Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan bahan pembelajaran bagi siswa kelas 3 dalam bentuk materi dan kunci jawaban tema 3 kelas 3 halaman 81 sampai halaman 86 Pembelajaran 3 Tema 3 Benda di Sekitarku, Subtema 2 Wujud Benda.
Pelajari juga: Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 75, 76, 80 :Subtema 2 Pembelajaran 2
Ayo
Mengamati
Benda
Padat
Salah satu wujud benda antara lain
padat. Banyak contoh benda padat di sekitarmu. Batu, pensil, dan kursi
merupakan benda padat. Mengapa benda-benda tersebut
digolongkan sebagai benda padat? Yuk,
cari tahu sifat benda padat tersebut! Lakukan pengamatan sebagai berikut!
1. Amatilah benda-benda padat di
sekitarmu!
2. Tuliskan sifat benda padat
berdasarkan pengamatanmu!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 81 Subtema 2 Pembelajaran 3
Alternatif
jawaban: Sifat benda padat yaitu Bentuknya tetap dan tidak
dipengaruhi wadahnya, memiliki volume yang tetap, dapat menempati ruang, dapat
diubah dengan perlakuan tertentu misalnya dipukul atau dilempar.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Ayo
Mencoba
Kamu telah menuliskan pendapatmu
berdasarkan pengamatan. Sekarang, lakukan percobaan untuk mengetahui sifat
benda padat.
Mengetahui Sifat Benda Padat
- Lakukan secara berkelompok. Kumpulkan
benda-benda padat di sekitar sekolahmu.
- Alat dan Bahan
1. Ember
2. Gelas
3. Kantong plastik
- Langkah-Langkah Percobaan
1. Masukkan benda yang kamu kumpulkan ke
dalam ember. Kemudian, ke dalam gelas dan terakhir ke dalam kantong plastik.
2. Catatlah hasil percobaanmu ke dalam
tabel di bawah ini. Lihat contoh nomor 1.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 82 Subtema 2 Pembelajaran 3
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kamu telah melakukan percobaan. Hasil
percobaanmu telah diperoleh. Dapatkah kamu menyimpulkan sifat benda padat?
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 83 Subtema 2 Pembelajaran 3
Benda padat mempunyai sifat
alternatif
jawaban:
- Benda padat mempunyai difat bentuknya
tetap dan tidak dipengaruhi wadahnya.
- Benda padat dapat digenggam.
Apakah hasil pengamatanmu sama dengan
hasil percobaanmu?
Alternatif
jawaban:
Ya, hasil pengamatanku samadengan hasil
percobaan.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Ayo
Berlatih
Sebutkan benda yang digunakan untuk
mengukur jarak dari rumahmu ke sekolah! Berapakah jarak yang ditempuh dari rumahmu
ke sekolah? Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu.
Rumah Dayu berjarak 6 km dari sekolah.
Jarak dari sekolah ke pasar 7 km. Berapa jarak yang ditempuh Dayu dari rumah ke
pasar?
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 84 Subtema 2 Pembelajaran 3
Selesaikan soal di bawah ini!
1. Udin dan Beni akan berlomba lari.
Jarak yang akan ditempuh 350 m. Lomba pun segera dimulai. Saat Udin telah
sampai ke garis akhir, Beni baru menempuh 200 m. Berapa meter sisa jarak yang
harus ditempuh Beni sampai ke garis akhir?
Diketahui:
Jarak tempuh = 350 m
Jarak tempuh Beni = 200 m
Ditanyakan :
Sisa jarak yang harus ditempuh Beni?
Jawab:
Sisa jarak = jarak tempuh - jarak tempuh
Beni
= 350 m - 200 m
= 150 m
Jadi, sisa jarak yg harus ditempuh Beni
sampai ke garis akhir adalah 150 m.
2. Jarak rumah Edo ke sekolah 2.500 m.
Jarak rumah Siti ke sekolah 4.740 m. Berapa meter perbedaan jarak rumah Siti
dan Edo dari sekolah?
Diketahui :
Jarak rumah Edo kesekolah = 2.500 m
Jarak rumah Siti kesekolahh = 4.740 m
Ditanyakan :
Perbedaan jarak rumah Siti dan Edo dari
sekolah?
Jawab :
Perbedaan jarak = Jarak Siti - Jarak Edo
= 4.740 m - 2.500 m
= 2.240 m
Jadi, perbedaan jarak rumah Siti dan Edo
dari sekolah adalah 2.240 m
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 85 Subtema 2 Pembelajaran 3
3. Udin pergi ke sekolah dengan
bersepeda. Jarak yang ditempuh Udin dari rumah ke sekolah 3 km. Setelah
menempuh jarak 2 km dari rumahnya, ban sepeda Udin bocor. Akhirnya, Udin
menuntun sepedanya sampai ke sekolah. Berapa km jarak yang ditempuh Udin
menuntun sepeda sampai ke sekolah?
Diketahui:
Jarak tempuh Udin ke sekolah = 3 km
Jarak tempuh Udin ketika ban sepeda
bocor = 2 km
Ditanyakan :
jarak tempuh Udin menuntun sepeda sampai
sekolah?
Jawab :
Jarak tempuh menuntun sepeda = Jarak
tempuh Udin ke sekolah - Jarak tempuh Udin ketika ban sepeda bocor
= 3 km - 2 km
= 1 km
Jadi, Udin meenuntun sepeda sampai ke
sekolah dengan jarak 1 km.
4. Lani dan keluarganya pergi ke Bandung
naik bus. Jarak Jakarta ke Bandung 130 km. Bus telah menempuh jarak dari
Jakarta ke Bandung sejauh 50.000 m. Berapa km sisa jarak yang harus ditempuh
bus tersebut?
Diketahui :
Jarak Jakarta - Bandung = 130 km
Jarak tempuh sementara = 50.000 m = 50
km
Ditanyakan :
Sisa jarak tempuh Bus Jakarta - Bandung
?
Jawab :
Sisa jarak tempuh = jarak tempuh seluruh
- jarak tempuh sementara
= 130 km - 50 km
= 80 km
Jadi, sisa jarak yang harus ditempuh bus
adalah 80 km.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 86 Subtema 2 Pembelajaran 3
5. Bantulah Siti menentukan jarak dari
rumah ke sekolah!
Jarak rumah Siti ke sekolah 3 kali jarak
dari rumah ke pasar. Jarak dari pasar ke rumah 100 m. Berapakah jarak yang
harus ditempuh Siti dari rumah ke sekolah?
Diketahui :
Jarak rmh siti ke sekolah = 3 x jarak
dari rumah ke pasar
Jarak dari pasar ke rumah = 100 m
Ditanyakan :
jarak yg harus ditempuh Siti dari rumah
kesekolah ?
Jawab :
Jarak tempuh Siti ke sekolah = 3 x Jarak
rumah siti ke pasar
= 3 x 100 m
= 300 m
Jadi, jarak yang harus ditempuh Siti
dari rumah ke sekolah adalah 300 m.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Ayo
Bernyanyi
Apakah suara musik termasuk benda? Tentu
saja tidak. Mengapa? Karena suara musik tidak mempunyai massa ataupun menempati
ruang (volume).
Mari kita menyanyikan lagu “Barisan
Musik”.
Gerakkanlah kakimu dengan dua jenis
gerakan. Gerakan yang lemah lembut dan gerakan yang kuat! Lakukan dengan
iringan lagu di atas. Lakukan gerakan kaki yang telah diajarkan sebelumnya!
Kegiatan
Bersama Orang Tua
Orang tua bersama siswa mengamati
gerakan tarian daerah setempat di televisi. Seperti gerakan yang mempunyai
gerakan lemah dan kuat.
Demikian yang dapat kami sajikan
berkaitan dengan Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 halaman 81,
halaman 82, halaman 83, halaman 84, halaman 85, halaman 86 Benda di Sekitarku
Pembelajaran 3 Subtema 2 Wujud Benda. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!!!
Referensi:
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 3 – Benda di
Sekitarku
0 Comments
Post a Comment