Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 3 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 3 kelas 3 halaman 50 sampai halaman 56 Pembelajaran 6 Tema 3 Benda di Sekitarku, Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku.
Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 42, 43, 44,45, 46, 48, 49 : Subtema 1 Pembelajaran 5
Ayo
Berdiskusi
Kamu sudah mempelajari aneka bahan
pembentuk benda. Selanjutnya, kita akan menyelidiki bahan yang sesuai untuk
benda-benda tertentu. Untuk mengerjakan projek ini, kamu dan temanteman harus
melaksanakan musyawarah. Tentukan kelompok yang terdiri atas 4-5 orang.
Tentukan 5 benda yang akan diselidiki oleh tiap-tiap kelompok! Tuliskanlah
hasil musyawarah di bawah ini!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 50 Subtema 1 Pembelajaran 6
Alternatif
Jawaban:
Benda yang akan kami selidiki adalah
1. Buku
2. Meja
3. Kursi
4. Penggaris
5. Papan tulis
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kamu sudah melakukan kegiatan
musyawarah. Tuliskan pengalamanmu di kotak yang disediakan!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 51 Subtema 1 Pembelajaran 6
Alternatif
Jawaban:
Tuliskan
keuntungan melakukan musyarawah dalam mengambil keputusan bersama!
1. Terjalinnya hubungan yang baik antar
anggota dalam menyelesaikan suatu masalah dengan cepat dan bersifat adil untuk
seluruh anggota organisasi atau kelompok tersebut.
2.
Membiasakan diri untuk saling menukar pikiran seperti ide atau gagasan
untuk kepentingan bersama.
Bagaimana
cara menghormati pendapat temanmu?
1. Mendengarkan pendapat yang
disampaikan teman.
2. Tidak mencemooh dan menghargai pendapat
teman.
Apa
yang terjadi jika kita menghormati pendapat temanmu?
Alternatif
jawaban: Kegiatan bermusyawarah akan berjalan lancar dengan
suasana yang damai dan tentram. Dan tentunya tidak akan terjadi perselisihan
atau pertengkaran.
Ceritakan
pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah!
Alternatif
jawaban: Pengalaman saya ketika bermusyawarah dalam
menentukan jadwal piket kelas. Terjadi perbedaan pendapat dalam menentukan
anggota piket kelas. Saya menghargai pendapatnya, dan keputusan untuk
menentukan jadwal piket diserahkan kepada keputusan bersama.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Ayo
Mencoba
Setiap kelompok telah memilih benda.
Lakukan penyelidikan bahan yang terbaik untuk membentuk benda tersebut! Kamu
harus memilih bahan yang tepat untuk membuat benda. Karena pemilihan bahan dapat
menjadikan benda berfungsi maksimal.
Apa bahan yang baik untuk membuat daun
jendela? Apakah dari kayu, alumunium atau kaca?
Untuk memecahkannya, selidiki bersama.
Langkah kerjanya adalah sebagai berikut:
1.
Tentukan benda yang akan kamu selidiki. Pilihlah benda di sekitarmu.
2.
Isilah tabel di bawah ini! Perhatikan contoh seperti pada nomor 1.
Pilihlah satu benda yang telah kamu
selidiki.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 53 Subtema 1 Pembelajaran 6
Alternatif
Jawaban:
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Tuliskan secara lengkap hasil
penyelidikanmu! Hal-hal berikut harus termuat dalam tulisanmu.
1. Penjelasan bentuk benda (warna,
ukuran, dan bentuk).
2. Fungsi benda.
3. Alasanmu memilih bahan tertentu untuk
membuat benda tersebut.
4. Menyebutkan kelebihan bahan tersebut.
5. Menyebutkan kekurangan bahan
tersebut.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 54 Subtema 1 Pembelajaran 6
Alternatif
Jawaban:
Benda yang akan diselidiki adalah papan
tulis.
Papan tulis warnanya hitam (papan tulis
menggunakan kapur) dan warnanya putih (menggunakan spidol). Papan tulis berbentuk
persegi panjang dan ukurannya besar berada di depan kelas.
Papan tulis berfungsi untuk menulis dan
menerangkan materi yang sedang dipelajari.
Alasan memilih papan tulis karena dalam
kegiatan belajar di sekolah papan tulis ini sangat penting digunakan.
Kelebihan papan tulis karena
pembelajaran lebih terarah, dan ketika guru menjelaskan lebih mudah untuk
dipahami, serta dapat terlihat oleh seluruh siswa di kelas.
Kekurangan papan tulis, khususnya yang
menggunakan kapur tulis adalah debu yang mudah menempel.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Ayo
Mencoba
Meteran gulung disebut juga meteran
saku. Meteran gulung berfungsi untuk mengukur panjang benda yang lebih dari
satu meter. Meteran ini biasa digunakan pekerja bangunan atau tukang kayu.
Siti akan menata ulang kamar tidurnya.
Sebelum menata, Siti mengukur benda-benda di kamarnya. Ukuran yang diperoleh
Siti seperti berikut ini!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 55 Subtema 1 Pembelajaran 6
1. Bantulah Siti menemukan ukurannya!
a. 254 cm = 2 m + 54 cm
b. 390 cm = 3 m + 90 cm
c. 365 cm = 3 m + 65 cm
d. 909 cm = 9 m + 9 cm
e.400 cm = 4 m + 0 cm
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 56 Subtema 1 Pembelajaran 6
2. Tukang membutuhkan bahan kayu untuk
membuat meja. Bahan kayu yang diperlukan 250 cm. Pilihlah bahan kayu yang
sesuai kebutuhan.
Jawaban: 250 cm = 2 m 50 cm
3. Kain yang dibutuhkan untuk membuat
baju 2 m. Pilihlah kain yang sesuai kebutuhan.
Jawaban: 2 m = 200 cm.
Kegiatan
Bersama Orang Tua
Berdiskusilah bersama orang tua. Diskusi
tentang jenis meteran kain yang diperlukan untuk membuat baju.
Demikian yang dapat kami sajikan
berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 50,
Halaman 51, Halaman 53, Halaman 54, Halaman 55, Halaman 56 Benda di
Sekitarku Pembelajaran 6 Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku. Semoga bermanfaat
dan semoga sukses!!!
Referensi:
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 3 – Benda di
Sekitarku
0 Comments
Post a Comment