Belajar Matematika Kelas 5 SD Tentang Jenis-jenis Pecahan - Pecahan Biasa, Pecahan Campuran, Desimal, Persen, dan Permil

Assalamualaikum..., sebagai bahasan awal dalam penyajian materi pembelajaran di Tahun 2019 ini saya akan menyajikan materi pelajaran Matematika yakni tentang pecahan. Dimana ada beberapa jenis pecahan yang diantaranya adalah Pecahan Biasa, Pecahan Campuran, Desimal, Persen, dan Permil.

Pada kesempatan ini pun juga saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan Pecahan Biasa, apa yang dimaksud dengan Pecahan Campuran, apa yang dimaksud dengan Desimal, apa yang dimaksud dengan Persen, dan juga apa yang dimaksud dengan Permil. Oke, tanpa panjang lebar. Sekarang, silahkan adik-adik simak penjelasan berikut ini.

materi pelajaran Matematika yakni tentang pecahan. Dimana ada beberapa jenis pecahan yang diantaranya adalah Pecahan Biasa, Pecahan Campuran, Desimal, Persen, dan Permil.
Sumber gambar : Wikipedia

1. Pecahan Biasa
Apa itu pecahan biasa adik-adik? ya benar, pecahan biasa adalah pecahan yang terdiri dari pembilang dan juga penyebut.
Mampukah adik-adik menyebutkan contoh pecahan biasa? Saya yakin adik-adik sudah mampu. Namun jika belum, saya akan berikan beberapa contoh dari pecahan biasa.
Contoh pecahan biasa adalah 2/5 ; 3/4 ; 4/7 ; 35/100 ; dan seterusnya.
Kita ambil contoh salah satunya yang 2/5. Pada pecahan biasa 2/5, yang dimaksud dengan pembilangnya adalah 2 dan yang dimaksud dengan penyebutnya adalah 5.

2. Pecahan Campuran
Apa itu pecahan campuran? Mungkin dari sebagian adik-adik ada yang masih belum tahu apa itu yang dimaksud dengan pecahan campuran. Pecahan campuran adalah pecahan yang terdiri dari bilangan bulat, pembilang, dan juga penyebut.
Contoh pecahan campuran adalah 2 1/5 ; 3 1/3 ; 1 3/4 ; dan seterusnya.
Nah, kita coba ambil salah satu contohnya saja yakni pecahan campuran 2 1/5. Dimana, 2 merupakan bilangan bulat, 1 merpakan pembilang, dan 5 merupakan penyebut.

3. Desimal
Apa kiranya adik-adik yang dimaksud dengan pecahan desimal? Ada yang sudah tahu? Pastinya kalian sudah tau, karena saya yakin kalian adalah anak-anak yang pintar. Namun, jika ada yang belum tahu saya akan berikan sedikit penjelasan beserta dengan contohnya.
Pecahan desimal adalah pecahan yang ditandai dengan koma (,).
Contoh pecahan desimal adalah 1,2 ; 3,4 ; 2,8 ; 4,9 ; dan seterunya.
Kita coba ambil satu contoh saja yakni 1,2 yang dibacanya adalah satu koma dua.

4. Persen
Jenis pecahan yang keempat adalah persen. Adik-adik tahu persen? Yang suka ikut belanja sama orangtuanya, biasnya di toko mudah sekali menemukan yang berhubungan dengan persen ini.
Lambang persen adalah "%". Contoh misalnya 25%, dibaca dua puluh lima persen.

5. Permil
Sementara jenis pecahan yang terakhir adalah permil. Permil itu adalah perseribu. Dimana lambang permil adalah "‰".
Contoh pecahan permil adalah 23‰ ; 34‰ ; 12‰ ; 28‰ ; dan seterusnya.
Kita coba ambil salah satu contohnya yakni 23‰ yang dibaca dua puluh tiga permil.

Demikian yang bisa saya sampaikan berkaitan dengan bahan pembelajaran Matematika di Kelas 5 SD Tentang Pecahan yang terdiri dari Pecahan Biasa, Pecahan Campuran, Desimal, Persen, dan Permil.

Salam sukses!!!

Dede Taufik

0 Comments

Post a Comment