Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 1 - Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7 Kelas 6 Buku Tematik Siswa

Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan kunci jawaban halaman 2, halaman 3, halaman 4, halaman 5, halaman 6, halaman 7 Buku Tematik Siswa Kelas 6 SD Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Subtema 1.

 

Setiap tanggal 17 Agustus, rakyat Indonesia selalu mendengar petugas upacara membacakan teks proklamasi. Sebagian rakyat juga bisa mendengarnya dari radio atau dari tempat lain.

Teks proklamasi yang dibacakan memiliki sejarah bagi bangsa Indonesia. Teks tersebut adalah teks Proklamasi Kemerdekaan Negara Indonesia.

 

Amatilah tulisan berikut!

Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 1


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci Jawaban Halaman 2

Apa yang kamu ketahui tentang teks tersebut?

Alternatif jawaban: Teks proklamasi merupakan sebuah teks yang ditulis sebagai bukti kemerdekaan negara Indonesia yang di atas namakan kepada bangsa Indonesia dan ditandatangani oleh Soekarno dan Moh Hatta.

 

Hal lain apa yang ingin kamu ketahui tentang teks tersebut?

Alternatif jawaban:

1. Apa pengertian proklamasi?

2. Siapa yang menulis teks proklamasi?

3. Kapan teks proklamasi dibuat?

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Diskusikan jawabanmu secara berkelompok!

Kamu bisa mendapatkan informasi tambahan tentang sejarah teks proklamasi setelah kamu mempelajarinya.

 

Bacalah teks berikut dalam hati!

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Proklamasi Kemerdekaan yang dilakukan tanggal 17 Agustus 1945 menjadi peristiwa penting bagi bangsa Indonesia. Peristiwa tersebut menjadi tonggak sejarah dimana bangsa Indonesia berhak atas kemerdekaan dan wajib mempertahankannya. Diawali dengan dijatuhkannya bom atom oleh tentara Amerika Serikat pada tanggal 6 Agustus 1945 di kota Hiroshima dan pada tanggal 9 Agustus 1945 di kota Nagasaki, Jepang akhirnya menyerah kepada tentara Sekutu. Peristiwa ini dijadikan kesempatan oleh bangsa Indonesia untuk segera membebaskan diri dari penjajahan bangsa Jepang.

Teks proklamasi ditulis di rumah Laksamana Tadashi Maeda, Jl. Imam Bonjol No. 1. Para penyusun teks proklamasi adalah Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Achmad Soebardjo. Konsep teks proklamasi ditulis oleh Ir. Soekarno. Saat itu hadir pula B.M Diah, Sayuti Melik, Sukarni, dan Soediro. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Teks proklamasi diketik oleh Sayuti Melik.

Pagi harinya, 17 Agustus 1945, di kediaman Soekarno, Jl. Pegangsaan Timur No. 56 telah hadir, antara lain, Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani, dan Trimurti. Acara dimulai pada pukul 10.00 dengan pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks. Kemudian bendera Merah Putih yang telah dijahit oleh Ibu Fatmawati, dikibarkan.

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci Jawaban Halaman 3

Berdasarkan teks tersebut, isilah peta pikiran berikut!

Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 1


Alternatif jawaban:

- Apa makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia?

- Mengapa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945?

- Siapa tokoh yang membacakan teks proklamasi?

- Kapan teks proklamasi kemerdekaan dibacakan Soekarno?

- Dimana tempat dibacakannya teks proklamasi kemerdekaan ole Soekarno?

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Bersatu dalam perbedaan, yang merupakan landasan dari persatuan, sudah menjadi tatanan kehidupan masyarakat Indonesia sejak dulu. Hal tersebut juga ditunjukkan ketika masa menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Bacalah teks tentang Proklamasi Kemerdekaan sekali lagi.

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci Jawaban Halaman 4

Tulislah makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi bangsa Indonesia pada kolom berikut!

Alternatif jawaban: Sebagai puncak dari perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan yang selama ini dijajah bangsa asing.

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci Jawaban Halaman 5

Apa makna Proklamasi Kemerdekaan menurutmu?

Tulislah paling sedikit tiga makna Proklamasi Kemerdekaan menurutmu!

Alternatif jawaban:

1. Sebuah bukti bahwa Indonesia telah merdeka.

2. Tanda bebasnya Indonesia dari penjajahan.

3. Sebagai awal menuju kemajuan dalam berbagai bidang, baik pendidikan maupun bidang lainnya.

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Tahukah kamu bahwa diperlukan kemampuan untuk melakukan penyesuaian atau adaptasi ketika kita ingin menciptakan kerukunan dalam perbedaan?

Masih ingatkah kamu pepatah ‘Di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung’? Pepatah ini mempunyai makna, apabila kita berada di tempat yang baru maka kita perlu menyesuaikan diri dengan keadaan setempat agar kita bisa diterima dan hidup berdampingan dengan damai. Hal ini juga berlaku pada tumbuhan. Agar keberlangsungan hidupnya terjamin, maka tumbuhan harus mampu melakukan adaptasi sesuai kondisi lingkungannya.

Bagaimana cara tumbuhan beradaptasi? Ayo, kita pelajari!

 

Bacalah teks berikut dengan cermat!

Bunga Teratai

Tahukah kamu bunga teratai? Tanaman ini tumbuh di air. Agar dapat menyesuaikan diri, tanaman ini memiliki akar di bawah air. Tangkai daunnya tumbuh menjalar sehingga daun teratai dapat mengapung di air.

Daun teratai bundar dan lebar, fungsinya adalah agar daun dapat menyerap cahaya matahari sebanyak-banyaknya. Hal ini akan berdampak saat penguapan air dan berfotosintesis. Daun teratai memiliki larutan yang bermanfaat sebagai pembersih daun.

Teratai memiliki batang dengan rongga di dalamnya. Rongga ini berfungsi untuk membawa oksigen ke batang dan akar. Meskipun akar berada di dalam air, akar masih tetap dapat bernapas.

 

Bagaimana bunga teratai beradaptasi dengan lingkungannya?

Diskusikan pendapatmu secara berkelompok.

- Kamu dan kelompokmu akan berpetualang di lingkungan sekolah. Guru telah menyiapkan beberapa pos. Pada setiap pos sudah tersedia berbagai  jenis tumbuhan.

- Tugas kelompokmu adalah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang ciri tumbuhan dan habitatnya, mencatatnya, dan mendiskusikannya dalam kelompok.

- Pilih satu tanaman, lalu temukan ciri-ciri dan cara beradaptasinya. Tuliskan informasi yang kamu dapatkan pada peta pikiran berikut!

Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 1


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci Jawaban Halaman 6

Jawaban ini relatif berbeda karena disesuaikan dengan jenis tanaman apa yang ada di sekolah serta apa jenis tanaman yang dipilih oleh siswa.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Tulislah laporan berdasarkan informasi yang kamu tulis pada peta pikiranmu!

Kamu bisa menyampaikan tulisanmu kepada teman dalam kelompokmu, kemudian menyerahkan kepada gurumu.

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci Jawaban Halaman 7

Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?

Alternatif jawaban: Mempelajari tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia dan tanaman yang ada di lingkungan sekolah.

 

Hal paling menarik apa yang kamu pelajari? Mengapa?

Alternatif jawaban: Peristiwa proklamasi kemerdekaan, karena bisa mengetahui prosesnya Indonesia merdeka.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Kerja Sama dengan Orang Tua

Perhatikan lingkungan rumahmu!

Bagaimana tanaman di sekitarmu beradaptasi?

Diskusikan dengan orang tuamu, lalu sampaikan hasilnya kepada guru dan temanmu!

 

Note:

- Artikel ini dibuat untuk membantu orangtua ketika mendampingi anaknya yang sedang belajar di rumah karena saat ini pembelajaran dilakukan secara daring akibat pandemik Virus Corona.

- Soal di atas bersifat terbuka, sehingga beberapa jawaban tidak terpaku seperti contoh di atas. Dan itu sebagai alternatif jawaban.

 

Demikian yang dapat kami sajikan berkaitan dengan Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 1 - Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7 Kelas 6 Buku Tematik Siswa. Semoga bermanfaat dan semoga pandemik ini segera berakhir dan pembelajaran bisa dilakukan kembali secara normal.

 

Referensi:

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan

0 Comments

Post a Comment