Belajar Matematika Kelas 5 SD - Cara Mengubah Pecahan Desimal ke Pecahan Biasa Disertai Soal Latihannya

Assalamualaikum! Salam sukses untuk kita semuanya! Kali ini saya akan menyajikan bahan pembelajaran Pelajaran Matematika untuk kelas 5 SD yakni cara mengubah pecahan desimal menjadi pecahan biasa. Hal ini merupakan kelanjutan dari materi pembelajaran sebelumnya yakni Cara Mengubah Pecahan Campuran menjadi Pecahan Biasa maupun juga Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Campuran.

Sebagaimana yang telah dijelaskan juga bahwa Pecahan Desimal merupakan salah satu dari Jenis-jenis Pecahan. Dimana, pecahan desimal ini adalah suatu pecahan yang ditandai dengan tanda koma. 
bahan pembelajaran Pelajaran Matematika untuk kelas 5 SD yakni cara mengubah pecahan desimal menjadi pecahan biasa

Lalu, bagaimanakah caranya untuk mengubah pecahan desimal menjadi pecahan biasa? Untuk mengubahnya tidaklah sulit, yakni adik-adik silahkan ikuti langkah-langkah dalam pengerjaan dalam mengubah dari pecahan desimal menjadi pecahan yang biasa.
  • Langkah pertama: tulislah angka bilangannya yang terdapat pada pembilang dan tanpa diikuti dengan tanda koma (,), tapi diikuti dengan tanda per (/).
  • Langkah kedua: Untuk langkah yang kedua ini adalam menentukan penyebutnya, yakni jika satu angka yang ada di belakang koma maka penyebutnya adalah 10 ; jika dua angka yang ada di belakang koma maka penyebutnya adalah 100 ; jika tiga angka yang ada di belakang koma maka penyebutnya adalah 1000; dan seterusnya.
  • Langkah ketiga: Jika masih bisa disederhanakan, maka sederhanakanlah bilangan pada bentuk pecahan yang telah diperoleh tersebut.


Contoh Soal:
1. Pecahan biasa dari 0,5 adalah ....
Pembahasan:

0,5 merpakan pecahan desimal yang memiliki satu angka di belakang koma, yang penyebutnya adalah 10. Sehingga, 0,5 jika diubah ke pecahan biasa menjadi 5/10 yang disederhanakan lagi menjadi 1/2.

2. Pecahan biasa dari 0,25 adalah ...
Pembahasan:

0,25 merupakan pecahan desimal yang mempunyai dua angka di belakang koma, yang penyebutnya adalah menjadi 100. Sehingga, 0,25 jika diubah ke pecahan biasa menjadi 25/100 yang disederhanakan lagi menjadi 1/4.

3. Pecahan biasa dari 0,456 adalah ...
Pembahasan:

0,456 merupakan pecahan desimal yang mempunyai dua angka dibelakang koma, yang penyebutnya yakni 1000. Sehingga, 0,456 jika diubah ke pecahan biasa menjadi 456/1000.

Nah, selanjutnya silahkan adik-adik kerjakan soal latihan tentang mengubah pecahan desimal menjadi pecahan biasa. Hal itu guna meningkatkan pemahaman kalian dalam materi tersebut.

Latihan 1
Ubahlah pecahan desimal berikut menjadi pecahan biasa!
1. Bentuk pecahan biasa dari 0,4 adalah ....
2. Bentuk pecahan biasa dari 1,5 adalah ....
3. Bentuk pecahan biasa dari 2,6 adalah ....
4. Bentuk pecahan biasa dari 5,8 adalah ....
5. Bentuk pecahan biasa dari 0,52 adalah ....
6. Bentuk pecahan biasa dari 2,35 adalah ....
7. Bentuk pecahan biasa dari 4,75 adalah ....
8. Bentuk pecahan biasa dari 0,234 adalah ....
9. Bentuk pecahan biasa dari 3,284 adalah ....
10. Bentuk pecahan biasa dari 0,025 adalah ....

Demikian yang bisa saya sajikan terkait dengan Bahan untuk Belajar Matematika Kelas 5 SD tentang Cara Mengubah Pecahan Desimal ke Pecahan Biasa Disertai Soal Latihannya. Semoga bermanfaat...

Salam sukses!!!

Dede Taufik

0 Comments

Post a Comment