Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 4 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 3 kelas 4 halaman 7 sampai halaman 16 Pembelajaran 2 Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku.
Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 4 Halaman 2, 3, 4, 5, 6 : Peduli TerhadapMakhluk Hidup Pembelajaran 1 Subtema 1
Sebelumnya kamu sudah belajar tentang
tanaman padi. Betapa banyak manfaat padi. Sebagian besar orang Indonesia
menjadikan nasi sebagai makanan utama. Begitu juga Beni. Beni makan nasi
sebagai makanan pokoknya.
Ayo
Berdiskusi
Setiap hari Beni, Adik, dan kedua orang
tuanya selalu makan malam bersama. Di keluarga Beni semua orang diberi
kesempatan untuk mengambil nasi sendiri. Ibu Beni selalu berpesan, ambil
secukupnya.
Adik Beni, sering tidak menghabiskan
nasinya. Alasannya karena ia sudah kenyang. Sering kali Ibu mengingatkannya.
Namun, adik Beni belum juga mau menghabiskannya. Berbeda dengan adiknya, Beni
selalu menghabiskan makanannya. Dia selalu mengambil secukupnya.
Diskusikan dengan kelompokmu.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 7 dan 8 Subtema 1
Pembelajaran 2
1. Apa yang dilakukan adik Beni terhadap
makanannya? Jelaskan jawabanmu.
Alternatif
Jawaban: sering tidak menghabiskan nasinya dengan alasan
karena ia sudah kenyang.
2. Apa yang dilakukan Beni terhadap
makanannya? Jelaskan jawabanmu.
Alternatif
Jawaban: Beni selalu menghabiskan makanannya karena Dia
selalu mengambil secukupnya.
3. Manakah yang menurutmu telah bersikap
bijak terhadap makanan? Beni atau adiknya? Jelaskan jawabanmu.
Alternatif
Jawaban: Menurutku Beni yang telah bijak terhadap makanan
karena selalu mengambil nasi secukupnya dan menghabiskannya.
4. Ketika adik Beni membuang makanan,
siapa saja yang dia rugikan? Jelaskan jawabanmu.
Alternatif
Jawaban: Ketika adik Beni membuang makanan akan merugikan
ayah dan ibunya, karena ayah sudah susah payah mencari nafkah dan ibu sudah
susah payah memasak makanan. Selain itu, para petani pun dapat dirugikan karena
sudah susah payah dalam menanam padi.
5. Ketika adik Beni makan malam, apakah
dia sudah mendapatkan haknya? Jelaskan jawabanmu.
Alternatif
Jawaban:
Adik Beni sudah mendapatkan haknya
sebagai anak karena diberikan makan oleh orangtua dan bisa berkumpul untuk
makan malam bersama keluarga.
6. Ketika adik Beni membuang makanannya,
apakah dia sudah melaksanakan kewajibannya? Jelaskan jawabanmu.
Alternatif
Jawaban: Ketika adik Beni membuang makanannya dia belum dapat
melaksanakan kewajibannya yaitu menghabiskan makanan. Dan ia pun telah boros
dalam menggunakan energi karena makanan itu adalah salah satu sumber energi.
7.
Ketika Beni menghabiskan makanannya, apakah dia sudah melaksanakan
kewajibannya? Jelaskan jawabanmu.
Alternatif
Jawaban: Ketika Beni menghabiskan makanannya dia sudah
melaksanakan kewajibannya dalam menghabiskan makanan sebagai sikap bijak
terhadap makanan.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Tanaman mempunyai banyak manfaat untuk manusia. Selain untuk makanan, tanaman juga menghasilkan oksigen. Kita berhak menikmati manfaat dari tanaman. Namun, kita juga wajib untuk bijak menggunakannya. Salah satu cara bijak dalam menikmati manfaat dari tanaman adalah dengan tidak membuang-buang makanan. Bayangkan kalau semua orang seperti adik Beni, berapa banyak nasi yang terbuang sia-sia setiap hari? Berapa banyak sumber daya alam dan energi yang terbuang setiap hari? Bagaimana dengan kamu? Sudahkah kamu memanfaatkan makananmu dengan baik?
Berpikirlah Sebelum Kamu Membuangnya.
Perhatikan gambar berikut.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 9 Subtema 1 Pembelajaran 2
Berdasarkan gambar di atas diskusikan.
Apa
yang dilakukan orang pada gambar tersebut?
Alternatif
Jawaban:
Gambar A : Menebang pohon, Gambar B: Menanam
pohon, Gambar C: Merusak tanaman
Apakah
tindakan tersebut baik? Mengapa?
Alternatif
Jawaban:
Gambar A : Kurang baik, karena dapat
merusak lingkungan
Gambar B : Baik, karena dapat menjaga
kelestarian lingkungan
Gambar C : Tidak baik, karena dapat merusak
lingkungan
Dampak
bagi lingkungan
Alternatif
Jawaban:
Gambar A : Hutan menjadi gundul, tanah
longsor, banjir
Gambar B : Lingkungan terjaga, udara
segar
Gambar C : Tanaman menjadi rusak,
lingkungan terganggu
Dampak
bagi orang lain
Alternatif
Jawaban:
Gambar A : Hutan yang gundul dapat
menyebabkan tanah longsor dan banjir
Gambar B : Orang lain dapat menikmati
lingkungan yang nyaman dan udara segar
Gambar C: Orang lain tidak dapat menikmati keindahan alam
dan lingkungan menjadi gersang.
Apakah
perbuatan dalam gambar tersebut melanggar hak orang lain? Mengapa
Alternatif
Jawaban:
Gambar A : Ya, menebang pohon secara
liar dapat melanggar hak orang lain yaitu dalam memeroleh lingkungan yang sehat
dan udara yang segar. Apalagi jika mengakibatkan longsor dan banjir.
Gambar B : Tidak, karena menanam tanaman
justru memberikan manfaat kepada orang lain.
Gambar C : Ya, merusak tanaman dapat melanggar
hak orang lain dalam menikmati keindahan alam dan udara yang segar.
Apakah
orang tersebut sudah melaksanakan kewajibannya? Mengapa?
Alternatif
Jawaban:
Gambar A : Belum melaksanakan
kewajibannya karena seharusnya bijak dalam memanfaatkan hutan
Gambar B : Sudah melaksanakan
kewajibannya karena dengan menanam tanaman berarti menjaga kelestarian alam.
Gambar C : Belum melaksanakan
kewajibannya karena dengan merusak tanaman berarti tidak bijak terhadap tanaman
Apakah
yang sebaiknya dilakukan?
Alternatif
Jawaban:
Gambar A : Sebaiknya menebang pohon
secara tebang pilih tanam, maksudnya menbang pohon yang sudah besar dan menanam
pohon yang masih kecil. Dan penebangan pohon tidak tidak dilakukan secara liar
Gambar B: Mengajak orang lain untuk itu
juga berpastisipasi dalam menanam pohon
Gambar C: Tidak boleh merusak tanaman
tetapi harus menjaganya dengan baik.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Bijak memanfaatkan tumbuhan berarti kita
menghematnya, tidak membuang-buangnya, tidak mengambil secara berlebih dan
tidak merusaknya. Ketika kita tidak memanfaatkan tumbuhan dengan baik berarti
kita sudah mengambil hak orang lain untuk menikmati lingkungan yang nyaman.
Sekarang, lihatlah dirimu. Apakah kamu
sudah memanfaatkan tumbuhan dengan bijak.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 10 Subtema 1 Pembelajaran 2
Contoh
sikapmu yang sudah bijak terhadap tumbuhan
Alternatif
Jawaban: Menyiram tumbuhan secara rutin setiap hari
Dampak
dari sikapmu tersebut bagi lingkungan
Alternatif
Jawaban: Tumbuhan menjadi subur dan udara lingkungan menjadi
segar
Contoh
sikapmu yang belum bijak terhadap tumbuhan
Alternatif
Jawaban: Lupa memberi tumbuhan dengan pupuk
Dampak
dari sikapmu yang belum bijak tersebut bagi lingkungan
Alternatif
Jawaban: Pertumbuhan tumbuhan menjadi lambat
Apa
rencanamu untuk memperbaikinya
Alternatif
Jawaban: Membeli pupuk atau mencari pupuk kandang untuk
diberikan kepada tumbuhan
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Mengambil makanan secukupnya adalah hal
yang bijak yang bisa dilakukan untuk menghemat makanan. Kamu berkewajiban
menghemat makanan.
Ayo
Berlatih
Tahukah kamu bahwa diperkirakan 1,3
miliar ton makanan hilang atau dibuang setiap tahunnya. Fakta tersebut berasal
dari PBB. Diperkirakan 1,3 miliar ton adalah bilangan taksiran. Sekarang,
bagaimanacara menaksirkan bilangan desimal?
Untuk menaksirkan bilangan desimal kamu
bisa membulatkannya. Caranya hampir sama dengan kamu membulatkan bilangan
bulat.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 11 Subtema 1 Pembelajaran 2
Diskusikan dengan temanmu, cara membulatkan
bilangan desimal.
Alternatif
Jawaban: Cara membulatkan bilangan desimal sangat mirip dengan
membulatkan bilangan bulat. Temukan nilai tempat yang akan dibulatkan, dan
lihatlah angka di sebelah kanannya. Apabila lima atau lebih besar, maka dibulatkan
ke atas. Namun apabila lebih kecil dari lima, maka dibulatkan ke bawah.
Buatlah contoh soalnya.
Alternatif
Jawaban: 2,16 dibulatkan menjadi 2,2.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 12 Subtema 1 Pembelajaran 2
Misalkan
bulatkan nilai 5,3
Lebih dekat ke manakah bilang 5,3? Ke
5,0 atau 6,0? Jelaskan.
Alternatif
Jawaban: 5,3 lebih dekat ke 5,0 daripada ke 6,0 sehingga 5,3
dibulatkan menjadi 5,0.
Letakkan
bilangan 5,23 ke garis bilangan berikut
Lebih dekat ke manakah bilang 5,23? Ke
5,20 atau 5,30? Jelaskan.
Alternatif
Jawaban: 5,23 lebih dekat ke 5,20 daripada ke 5,30 sehingga
5,23 dibulatkan menjadi 5,20.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 12 dan 13 Subtema 1
Pembelajaran 2
Bagaimana
melakukan pembulatan desimal?
Alternatif
jawaban: Cara membulatkan bilangan desimal yaitu kita
temukan dulu nilai tempat yang akan dibulatkan, dan lihatlah angka di sebelah
kanannya. Jika lebih besar dari lima atau sama dengan, maka dibulatkan ke atas.
Namun jika lebih kecil dari lima, maka dibulatkan ke bawah.
Bagimana
melakukan pembulatan ke perseratus terdekat?
Alternatif
Jawaban: Untuk membulatkan ke perseratusan terdekat kita
lihat persepuluhnya. Jika lebih besar atau sama dengan lima maka dibulat ke
atas. Tapi, jika persepuluhnya kurang dari lima maka dibulatkan ke bawah.
Misalkan
bilangan 2,456. Coba bulatkan ke seperseratus terdekat? Jelaskan alasanmu.
Alternatif
Jawaban: Bulatkan dengan dua angka di belakang koma atau
yang terdekat, bilangan 2,456 dibulatkan menjadi 2,46.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Siti dan teman-temannya melakukan
observasi untuk mengukur tinggi tanaman di sekitarnya. Berikut adalah data yang
Siti temukan
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 13 Subtema 1 Pembelajaran 2
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Temukan bilangan-bilangan desimal di
sekitarmu. Lalu mintalah temanmu untuk membulatkannya.
Ayo
mengamati
Ayo kita membuat kesimpulan dengan
menjawab pertanyaan berikut.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 14 Subtema 1 Pembelajaran 2
Bagaimana
cara melakukan pembulatan bilangan desimal ke bilangan bulat?
Alternatif
Jawaban: Apabila bilangan desimal sama atau lebih dari lima,
maka dibulatkan menjadi satu sementara jika di bawah 5 maka menjadi 0. Contoh:
0,6 = 1 dan 0,3 = 0.
Bagimana
cara melakukan pembulatan bilangan desimal ke persepuluh?
Alternatif
Jawaban: Perhatikan bilangan desimal yang menempati nilai
tempat perseratus! Apabila nilai perseratusnya sama atau lebih dari lima maka
persepuluhnya ditambah 1. Sementara apabila persepuluhnya kurang dari lima,
maka persepuluhnya tidak ditambah (tetap).
Bagaimana
cara melakukan pembulatan bilangan desimal ke perseratus?
Alternatif
Jawaban: Cara membulatkan bilangan desimal ke perseratus
yaitu dengan mengubah desimal tersebut ke dalam bentuk pecahan biasa yang
penyebutnya seratus. Contoh: 0,6 = 6/10 = 60/100.
Bagaimana
cara melakukan pembulatan bilangan desimal?
Alternatif
Jawaban: Cara membulatkan bilangan desimal yaitu perhatikan nilai
tempat yang akan dibulatkan, dan lihat angka di sebelah kanannya. Apabila sama
dengan lima atau lebih besar, maka dibulatkan ke atas. Namun apabila lebih
kecil dari lima, maka dibulatkan ke bawah.
Apa
manfaat pembulatan bilangan desimal?
Alternatif
Jawaban: Manfaat pembulatan bilangan desimal adalah untuk
mempermudah dalam proses pengerjaan hitung bilangan pecahan desimal.
Bagaimana
pembulatan membantumu memecahkan masalah?
Alternatif
Jawaban: Dengan pembulatan dapat membantu memperpendek
angka-angkanya. Apalagi jika pada pecahan desimal di belakang komanya banyak.
Ayo
Berkreasi
Saatnya kamu berkreasi membuat kolase
dari tumbuhan yang ada di sekitarmu.
Apa itu kolase? Kolase merupakan karya
seni tempel pada permukaan gambar. Amatilah kolase berikut.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Sekarang, diskusikan dengan kelompokmu
bagaimana teknik membuat kolase.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 15 Subtema 1 Pembelajaran 2
Alternatif Jawaban:
Teknik
membuat kolase
-
Siapkan bahan berupa dedaunan, batang tumbuhan, dan lem.
-
Buat gambar yang disukai.
-
Mengatur dedaunan atau batang tumbuhan agar menutupi sketsa.
-
Perhatikan ukuran, perpaduan warna, dan bentuknya.
-
Beri warna pada bahan bekas.
-
Gunting bahan bekas
-
Oleskan lem dan tempelk dedaunan atau batang tumbuhan kering pada kertas
gambar.
-
Tempel dengan rapi sesuai kreativitasmu.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Buatlah
kolase dari tumbuhan yang ada di sekitarmu.
Bahan: daun-daun, batang tumbuhan, dan
lem.
Alat: gunting
Langkah-langkah:
Ayo
Renungkan
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 16 Subtema 1 Pembelajaran 2
Nilai-nilai
apa yang sudah kamu pelajari hari ini?
Alternatif
Jawaban: Nilai perilaku yang bijak contohnya bijak terhadap
makanan agar tidak dibuang karena merupakan perilaku pemborosan energi.
Apakah
kamu masih membuang-buang makananmu?
Alternatif
Jawaban: Tidak, karena membuang-buang makanan bukan perilaku
bijak tapi perilaku yang dapat memboroskan energi.
Kerja
Sama dengan Orang
Sampaikan kepada orang tuamu dampak dari
membuang-buang makanan. Diskusikan dengan orang tuamu bagaimana cara tidak
membuang-buang makanan.
Demikian yang dapat kami sajikan
berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 4 Halaman 7,
Halaman 8, Halaman 9, Halaman 10, Halaman 11, Halaman 12, Halaman 13, Halaman
14, Halaman 15, Halaman 16 Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Pembelajaran 2
Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku. Semoga bermanfaat dan
semoga sukses!!!
Referensi:
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 – Peduli
Terhadap Makhluk Hidup
0 Comments
Post a Comment