Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 2 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 2 kelas 2 halaman 157 sampai halaman 167 Pembelajaran 6 Tema 2 Bermain di Lingkunganku, Subtema 3 Bermain di Lingkungan Sekolah.
Masih
ingatkah kamu dengan kebiasaan Beni? Ya, ia biasa bekerja sama dalam permainan.
Ayo
Mengamati
Amatilah gambar berikut dengan cermat!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
-
Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 2 Halaman 157
Apa
saja yang dilakukan Beni bersama teman-temannya?
Alternatif
Jawaban: Beni bersama temannya sedang bermain sepak bola.
Pernahkah
kamu melakukan permainan seperti yang dilakukan Beni di sekolahmu?
Alternatif
Jawaban: Saya pernah bermain sepak bola. (Disesuaikan)
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
-
Ayo
Membaca
Bacalah
teks percakapan berikut dengan cermat!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
-
Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 2 Halaman 160
Apa
isi teks percakapan tersebut?
Alternatif
Jawaban: Tata tertib permainan sepak bola.
Coba kamu perankan di depan kelas!
Temanmu akan menanggapi penampilanmu secara
sederhana.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
-
Apa yang kamu ketahui tentang sepak
bola? Coba ceritakan apa yang kamu ketahui tentang sepak bola! Bacalah teks
berikut dengan lancar!
Sepak
Bola
Beni gemar bermain sepak bola. Satu tim
sepak bola terdiri atas 11 orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan.
Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan menendang
bola ke gawang lawan.
Sepak bola dimainkan di lapangan rumput
yang berbentuk persegi panjang. Hanya penjaga gawang saja yang berhak menyentuh
bola dengan tangan di dalam daerah gawangnya. Sepuluh pemain lainnya diizinkan menggunakan seluruh
tubuhnya selain tangan.
Tim yang mencetak gol paling banyak pada
akhir pertandingan adalah pemenangnya. Jika hingga waktu berakhir skornya masih
imbang, dapat dilakukan undian, perpanjangan waktu, atau adu penalti. Wasit menggunakan
peluit untuk memulai permainan, pelanggaran, dan akhir permainan.
Samakah yang kamu ceritakan dengan isi
teks yang telah kamu baca tentang sepak bola?
Ayo
Berdiskusi
Diskusikan dengan temanmu makna kata
berikut! Tambahkan jika masih ada kata yang belum dipahami.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
-
Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 2 Halaman 161
Alternatif
Jawaban:
-
Tim
maknanya adalah kelompok yang terdiri dari gabungan individual yang memiliki
tujuan untuk memenangkan pertandingan dan menghasilkan kinerja yang lebih baik
daripada permainan secara individu.
-
Inti
maknanya adalah anggota dari tim yang diandalkan atau diberi kepercayaan lebih
sehingga menjadi acuan dalam pertandingan-pertandingan tertentu.
-
Gol
maknanya adalah masuknya bola ke dalam gawang baik gawang lawan maupun gawang
sendiri.
- Gawang
maknanya adalah sesuatu yang dibuat dari jaring dan tiang gawang guna
menentukan proses gol atau tidak sebuah pertandingan.
-
Penalti maknanya adalah tendangan yang dilakukan di titik
yang berjarak 11 meter dari gawang yang terjadi karena terdapat pelanggaran
atau handsball di dalam kotak penalti oleh pemain sendiri.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
-
Buatlah kalimat dengan menggunakan
kata-kata tersebut!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
-
Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 2 Halaman 162
Alternatif
Jawaban:
1. Tim yang kerjasamanya bagus akan
memenangkan pertandingan.
2. Beni termasuk pemain inti dalam tim
sepak bola.
3. Beni mencetak gol paling banyak dalam
pertandingan sepak bola.
4. Penjaga gawang terbaik diberikan
hadiah.
5. Adu penalti dilakukan karena skornya
tetap imbang.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
-
Ayo
Mencoba
Lakukanlah pengamatan sederhana berikut!
Keragaman
Benda dalam Permainan Sepak Bola
Alat
dan bahan: peluit, bola, dan kartu.
Petunjuk:
1. Sediakan alat dan bahan!
2. Amatilah bahan satu per satu!
3. Isilah titik-titik di bawah!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
-
Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 2 Halaman 163
Alternatif
Jawaban:
Hasil pengamatan:
1. Nama benda : Peluit
Ciri-ciri benda : digunakan dengan cara ditiup,
berisi bola-bola kecil, memiliki lubang, biasa digunakan dalam beberapa
permainan misalnya sepak bola oleh wasit.
Bentuk benda: tabung
2. Nama benda : Bola
Ciri-ciri benda : bola bentuknya bulat, bagian
dalamnya kosong dan berisi angin, bola sangat penting dalam permainan sepak
bola.
Bentuk benda : bulat
3. Nama benda : Kartu
Ciri-ciri benda : Terbuat dari kertas
maupun plastik. Bentuknya tipis, warnanya bervarisi. Digunakan oleh wasit.
Bentuk benda: Tipis dan persegi panjang.
Berdasarkan
pengamatan dapat disimpulkan bahwa: Bola, peluit, dan
kartu merupakan benda penting dalam permainan sepak bola.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
-
Setelah melakukan pengamatan, coba
ceritakan hasil pengamatanmu ke depan kelas!
Berikan tanggapan sederhana terhadap
hasil pengamatan temanmu!
Dalam perlombaan sepak bola, jumlah
pemain inti sebanyak 88 orang. Berapa jumlah tim yang mengikuti perlombaan?
Jawab: 88 − 11 − 11 − 11 − 11 − 11 − 11
− 11 − 11 = 0
88 : 11 = 8
Jadi, banyak tim yang mengikuti
perlombaan sebayak 8 tim.
Paman Beni sering terlibat dalam
kepanitiaan perlombaan sepak bola. Beliau bertindak sebagai koordinator
perlengkapan.Berikut banyak bola yang dibutuhkan untuk dibagikan ke beberapa
lokasi. Bantulah paman Beni untuk menghitungnya! Kemudian, ubah ke bentuk
perkalian!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
-
Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 2 Halaman 164
Bantulah paman Beni untuk menghitungnya!
Kemudian, ubah ke bentuk perkalian!
1) 27 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 −
3 = 0
27 : 9 = 3 karena 3 × 9 = 27
2) 30 − 2 − 2 − 2 − 2 − 2 − 2 − 2 − 2 −
2 − 2 − 2 − 2 − 2 − 2 − 2 = 0
30 : 2 = 15 karena 15 × 2 = 30
3) 32 − 8 − 8 − 8 − 8 = 0
32 : 8 = 4 karena 4 × 8 = 32
4) 33 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 −
3 − 3 − 3 = 0
33 : 3 = 11 karena 11 × 3 = 33
5) 36 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 − 3 −
3 − 3 − 3 − 3 = 0
36 : 3 = 12 karena 12 × 3 = 36
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
-
Ayo
Berlatih
Ayo,
kita coba bilangan lainnya!
Berikut data banyak bola dan keranjang
yang digunakan. Gunakan tabel pembagian!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
-
Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 2 Halaman 166
1. 16 : 2 = 8
2. 21 : 3 = 7
3. 32 : 4 = 8
4. 35 : 5 = 7
5. 48 : 6 = 8
Perhatikan
contoh berikut! Isilah titik-titik berikut dengan bilangan yang tepat!
Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 2 Halaman 167
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
-
Baca juga: Kumpulan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Semester 1 dan Semester 2
Kerja
Sama dengan Orang Tua
Orang tua membimbing siswa untuk
menjelaskan manfaat tata tertib dalam kehidupan sehari-hari di sekolah serta
akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan tata tertib di sekolah.
Demikian yang dapat kami sajikan berkaitan
dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 Halaman
157, Halaman 160, Halaman 161, Halaman 162, Halaman 163, Halaman 164, Halaman
166, Halaman 167 Bermain di Lingkunganku Pembelajaran 6 Subtema
3 Bermain di Lingkungan Sekolah. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!
Referensi:
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 2 – Bermain di
Lingkunganku
0 Comments
Post a Comment