Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 35, 36, 37 : Subtema 1 Pembelajaran 4

Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 3 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 3 kelas 3 halaman 32 sampai halaman 40 Pembelajaran 4 Tema 3 Benda di Sekitarku, Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku.

Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 23, 25, 26,27, 29, 30, 31 : Subtema 1 Pembelajaran 3


Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 35, 36, 37 : Subtema 1 Pembelajaran 4


Plastik: Solusi dan Masalah

Perhatikan benda-benda yang ada di rumah mu! Sebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik. Ternyata, sangat banyak alat rumah tangga yang terbuat dari plastik. Mulai dari ember, gayung, sampai sendok sayur. Kantong kema san dan botol air minum juga terbuat dari plastik. Sekarang ini, banyak sekali benda berbahan dasar plastik. Mengapa? Karena, plastik murah dan tahan lama. Bahan dari plastik tidak dapat menyerap air atau tidak tembus air. Plastik pun mudah dibentuk dan ringan. Oleh karena itu, plastik dapat dibuat menjadi berbagai benda.

Plastik memberikan banyak manfaat. Akan tetapi, plastik juga dapat menimbulkan masalah. Plastik membutuhkan waktu yang lama untuk terurai secara alami, sekitar puluhan bahkan ratusan tahun.

 

Perhatikan tabel berikut! Coba bandingkan waktu yang dibutuhkan plastik untuk terurai secara alami.

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 35, 36, 37 : Subtema 1 Pembelajaran 4


Jadi, kamu dapat membayangkan apabila membuang kantong plastik sekarang. Kantong plastik akan terurai 10-20 tahun yang akan datang. Untuk mengurangi sampah plastik, dapat dilakukan dengan 3 cara. Cara tersebut, yaitu reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), dan recycle (mendaur ulang).

Reduce adalah mengurangi penggunaan plastik. Contohnya ketika berbelanja. Sebaiknya membawa tas belanja sendiri, sehingga tidak perlu menggunakan kantong plastik. Reuse adalah memanfaatkan kembali sampah plastik. Misalnya, sampah kemasan botol minuman digunakan untuk membuat pot bunga. Recycle adalah daur ulang sampah plastik. Biasanya dilakukan di pabrik. Sampah plastik diolah menjadi barang baru yang dapat dimanfaatkan lagi. Kamu dapat membantu proses daur ulang dengan mengumpulkan dan mengelompokkan sampah plastik. Sampah plastik tidak dicampur dengan sampah lainnya. Berikan sampah plastik kepada pemulung atau petugas kebersihan. Merekalah yang akan membawanya ke pabrik daur ulang sampah. Gunakan plastik dengan bijak agar bumi selamat!

 

Ayo Berdiskusi

Kamu telah membaca wacana di atas. Kamu harus dapat mengurangi dan membatasi penggunaan bahan-bahan dari plastik. Untuk itu, lakukan kegiatan reduce (mengurangi), reuse (memanfaatkan kembali), dan recycle (mendaur ulang).

Diskusikan dengan temanmu! Apa yang dapat dilakukan untuk reduce (mengurangi), reuse (memanfaatkan kembali), dan recycle (mendaur ulang)? Tulis hasilnya!

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 35 Subtema 1 Pembelajaran 4

Alternatif Jawaban:

Reduce: Pada saat berbelanja membawa tas sendiri, Menghindari pemakaian dan pembelian produk yang dapat mengakibatkan sampah plastik, menggunakan email atau media elektronik lainnya untuk mengirim surat, mengurangi penggunaan bahan sekali pakai seperti penggunaan kertas tisu diganti dengan sapu tangan.

 

Reuse: Memanfaatkan botol plastik untuk membuat tempat pensil, menggunakan botol air minum yang dapat diisi ulang, memberikan atau menjual sampah ke pemulung atau bank sampah.

 

Recycle: Memanfaatkan kaleng bekas untuk membuat pot bunga, mengolah sampah kertas menjadi kertas, daur ulang atau kerajinan, menggunakan kertas bekas untuk membuat amplop, mengolah gabus styrofom menjadi bataco atau pot bunga.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ayo Mengamati

Amatilah lingkungan di sekolahmu! Banyakkah sampah plastik dari kantong kemasan makanan dan minuman? Catatlah hasil pengamatanmu! Berikan tanda centang jika kamu menemukannya!


Jawaban disesuaikan

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Kamu telah melakukan pengamatan sampah plastik di lingkungan sekolahmu. Ceritakan hasil pengamatanmu secara tertulis. Perhatikan penggunaan huruf besar dan tanda baca yang tepat!

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 36 Subtema 1 Pembelajaran 4

Alternatif Jawaban:

Di sekolahku, sampah plastik sudah dikelola dengan baik. Di setiap depan kelas, ada tempat sampah yang disediakan pihak sekolah. Siswa dan guru pun sudah terbiasa membuang sampah ke tempatnya. Sampah plastik yang sudah terkumpul diserahkan ke bank sampah.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ayo Berdiskusi

Bermusyawarahlah bersama seluruh teman di kelasmu! Musyawarah tentang cara mengurangi sampah plastik di sekolah.

Tuliskan hasil musyawarah pada kolom di bawah ini!

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 37 Subtema 1 Pembelajaran 4

Jawaban: Nama siswa dan pendapatnya disesuaikan.

 

Jawablah pertanyaaan di bawah ini!

1.  Apakah pendapatmu disampaikan di depan kelas?

Alternatif Jawaban: Ya, pendapat saya disampaikn di depan kelas.

 

2.  Apakah kamu mempunyai kesempatan untuk menyampaikan pendapat di depan kelas?

Alternatif Jawaban: Ya, saya berkesempatan menyampaikn pendapat di depan kelas.

 

3.  Apakah hasil musyawarah sesuai pendapatmu?

Alternatif Jawaban: Hasil musyawarah sesuai dengan kesepakatan bersama.

 

4.  Apakah kamu akan menjalankan hasil musyawarah di kelas?

Alternatif Jawaban: Ya, saya menjalankn hasil musyawarah tersebut karen merupakan keputusan bersama dan merupakan suatu kewajiban untuk menjalankannya.

 

5.  Pentingkah bagi kamu memberikan pendapat saat musyarawah dilakukan? Tuliskan alasanmu!

Alternatif Jawaban: Menurutku memberikan pendapat saat musyawarah adalah penting karena dapat menyumbangkan ide/gagasan sendiri untuk kepentingan bersama.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ayo Berlatih

Plastik tidak hanya digunakan untuk membuat perlengkapan dapur dan kantong kemasan. Plastik juga digunakan untuk membuat bola. Seperti bola pingpong dan bola sepak. Banyak permainan yang meng gunakan bola. Contohnya antara lain bola tangan. Kita akan bermain bola tangan mengguna kan bola plastik. Lakukan pemanasan sebelum memulai permainan. Caranya dengan berlari keliling lapangan. Kemudian, lanjutkan kegiatan mengoper bola sebagai berikut.

Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 35, 36, 37 : Subtema 1 Pembelajaran 4

 

Ayo, bermain bola tangan. Bacalah aturan permainannya.

1. Permainan dimainkan di lapangan.

2. Permainan dilakukan oleh dua kelompok.

3. Setiap pemain harus memasukkan bola ke gawang lawan.

4. Bola harus dioperkan pada teman satu tim. Setiap pemain harus mengoperkan bola setelah melangkah paling banyak lima langkah.

5. Kelompok yang dapat memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang dengan melempar, itulah pemenangnya!

Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 42, 43, 44, 45, 46, 48, 49 : Subtema 1 Pembelajaran 5

Kegiatan Bersama Orang Tua

Mencermati sampah plastik yang ada di rumah. Sebaiknya dimulai dengan melakukan pemilahan sampah di lingkungan keluarga. Pisahkan sampah plastik yang dapat didaur ulang dengan sampah lainnya. Mintalah petunjuk orang tuamu.

 

Demikian yang dapat kami sajikan berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 35, Halaman 36, Halaman 37 Tema 3 Benda di Sekitarku Pembelajaran 4 Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!!!

 

Referensi:

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 3 – Benda di Sekitarku

0 Comments

Post a Comment