Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 3 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 3 kelas 3 halaman 32 sampai halaman 40 Pembelajaran 4 Tema 3 Benda di Sekitarku, Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku.
Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 23, 25, 26,27, 29, 30, 31 : Subtema 1 Pembelajaran 3
Plastik:
Solusi dan Masalah
Perhatikan benda-benda yang ada di rumah
mu! Sebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik. Ternyata, sangat banyak
alat rumah tangga yang terbuat dari plastik. Mulai dari ember, gayung, sampai
sendok sayur. Kantong kema san dan botol air minum juga terbuat dari plastik.
Sekarang ini, banyak sekali benda berbahan dasar plastik. Mengapa? Karena,
plastik murah dan tahan lama. Bahan dari plastik tidak dapat menyerap air atau
tidak tembus air. Plastik pun mudah dibentuk dan ringan. Oleh karena itu,
plastik dapat dibuat menjadi berbagai benda.
Plastik memberikan banyak manfaat. Akan
tetapi, plastik juga dapat menimbulkan masalah. Plastik membutuhkan waktu yang
lama untuk terurai secara alami, sekitar puluhan bahkan ratusan tahun.
Perhatikan tabel berikut! Coba bandingkan
waktu yang dibutuhkan plastik untuk terurai secara alami.
Jadi, kamu dapat membayangkan apabila
membuang kantong plastik sekarang. Kantong plastik akan terurai 10-20 tahun
yang akan datang. Untuk mengurangi sampah plastik, dapat dilakukan dengan 3
cara. Cara tersebut, yaitu reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali),
dan recycle (mendaur ulang).
Reduce adalah mengurangi penggunaan
plastik. Contohnya ketika berbelanja. Sebaiknya membawa tas belanja sendiri,
sehingga tidak perlu menggunakan kantong plastik. Reuse adalah memanfaatkan
kembali sampah plastik. Misalnya, sampah kemasan botol minuman digunakan untuk
membuat pot bunga. Recycle adalah daur ulang sampah plastik. Biasanya dilakukan
di pabrik. Sampah plastik diolah menjadi barang baru yang dapat dimanfaatkan
lagi. Kamu dapat membantu proses daur ulang dengan mengumpulkan dan
mengelompokkan sampah plastik. Sampah plastik tidak dicampur dengan sampah
lainnya. Berikan sampah plastik kepada pemulung atau petugas kebersihan.
Merekalah yang akan membawanya ke pabrik daur ulang sampah. Gunakan plastik
dengan bijak agar bumi selamat!
Ayo
Berdiskusi
Kamu telah membaca wacana di atas. Kamu
harus dapat mengurangi dan membatasi penggunaan bahan-bahan dari plastik. Untuk
itu, lakukan kegiatan reduce (mengurangi), reuse (memanfaatkan kembali), dan
recycle (mendaur ulang).
Diskusikan dengan temanmu! Apa yang
dapat dilakukan untuk reduce (mengurangi), reuse (memanfaatkan kembali), dan
recycle (mendaur ulang)? Tulis hasilnya!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 35 Subtema 1 Pembelajaran 4
Alternatif
Jawaban:
Reduce:
Pada
saat berbelanja membawa tas sendiri, Menghindari pemakaian dan pembelian produk
yang dapat mengakibatkan sampah plastik, menggunakan email atau media
elektronik lainnya untuk mengirim surat, mengurangi penggunaan bahan sekali
pakai seperti penggunaan kertas tisu diganti dengan sapu tangan.
Reuse:
Memanfaatkan
botol plastik untuk membuat tempat pensil, menggunakan botol air minum yang
dapat diisi ulang, memberikan atau menjual sampah ke pemulung atau bank sampah.
Recycle:
Memanfaatkan
kaleng bekas untuk membuat pot bunga, mengolah sampah kertas menjadi kertas,
daur ulang atau kerajinan, menggunakan kertas bekas untuk membuat amplop,
mengolah gabus styrofom menjadi bataco atau pot bunga.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Ayo
Mengamati
Amatilah lingkungan di sekolahmu!
Banyakkah sampah plastik dari kantong kemasan makanan dan minuman? Catatlah
hasil pengamatanmu! Berikan tanda centang jika kamu menemukannya!
Jawaban disesuaikan
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kamu telah melakukan pengamatan sampah
plastik di lingkungan sekolahmu. Ceritakan hasil pengamatanmu secara tertulis.
Perhatikan penggunaan huruf besar dan tanda baca yang tepat!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 36 Subtema 1 Pembelajaran 4
Alternatif
Jawaban:
Di sekolahku, sampah plastik sudah dikelola
dengan baik. Di setiap depan kelas, ada tempat sampah yang disediakan pihak
sekolah. Siswa dan guru pun sudah terbiasa membuang sampah ke tempatnya. Sampah
plastik yang sudah terkumpul diserahkan ke bank sampah.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Ayo
Berdiskusi
Bermusyawarahlah bersama seluruh teman
di kelasmu! Musyawarah tentang cara mengurangi sampah plastik di sekolah.
Tuliskan hasil musyawarah pada kolom di
bawah ini!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 37 Subtema 1 Pembelajaran 4
Jawaban: Nama siswa dan pendapatnya
disesuaikan.
Jawablah
pertanyaaan di bawah ini!
1.
Apakah pendapatmu disampaikan di depan kelas?
Alternatif
Jawaban: Ya, pendapat saya disampaikn di depan kelas.
2.
Apakah kamu mempunyai kesempatan untuk menyampaikan pendapat di depan
kelas?
Alternatif
Jawaban: Ya, saya berkesempatan menyampaikn pendapat di
depan kelas.
3.
Apakah hasil musyawarah sesuai pendapatmu?
Alternatif
Jawaban: Hasil musyawarah sesuai dengan kesepakatan bersama.
4.
Apakah kamu akan menjalankan hasil musyawarah di kelas?
Alternatif
Jawaban: Ya, saya menjalankn hasil musyawarah tersebut karen
merupakan keputusan bersama dan merupakan suatu kewajiban untuk menjalankannya.
5.
Pentingkah bagi kamu memberikan pendapat saat musyarawah dilakukan?
Tuliskan alasanmu!
Alternatif
Jawaban: Menurutku memberikan pendapat saat musyawarah
adalah penting karena dapat menyumbangkan ide/gagasan sendiri untuk kepentingan
bersama.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Ayo
Berlatih
Plastik tidak hanya digunakan untuk
membuat perlengkapan dapur dan kantong kemasan. Plastik juga digunakan untuk
membuat bola. Seperti bola pingpong dan bola sepak. Banyak permainan yang meng
gunakan bola. Contohnya antara lain bola tangan. Kita akan bermain bola tangan
mengguna kan bola plastik. Lakukan pemanasan sebelum memulai permainan. Caranya
dengan berlari keliling lapangan. Kemudian, lanjutkan kegiatan mengoper bola
sebagai berikut.
Ayo,
bermain bola tangan. Bacalah aturan permainannya.
1. Permainan dimainkan di lapangan.
2. Permainan dilakukan oleh dua
kelompok.
3. Setiap pemain harus memasukkan bola
ke gawang lawan.
4. Bola harus dioperkan pada teman satu
tim. Setiap pemain harus mengoperkan bola setelah melangkah paling banyak lima
langkah.
5. Kelompok yang dapat memasukkan bola
sebanyak-banyaknya ke gawang dengan melempar, itulah pemenangnya!
Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 42, 43, 44, 45, 46, 48, 49 : Subtema 1 Pembelajaran 5
Kegiatan
Bersama Orang Tua
Mencermati sampah plastik yang ada di
rumah. Sebaiknya dimulai dengan melakukan pemilahan sampah di lingkungan
keluarga. Pisahkan sampah plastik yang dapat didaur ulang dengan sampah
lainnya. Mintalah petunjuk orang tuamu.
Demikian yang dapat kami sajikan
berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 35,
Halaman 36, Halaman 37 Tema 3 Benda di Sekitarku Pembelajaran 4 Subtema 1 Aneka
Benda di Sekitarku. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!!!
Referensi:
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 3 – Benda di
Sekitarku
0 Comments
Post a Comment