Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 23, 25, 26, 27, 29, 30, 31 : Subtema 1 Pembelajaran 3

Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 3 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 3 kelas 3 halaman 22 sampai halaman 31 Pembelajaran 3 Tema 3 Benda di Sekitarku, Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku.

Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 13, 14, 15,17, 18 : Benda di Sekitarku Pembelajaran 2 Subtema 1

 

Bacalah wacana di bawah ini!

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 23, 25, 26, 27, 29, 30, 31 : Subtema 1 Pembelajaran 3


Kertas di Sekitar Kita

Banyak benda yang terbuat dari kertas. Seperti buku tulis yang biasa digunakan. Contoh lain tisu, kardus, dan koran juga terbuat dari kertas. Kayu adalah bahan dasar untuk membuat kertas. Pembuatan kertas dilakukan secara bertahap di pabrik. Kayu-kayu besar dipotong hingga sebesar korek api. Setelah itu, kayu dipanaskan hingga menjadi bahan lunak seperti bubur. Bubur inilah yang disebut bubur kertas atau pulp.

Proses selanjutnya, pulp diberi pewarna dan disaring hingga kandungan airnya habis. Pulp yang sudah kering meninggalkan ampas berupa serat selulosa yang saling terkait. Kemudian, serat selulosa ini digiling hingga pipih menjadi seukuran kertas yang diinginkan. Cobalah kamu menulis di atas kaca. Apakah hasil

tulisanmu di atas kaca seperti di kertas? Kertas memiliki sifat dapat menyerap air. Kertas dapat menyerap tinta pulpen dengan baik. Dengan demikian, semua yang kamu tulis di kertas dapat dibaca dengan jelas.

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 23 Subtema 1 Pembelajaran 3

Perhatikan benda-benda di sekitarmu! Tuliskan nama benda yang terbuat dari kertas!

Alternatif Jawaban: Buku, majalah, kalender, kardus, koran, undangan, tisu, dll.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ayo Berdiskusi

Sebuah fakta menunjukkan kalau kita menghemat 1 ton kertas, berarti kita menghemat 13 batang pohon besar. Fakta yang luar biasa! Apa yang bisa kita lakukan untuk menghemat kertas?

(Sumber: www. Kidnesia.com)

 

Udin dan teman-temannya berpendapat tentang menghemat kertas. Bacalah pendapat berikut!

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 23, 25, 26, 27, 29, 30, 31 : Subtema 1 Pembelajaran 3

Diskusikan secara berkelompok. Apa yang dapat kamu lakukan untuk menghemat kertas? Tuliskan hasil diskusi kelompokmu. Perhatikan penggunaan huruf besar dan tanda baca yang tepat!

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 25 Subtema 1 Pembelajaran 3

Alternatif Jawaban:

Dalam upaya menghemat kertas saya menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan memanfaatkan kertas yang masih bisa digunakan.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ayo Mencoba

Kamu telah membaca wacana di atas. Wacana tentang “Kertas di Sekitar Kita”.

Carilah arti kata berikut dengan tepat! Kamu dapat bertanya kepada gurumu. Kamu juga dapat mencari di kamus Bahasa Indonesia.

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 26 Subtema 1 Pembelajaran 3

Alternatif Jawaban:

Selulosa : Polisakarida yang dihasilkan oleh sitoplasma sel tanaman yang membentuk dinding sel.

Lunak : lembut, empuk

Molekul : Bagian terkecil senyawa yang terbentuk dari kumpulan atom yang terikat secara kimia, bagian terkecil senyawa yang masih sanggup memperlihatkan sifat-sifat dari senyawa itu.

Ampas : Sisa barang yang telah diambil sarinya atau patinya

Pulp : Daging buah biji; campuran bahan selulosa, seperti kayu, kertas, kain bekas yang dilumatkan dan dimasukkan ke dalam air untuk membuat kertas; bubur kertas.

Pipih : Tipis rata

Menyerap : Masuk ke dalam melalui liang renik (terutama tentang barang cair); meresap; merembes

Kardus : Karton

Serat : Sendat; tidak licin; tidak lancar.

Menggiling : Melumatkan (memipihkan) sesuatu dengan anak batu giling dan batu giling; melumatkan dengan mesin giling.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 27 Subtema 1 Pembelajaran 3

Buatlah kalimat dengan menggunakan kosakata di atas!

- Lambung hewan ruminansia mengalami modifikasi untuk membantu mereka dalam mencerna makanan yang kaya akan zat selulosa.

- Setelah direbut ubi akan menjadi lunak.

- Molekul merupakan bagian terkecil dari senyawa.

- Ayah memberi makan ikan dengan ampas tahu.

- Pulp sebagai bahan dasar dalam membuat kertas.

- Piring kesukaan Beni berbentuk pipih.

- Gunakan pakaian yang menyerap keringat saat cuaca panas.

- Beni membuat mainan dari kardus bekas.

- Serat kapas digunakan sebagai bahan pembuat sandang.

- Para petani sedang menggiling biji kopi.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ayo Bernyanyi

Kertas dapat digunakan untuk menulis. Apakah kertas juga dapat digunakan untuk membuat alat musik? Ternyata, tidak dapat. Mengapa? Karena, alat musik sebagian besar terbuat dari kayu berpadu dengan kulit hewan. Contohnya antara lain gendang. Cara memainkannya dengan dipukul. Kamu dapat bernyanyi diiringi gendang atau dengan bertepuk tangan.

Bentuklah kelompok terdiri atas 4 atau 6 orang siswa. Setiap kelompok memilih dua jenis benda yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian. Berlatihlah untuk mengiringi lagu “Teka-Teki”. Lagu ini telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya. Setiap kelompok akan mendapat giliran untuk menampilkan kemampuannya. Setelah bergiliran, tampillah secara bersama-sama! Lakukan dengan percaya diri!

 

Ayo Berdiskusi

Bahan dasar kertas adalah kayu. Kayu berasal dari pohon. Perhatikan pohon-pohon yang dapat digunakan sebagai bahan dasar kertas! Perhatikan gambar di bawah ini!

 

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 23, 25, 26, 27, 29, 30, 31 : Subtema 1 Pembelajaran 3

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 29 Subtema 1 Pembelajaran 3

Pohon manakah yang paling tinggi? Bagaimana caramu mengukur tinggi suatu pohon?

Tinggi badanmu pasti berbeda dengan temanmu. Apakah semua panjang atau tinggi benda dapat diukur dengan alat ukur yang sama? Alat ukur panjang benda bermacam-macam. Kamu sudah mengenal beragam alat ukur pada pembelajaran sebelumnya.

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 23, 25, 26, 27, 29, 30, 31 : Subtema 1 Pembelajaran 3


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 30 Subtema 1 Pembelajaran 3

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Sebutkan satuan panjang yang telah kamu ketahui!

Alternatif Jawaban: kilometer, hektometer, dekameter, meter, desimeter, sentimeter, milimeter.

 

2. Tuliskan alat ukur yang tepat untuk mengukur benda-benda berikut! Diskusikan bersama temanmu!

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 23, 25, 26, 27, 29, 30, 31 : Subtema 1 Pembelajaran 3


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ayo mencoba

Kamu sudah berdiskusi tentang alat ukur. Alat ukur yang tepat untuk mengukur sesuatu. Coba lakukan kegiatan berikut ini!

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 31 Subtema 1 Pembelajaran 3

1. Ukurlah tinggi badan lima orang temanmu di kelas!

2. Tuliskan hasilnya pada tabel di bawah ini. Gunakan satuan cm dalam pengukuranmu!

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 23, 25, 26, 27, 29, 30, 31 : Subtema 1 Pembelajaran 3


3. Urutkanlah hasil pengukuranmu! Mulailah dari yang terpendek hingga yang tertinggi!

*Jawaban disesuaikan

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Kegiatan Bersama Orang Tua

Orang tua bersama siswa melakukan gerakan hemat kertas di rumah. Caranya menggunakan kertas di kedua sisinya pada saat menulis. Selain itu, meng gunakan tisu seperlunya. Hal ini perlu bimbingan orang tua.

 

Demikian yang dapat kami sajikan berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 23, Halaman 25, Halaman 26, Halaman 27, Halaman 29, Halaman 30, Halaman 31 Tema 3 Benda di Sekitarku Pembelajaran 3 Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!!!

 

Referensi:

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 3 – Benda di Sekitarku

0 Comments

Post a Comment