Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 3 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 3 kelas 3 halaman 41 sampai halaman 49 Pembelajaran 5 Tema 3 Benda di Sekitarku, Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku.
Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 35, 36, 37 : Subtema 1 Pembelajaran 4
Ayo Membaca
Bahan untuk membuat benda tidak hanya berasal dari kayu, kertas, dan plastik. Perhatikan benda-benda yng ada di rumahmu. Benda yang kamu gunakan sehari-hari.
Adakah benda yang bukan berasal dari kayu, kertas, atau plastik? Tuliskan bahan yang digunakn untuk membuat benda-benda tersebut. Sebutkan nama benda-benda yang dihasilkannya!
Bacalah informasi berikut ini!
Benda dari Kaca
Ada benda-benda yang dibuat dari kaca. Benda tersebut, antara lain gelas, piring, mangkuk, kaca mata, akuarium, jendela, dan peralatan laboratorium. Kaca mempunyai sifat kedap air dan tembus cahaya. Oleh sebab itu, kaca digunakan untuk membuat benda yang tahan air. Benda dari Logam Coba amati benda yang ada di
rumahmu! Adakah benda yang dibuat dari logam? Benda-benda tersebut, antara lain panci, penggorengan, sendok sayur, sendok makan, kerangka mobil, dan pagar rumah.
Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik. Benda dari Karet Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet. Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung tangan.
Bagaimanakah sifat karet? Diskusikan bersama temanmu!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 42 Subtema 1 Pembelajaran 5
Alternatif Jawaban:
Sifat-sifat karet yaitu lentur, tidak mudah panas, elastis, kedap air, tidak mudah retak, bersifat isolator.
Ayo Mengamati
Amatilah benda-benda di sekitarmu! Adakah yang ter buat dari bahan kaca, logam, atau karet? Tuliskan hasil pengamatanmu pada tabel yang telah disediakan!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Ayo Mencoba
Kamu telah mengamati benda-benda di sekitarmu. Lengkapilah bagan berikut ini!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 43 Subtema 1 Pembelajaran 5
Alternatif Jawaban:
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Ayo Berdiskusi
Kamu telah mempelajari aneka bahan pembentuk benda. Setiap bahan pembentuk benda memiliki sifat yang khas. Perhatikan lingkungan kelas dan sekolahmu! Sebutkan bahan yang biasa digunakan untuk membuat tempat sampah! Ya, plastik, kayu, bahkan logam seperti alumunium dapat dibuat tempat sampah. Sekarang perhatikan tempat sampah di kelasmu! Terbuat dari apakah tempat sampah di kelasmu? Apakah jumlahnya mencukupi? Apakah anak-anak sudah mempunyai kesadaran dalam membuang sampah di tempatnya?
Sekarang, musyawarahkan dengan teman sekelasmu! Bagaimana cara meningkatkan kebersihan di sekolahmu? Tuliskan hasil musyawarah di kotak berikut!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 44 Subtema 1 Pembelajaran 5
Alternatif Jawaban:
Cara meningkatkan kebersihan sekolah yaitu sebagai berikut.
1. Membuat jadwal piket dan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab.
2. Menyediakan tempat sampah dan membuang sampah pada tempatnya.
3. Melaksanakan kegiatan Jumsih (Jumat bersih) secara rutin.
4. Memberikan sanksi bagi yang membuang sampah sembarangan.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Ingatlah kembali saat kamu melakukan musyawarah bersama teman-teman! Kemudian, jawablah pertanyaan berikut ini!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 45 Subtema 1 Pembelajaran 5
1. Apakah setiap anak boleh memberikan pendapatnya saat musyawarah?
Alternatif Jawaban: Ya, setiap anak boleh memberikn pendapatnya saat musyawarh.
2. Mengapa kita harus memberikan pendapat saat bermusyawarah?
Alternatif Jawaban: Karena untuk memberikan ide atau gagasan dalam kegiatan musyawarah.
3. Apa yang terjadi jika hanya satu atau dua orang yang memberikan pendapat?
Alternatif Jawaban: Jika 1 atau 2 orang yang memberikn pendapat, maka hasil dari keputusan musyawarah akan bersumber dari dua pendapat tersebut.
4. Apakah kita boleh memaksakan pendapat saat musyawarah?
Alternatif Jawaban: Kita tidak boleh memaksakan pendapat.
5. Tuliskan pengalamanmu tentang musyawarah. Apakah menurutmu musyawarah sudah berjalan lancar?
Alternatif Jawaban: Dalam kegiatan musyawarah pemilihan ketua kelas berjalan dengan lancar hingga keputusan bersama dapat dihasilkan.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Ayo Mencoba
Perhatikan bahan yang digunakan untuk membuat penggaris! Plastik, kayu, dan alumunium (logam) adalah bahan yang dapat digunakan untuk membuat penggaris. mengapa bahan kaca tidak digunakan untuk membuat penggaris?
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 46 Subtema 1 Pembelajaran 5
Alternatif jawaban: Karena bahan kaca mudah pecah jika digunakan bahan pembuatan penggaris.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Coba perhatikan satuan yang tertera pada penggaris. Kamu akan melihat lebih dari satu satuan panjang. Ada satuan meter (m), centimeter (cm), dan milimeter (mm).
*** Materi halaman 47 dapat dilihat di buku tematik***
Ayo Berlatih
Ubahlah sesuai satuan yang diminta!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 48 Subtema 1 Pembelajaran 5
1. 200 cm = 2 m
2. 500 cm = 5 m
3. 6 m = 600 cm
4. 400 cm = 4 m
5. 7 m = 700 cm
6. 2 m 45 cm = 245 cm
7. 4 m 32 cm = 432 cm
8. 8 m 79 cm = 879 cm
9. 4 m 8 cm = 408 cm
10. 70 m 9 cm = 7009 cm
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Ayo Berlatih
Lakukanlah aktivitas berikut ini!
1. Perhatikan gambar benda yang harus kamu ukur!
2. Ukurlah bagian benda sesuai gambar!
3. Tuliskan perkiraanmu terlebih dahulu! (ukuran hasil tebakanmu tanpa menggunakan alat ukur)
4. Ukurlah dengan menggunakan alat ukur!
5. Lengkapilah tabel di bawah ini dengan hasil pengukuranmu!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 49 Subtema 1 Pembelajaran 5
Jawaban disesuaikan dengan hasil pengukuran dan tebakan masing-masing.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua bersama siswa mengumpulkan benda-benda yang tidak terpakai menjadi benda yang bermanfaat. Misalnya membuat pot tanaman dari botol bekas atau kaleng.
Demikian yang dapat kami sajikan berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 42, Halaman 43, Halaman 44, Halaman 45, Halaman 46, Halaman 48, Halaman 49 Tema 3 Benda di Sekitarku Pembelajaran 5 Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!!!
Referensi:
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 3 – Benda di Sekitarku
0 Comments
Post a Comment