang Harus Dipahami yang berisi, Perspektif level
kognitif berdasarkan teori Benjamin S. Bloom, dan Contoh Daftar Kata Kerja
Ranah Kognitif (C1 - C6). Semoga bermanfaat!!!
Referensi:
https://bertema.com/3-level-kognitif-yang-wajib-dipahami-guru
https://www.gurnulis.id/2021/03/level-kognitif-penyusunan-soal-ulangan.html
https://www.tripven.com/level-kognitif/
https://tambahpinter.com/level-kognitif-dalam-penyusunan-soal/
https://www.liputan6.com/citizen6/read/3874397/3-kata-kerja-operasional-kurikulum-2013-lengkap-dengan-contohnya
https://ainamulyana.blogspot.com/2017/11/level-kognitif-pada-kisi-kisi-soal.html
0 Comments
Post a Comment