Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 2 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 2 kelas 2 halaman 148 sampai halaman 156 Pembelajaran 5 Tema 2 Bermain di Lingkunganku, Subtema 3 Bermain di Lingkungan Sekolah.
Jam
menunjukkan pukul 10.00 WIB.
Beni
bersiap melakukan permainan estafet bola.
Ayo
Mengamati
Amatilah
gambar berikut dengan cermat!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - -
Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5 Kelas 2 Halaman
148
Apa yang terjadi dengan Mey dan Dayu?
Alternatif
Jawaban: Mey dan Dayu terlambat.
Bolehkah kita meniru mereka?
Alternatif
Jawaban: Tidak boleh ditiru, karena kita harus membiasakan
diri untuk datang tepat waktu.
Ayo
Mencoba
Pernahkah kamu melakukan permainan
estafet bola?
Alternatif
Jawaban : Pernah atau tidak pernah (disesuaikan dengan diri
sendiri).
Apakah gerak dasar dalam permainan
estafet bola?
Alternatif
Jawaban : Gerak dasar estafet bola mempunyai konsep yaitu
mengoper bola dari satu pemain ke pemain yang lainnya.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - -
Perhatikanlah
langkah-langkah dalam permainan estafet bola berikut!
Lakukan
dengan tertib!
Ayo
Menulis!
Coba ceritakan kembali langkah-langkah
dalam permainan estafet bola! Gunakan bahasamu sendiri!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - -
Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5 Kelas 2 Halaman
149
Alternatif
Jawaban:
Langkah-langkah dalam permainan estafet
bola
Pertama,
bola disiapkan di dalam kerajang.
Kedua,
peserta dibagi menjadi dua kelompok.
Ketiga,
wasit meniup peluit sebagai tanda pertandingan dimulai.
Keempat,
Pemain dalam barisan pertama mengambil bola yang ada di dalam keranjang.
Kelima,
Bola diberikan kepada pemain kedua dan seterusnya.
Keenam,
pemain yang terakhir memasukkan bola ke dalam keranjang yang kosong.
Ketujuh,
kelompok yang paling cepat dalam memasukkan bola akan menjadi pemenangnya.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - -
Ayo
Membaca
*****
Dalam tata tertib upacara bendera, semua
murid wajib mengikuti upacara bendera pada hari Senin. Setiap peserta upacara
harus tertib, tidak boleh berisik. Sementara itu, dalam tata tertib di kelas,
kita harus datang ke sekolah sebelum pembelajaran dimulai.
Sebelum masuk ke kelas, kita harus
berbaris dengan rapi di depan kelas. Setelah tanda bel masuk dibunyikan, semua
siswa harus sudah berada di kelas. Kita diharuskan berdoa sebelum pelajaran
dimulai dan setelah pelajaran berakhir dipimpin oleh ketua kelas.
Kebersihan, kerapian, dan keindahan
kelas menjadi tanggung jawab ketua kelas dan seluruh siswa. Siswa yang bertugas
piket pada hari itu wajib menyirami tanaman yang berada di depan kelasnya.
Setiap siswa harus berperilaku senyum, salam, sapa, sopan, dan santun.
Ayo
Berlatih
Perhatikanlah gambar berikut!
Kelompokkanlah hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah!
Berikan tanda centang pada gambar yang sesuai!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - -
Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5 Kelas 2 Halaman
152
Alternatif
Jawaban:
Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5 Kelas 2 Halaman
153
Alternatif
Jawaban:
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - -
Ayo
Menulis
Coba kamu buat lima pertanyaan tentang
teks bacaan yang kamu simak! Gunakan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan,
mengapa, dan bagaimana!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - -
Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5 Kelas 2 Halaman
154 dan 155
Alternatif
Jawaban:
1. Apa semua murid wajib mengikuti
upacara bendera pada hari Senin?
2. Siapa yang wajib mengikuti upacara
bendera pada hari Senin?
3. Dimana upacara bendera pada hari
Senin dilaksanakan?
4. Kapan upacara bendera dilakukan?
5. Mengapa kita harus mengikuti upacara
bendera?
6. Bagaimana tata tertib upacara
bendera?
Ayo
Berlatih!
Jawablah pertanyaan berikut sesuai
dengan isi teks yang kamu dengar!
1. Apa yang terjadi dengan Dayu dan Mey?
Alternatif
Jawaban: Dayu dan Mey datang terlambat dan ditegur oleh guru
olahraga karena pelajaran olahraga telah dimulai.
2. Bagaimana cara melakukan permainan
estafet bola?
Alternatif
Jawaban:
- Bola disiapkan di dalam kerajang.
- Peserta dibagi menjadi dua kelompok.
- Wasit meniup peluit sebagai tanda
pertandingan dimulai.
- Pemain dalam barisan pertama mengambil
bola yang ada di dalam keranjang.
- Bola diberikan kepada pemain kedua dan
seterusnya.
- Pemain yang terakhir memasukkan bola
ke dalam keranjang yang kosong.
- Kelompok yang paling cepat dalam
memasukkan bola akan menjadi pemenangnya.
3. Apa yang dibutuhkan dalam permainan
tersebut?
Alternatif
Jawaban: Satu bola tenis untuk masing-masing kelompok, satu
peluit untuk wasit.
4. Bagaimana aturan dalam permainan
estafet bola?
Alternatif
Jawaban:
- Peserta di bagi dalam dua kelompok
dengan jumlah peserta sama.
- Pemain tidak boleh melewati garis atau
menginjak garis, baik mereka yang bertugas sebagai penangkap atau pelempar
- Pemain penangkap dan pelempar berdiri
pada posisi yang saling berhadapan
- Pemain melempar dan menangkap
menggunakan kaos, kecuali pemain pertama yang melempar dengan tangan
- Apabila saat pertandingan sedang di
mulai ada salah satu tim yang menjatuhkan bola, maka tim tersebut harus memulai
dari awal
- Permainan estafet bola di mainkan
dalam waktu 20 menit
- Pemenang dalam permainan estafet bola
adalah kelompok pemain yang dapat memindahkan bola dari garis start hingga
garis finish dengan waktu yang tercepat
5. Mengapa tim Beni menang?
Alternatif
Jawaban: Karena tim Beni mampu memindahkan bola dari garis
start hingga finish dengan waktu paling cepat dari tim lainnya.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - -
Ayo
Mencoba
Lakukanlah pengamatan sederhana berikut!
Sediakan alat dan bahannya!
Keragaman Benda
Alat dan bahan: bola, buku, dan pensil.
Petunjuk:
1. Sediakan alat dan bahan!
2. Kamu boleh tambahkan dengan benda
yang ada di sekitarmu!
3. Amatilah bahan tersebut satu per
satu!
4. Isilah titik-titik berikut ini!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - -
Kunci jawaban Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5 Kelas 2 Halaman
155 dan 156
Alternatif
Jawaban:
Hasil pengamatan:
1. Nama benda : Bola
Ciri-ciri benda : bola bentuknya bulat,
bagian dalamnya kosong dan berisi angin.
Bentuk benda : bulat
2. Nama benda : Buku
Ciri-ciri benda : buku pada umumnya
berbahan kertas dan memiliki sampul. Buku digunakan untuk menulis maupun menggambar.
Bentuk benda: pada umumnya berbentuk
persegi panjang.
3. Nama benda : Pensil
Ciri-ciri benda : Terbuat dari kayu, digunakan
untuk menulis atau membuat sketsa gambar.
Bentuk benda : Tabung atau silinder
Berdasarkan
pengamatan, dapat disimpulkan bahwa: Setiap benda baik itu
bola, buku, maupun pensil memiliki ciri dan bentuk yang berbeda.
Baca juga: Kumpulan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Semester 1 dan Semester 2
Kerja
Sama dengan Orang Tua
Orang tua membimbing siswa untuk
menjelaskan hal-hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di
sekolah.
Demikian yang dapat kami sajikan
berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 Halaman
148, Halaman 149, Halaman 152, Halaman 153, Halaman 154, Halaman 155, Halaman
156 Bermain di Lingkunganku Pembelajaran 5 Subtema 3 Bermain di Lingkungan
Sekolah. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!
Referensi:
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 2 – Bermain di
Lingkunganku
0 Comments
Post a Comment