Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 3 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 3 kelas 3 halaman 22 sampai halaman 31 Pembelajaran 3 Tema 3 Benda di Sekitarku, Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku.
Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 13, 14, 15,17, 18 : Benda di Sekitarku Pembelajaran 2 Subtema 1
Bacalah
wacana di bawah ini!
Kertas
di Sekitar Kita
Banyak benda yang terbuat dari kertas.
Seperti buku tulis yang biasa digunakan. Contoh lain tisu, kardus, dan koran
juga terbuat dari kertas. Kayu adalah bahan dasar untuk membuat kertas.
Pembuatan kertas dilakukan secara bertahap di pabrik. Kayu-kayu besar dipotong
hingga sebesar korek api. Setelah itu, kayu dipanaskan hingga menjadi bahan
lunak seperti bubur. Bubur inilah yang disebut bubur kertas atau pulp.
Proses selanjutnya, pulp diberi pewarna
dan disaring hingga kandungan airnya habis. Pulp yang sudah kering meninggalkan
ampas berupa serat selulosa yang saling terkait. Kemudian, serat selulosa ini
digiling hingga pipih menjadi seukuran kertas yang diinginkan. Cobalah kamu
menulis di atas kaca. Apakah hasil
tulisanmu di atas kaca seperti di
kertas? Kertas memiliki sifat dapat menyerap air. Kertas dapat menyerap tinta
pulpen dengan baik. Dengan demikian, semua yang kamu tulis di kertas dapat
dibaca dengan jelas.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 23 Subtema 1 Pembelajaran 3
Perhatikan benda-benda di sekitarmu!
Tuliskan nama benda yang terbuat dari kertas!
Alternatif
Jawaban: Buku, majalah, kalender, kardus, koran, undangan,
tisu, dll.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Ayo
Berdiskusi
Sebuah fakta menunjukkan kalau kita
menghemat 1 ton kertas, berarti kita menghemat 13 batang pohon besar. Fakta
yang luar biasa! Apa yang bisa kita lakukan untuk menghemat kertas?
(Sumber:
www. Kidnesia.com)
Udin dan teman-temannya berpendapat
tentang menghemat kertas. Bacalah pendapat berikut!
Diskusikan secara berkelompok. Apa yang
dapat kamu lakukan untuk menghemat kertas? Tuliskan hasil diskusi kelompokmu.
Perhatikan penggunaan huruf besar dan tanda baca yang tepat!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 25 Subtema 1 Pembelajaran 3
Alternatif
Jawaban:
Dalam upaya menghemat kertas saya
menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan memanfaatkan kertas yang masih bisa
digunakan.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Ayo
Mencoba
Kamu telah membaca wacana di atas.
Wacana tentang “Kertas di Sekitar Kita”.
Carilah arti kata berikut dengan tepat!
Kamu dapat bertanya kepada gurumu. Kamu juga dapat mencari di kamus Bahasa Indonesia.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 26 Subtema 1 Pembelajaran 3
Alternatif
Jawaban:
• Selulosa
: Polisakarida yang dihasilkan oleh sitoplasma sel tanaman yang membentuk
dinding sel.
•
Lunak : lembut, empuk
• Molekul
: Bagian terkecil senyawa yang terbentuk dari kumpulan atom yang terikat secara
kimia, bagian terkecil senyawa yang masih sanggup memperlihatkan sifat-sifat
dari senyawa itu.
•
Ampas : Sisa barang yang telah diambil sarinya atau patinya
• Pulp
: Daging buah biji; campuran bahan selulosa, seperti kayu, kertas, kain
bekas yang dilumatkan dan dimasukkan ke dalam air untuk membuat kertas; bubur
kertas.
•
Pipih : Tipis rata
• Menyerap
: Masuk ke dalam melalui liang renik (terutama tentang barang cair); meresap;
merembes
• Kardus
: Karton
• Serat
: Sendat; tidak licin; tidak lancar.
• Menggiling
: Melumatkan (memipihkan) sesuatu dengan anak batu giling dan batu giling;
melumatkan dengan mesin giling.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 27 Subtema 1 Pembelajaran 3
Buatlah
kalimat dengan menggunakan kosakata di atas!
- Lambung hewan ruminansia mengalami
modifikasi untuk membantu mereka dalam mencerna makanan yang kaya akan zat
selulosa.
- Setelah direbut ubi akan menjadi
lunak.
- Molekul merupakan bagian terkecil dari
senyawa.
- Ayah memberi makan ikan dengan ampas tahu.
- Pulp sebagai bahan dasar dalam membuat
kertas.
- Piring kesukaan Beni berbentuk pipih.
- Gunakan pakaian yang menyerap keringat
saat cuaca panas.
- Beni membuat mainan dari kardus bekas.
- Serat kapas digunakan sebagai bahan
pembuat sandang.
- Para petani sedang menggiling biji
kopi.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Ayo
Bernyanyi
Kertas dapat digunakan untuk menulis.
Apakah kertas juga dapat digunakan untuk membuat alat musik? Ternyata, tidak
dapat. Mengapa? Karena, alat musik sebagian besar terbuat dari kayu berpadu
dengan kulit hewan. Contohnya antara lain gendang. Cara memainkannya dengan
dipukul. Kamu dapat bernyanyi diiringi gendang atau dengan bertepuk tangan.
Bentuklah kelompok terdiri atas 4 atau 6
orang siswa. Setiap kelompok memilih dua jenis benda yang dapat menghasilkan
bunyi-bunyian. Berlatihlah untuk mengiringi lagu “Teka-Teki”. Lagu ini telah
dipelajari pada pembelajaran sebelumnya. Setiap kelompok akan mendapat giliran
untuk menampilkan kemampuannya. Setelah bergiliran, tampillah secara
bersama-sama! Lakukan dengan percaya diri!
Ayo
Berdiskusi
Bahan dasar kertas adalah kayu. Kayu berasal dari pohon. Perhatikan pohon-pohon yang dapat digunakan sebagai bahan dasar kertas! Perhatikan gambar di bawah ini!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 29 Subtema 1 Pembelajaran 3
Pohon manakah yang paling tinggi?
Bagaimana caramu mengukur tinggi suatu pohon?
Tinggi badanmu pasti berbeda dengan
temanmu. Apakah semua panjang atau tinggi benda dapat diukur dengan alat ukur
yang sama? Alat ukur panjang benda bermacam-macam. Kamu sudah mengenal beragam
alat ukur pada pembelajaran sebelumnya.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 30 Subtema 1 Pembelajaran 3
Jawablah
pertanyaan berikut!
1. Sebutkan satuan panjang yang telah
kamu ketahui!
Alternatif
Jawaban: kilometer, hektometer, dekameter, meter, desimeter,
sentimeter, milimeter.
2. Tuliskan alat ukur yang tepat untuk
mengukur benda-benda berikut! Diskusikan bersama temanmu!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Ayo
mencoba
Kamu sudah berdiskusi tentang alat ukur.
Alat ukur yang tepat untuk mengukur sesuatu. Coba lakukan kegiatan berikut ini!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 31 Subtema 1 Pembelajaran 3
1. Ukurlah tinggi badan lima orang
temanmu di kelas!
2. Tuliskan hasilnya pada tabel di bawah
ini. Gunakan satuan cm dalam pengukuranmu!
3. Urutkanlah hasil pengukuranmu!
Mulailah dari yang terpendek hingga yang tertinggi!
*Jawaban
disesuaikan
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kegiatan
Bersama Orang Tua
Orang tua bersama siswa melakukan
gerakan hemat kertas di rumah. Caranya menggunakan kertas di kedua sisinya pada
saat menulis. Selain itu, meng gunakan tisu seperlunya. Hal ini perlu bimbingan
orang tua.
Demikian yang dapat kami sajikan
berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 23,
Halaman 25, Halaman 26, Halaman 27, Halaman 29, Halaman 30, Halaman 31 Tema 3
Benda di Sekitarku Pembelajaran 3 Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku. Semoga
bermanfaat dan semoga sukses!!!
Referensi:
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 3 – Benda di
Sekitarku
0 Comments
Post a Comment