Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan kunci jawaban halaman 2, halaman 3, halaman 4, halaman 5, halaman 6, halaman 7 Buku Tematik Siswa Kelas 6 SD Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Subtema 1.
Setiap tanggal 17 Agustus, rakyat
Indonesia selalu mendengar petugas upacara membacakan teks proklamasi. Sebagian
rakyat juga bisa mendengarnya dari radio atau dari tempat lain.
Teks proklamasi yang dibacakan memiliki
sejarah bagi bangsa Indonesia. Teks tersebut adalah teks Proklamasi Kemerdekaan
Negara Indonesia.
Amatilah
tulisan berikut!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - - - - -
Kunci Jawaban Halaman 2
Apa yang kamu ketahui tentang teks tersebut?
Alternatif jawaban: Teks proklamasi
merupakan sebuah teks yang ditulis sebagai bukti kemerdekaan negara Indonesia
yang di atas namakan kepada bangsa Indonesia dan ditandatangani oleh Soekarno
dan Moh Hatta.
Hal lain apa yang ingin kamu ketahui tentang teks tersebut?
Alternatif jawaban:
1. Apa pengertian proklamasi?
2. Siapa yang menulis teks proklamasi?
3. Kapan teks proklamasi dibuat?
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - - - - -
Diskusikan jawabanmu secara berkelompok!
Kamu bisa mendapatkan informasi tambahan
tentang sejarah teks proklamasi setelah kamu mempelajarinya.
Bacalah
teks berikut dalam hati!
Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia
Proklamasi Kemerdekaan yang dilakukan tanggal
17 Agustus 1945 menjadi peristiwa penting bagi bangsa Indonesia. Peristiwa
tersebut menjadi tonggak sejarah dimana bangsa Indonesia berhak atas kemerdekaan
dan wajib mempertahankannya. Diawali dengan dijatuhkannya bom atom oleh tentara
Amerika Serikat pada tanggal 6 Agustus 1945 di kota Hiroshima dan pada tanggal
9 Agustus 1945 di kota Nagasaki, Jepang akhirnya menyerah kepada tentara Sekutu.
Peristiwa ini dijadikan kesempatan oleh bangsa Indonesia untuk segera
membebaskan diri dari penjajahan bangsa Jepang.
Teks proklamasi ditulis di rumah Laksamana
Tadashi Maeda, Jl. Imam Bonjol No. 1. Para penyusun teks proklamasi adalah Ir.
Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Achmad Soebardjo. Konsep teks proklamasi
ditulis oleh Ir. Soekarno. Saat itu hadir pula B.M Diah, Sayuti Melik, Sukarni,
dan Soediro. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi itu adalah
Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Teks proklamasi
diketik oleh Sayuti Melik.
Pagi harinya, 17 Agustus 1945, di kediaman
Soekarno, Jl. Pegangsaan Timur No. 56 telah hadir, antara lain, Soewirjo,
Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani, dan Trimurti. Acara dimulai pada pukul
10.00 dengan pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat
tanpa teks. Kemudian bendera Merah Putih yang telah dijahit oleh Ibu Fatmawati,
dikibarkan.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - - - - -
Kunci Jawaban Halaman 3
Berdasarkan teks tersebut, isilah peta pikiran berikut!
Alternatif jawaban:
- Apa
makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia?
- Mengapa
Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945?
- Siapa
tokoh yang membacakan teks proklamasi?
- Kapan
teks proklamasi kemerdekaan dibacakan Soekarno?
- Dimana
tempat dibacakannya teks proklamasi kemerdekaan ole Soekarno?
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - - - - -
Bersatu dalam perbedaan, yang merupakan
landasan dari persatuan, sudah menjadi tatanan kehidupan masyarakat Indonesia
sejak dulu. Hal tersebut juga ditunjukkan ketika masa menjelang Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia.
Bacalah teks tentang Proklamasi
Kemerdekaan sekali lagi.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - - - - -
Kunci Jawaban Halaman 4
Tulislah makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi bangsa
Indonesia pada kolom berikut!
Alternatif jawaban: Sebagai puncak dari
perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan yang selama ini dijajah bangsa
asing.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - - - - -
Kunci Jawaban Halaman 5
Apa makna Proklamasi Kemerdekaan menurutmu?
Tulislah paling sedikit tiga makna Proklamasi Kemerdekaan
menurutmu!
Alternatif jawaban:
1. Sebuah bukti bahwa Indonesia telah
merdeka.
2. Tanda bebasnya Indonesia dari
penjajahan.
3. Sebagai awal menuju kemajuan dalam
berbagai bidang, baik pendidikan maupun bidang lainnya.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - - - - -
Tahukah kamu bahwa diperlukan kemampuan
untuk melakukan penyesuaian atau adaptasi ketika kita ingin menciptakan
kerukunan dalam perbedaan?
Masih ingatkah kamu pepatah ‘Di mana
bumi dipijak, di sana langit dijunjung’? Pepatah ini mempunyai makna, apabila
kita berada di tempat yang baru maka kita perlu menyesuaikan diri dengan
keadaan setempat agar kita bisa diterima dan hidup berdampingan dengan damai.
Hal ini juga berlaku pada tumbuhan. Agar keberlangsungan hidupnya terjamin,
maka tumbuhan harus mampu melakukan adaptasi sesuai kondisi lingkungannya.
Bagaimana cara tumbuhan beradaptasi?
Ayo, kita pelajari!
Bacalah
teks berikut dengan cermat!
Bunga
Teratai
Tahukah kamu bunga teratai? Tanaman ini
tumbuh di air. Agar dapat menyesuaikan diri, tanaman ini memiliki akar di bawah
air. Tangkai daunnya tumbuh menjalar sehingga daun teratai dapat mengapung di
air.
Daun teratai bundar dan lebar, fungsinya
adalah agar daun dapat menyerap cahaya matahari sebanyak-banyaknya. Hal ini
akan berdampak saat penguapan air dan berfotosintesis. Daun teratai memiliki larutan
yang bermanfaat sebagai pembersih daun.
Teratai memiliki batang dengan rongga di
dalamnya. Rongga ini berfungsi untuk membawa oksigen ke batang dan akar.
Meskipun akar berada di dalam air, akar masih tetap dapat bernapas.
Bagaimana bunga teratai beradaptasi
dengan lingkungannya?
Diskusikan pendapatmu secara
berkelompok.
- Kamu dan kelompokmu akan berpetualang
di lingkungan sekolah. Guru telah menyiapkan beberapa pos. Pada setiap pos
sudah tersedia berbagai jenis tumbuhan.
- Tugas kelompokmu adalah mengumpulkan
informasi sebanyak mungkin tentang ciri tumbuhan dan habitatnya, mencatatnya,
dan mendiskusikannya dalam kelompok.
- Pilih satu tanaman, lalu temukan
ciri-ciri dan cara beradaptasinya. Tuliskan informasi yang kamu dapatkan pada
peta pikiran berikut!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - - - - -
Kunci Jawaban Halaman 6
Jawaban ini relatif berbeda karena
disesuaikan dengan jenis tanaman apa yang ada di sekolah serta apa jenis
tanaman yang dipilih oleh siswa.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - - - - -
Tulislah laporan berdasarkan informasi
yang kamu tulis pada peta pikiranmu!
Kamu bisa menyampaikan tulisanmu kepada
teman dalam kelompokmu, kemudian menyerahkan kepada gurumu.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - - - - -
Kunci Jawaban Halaman 7
Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
Alternatif jawaban: Mempelajari tentang
proklamasi kemerdekaan Indonesia dan tanaman yang ada di lingkungan sekolah.
Hal paling menarik apa yang kamu
pelajari? Mengapa?
Alternatif jawaban: Peristiwa proklamasi
kemerdekaan, karena bisa mengetahui prosesnya Indonesia merdeka.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - - - - -
Kerja
Sama dengan Orang Tua
Perhatikan lingkungan rumahmu!
Bagaimana tanaman di sekitarmu
beradaptasi?
Diskusikan dengan orang tuamu, lalu sampaikan
hasilnya kepada guru dan temanmu!
Note:
- Artikel ini dibuat untuk membantu
orangtua ketika mendampingi anaknya yang sedang belajar di rumah karena saat
ini pembelajaran dilakukan secara daring akibat pandemik Virus Corona.
- Soal di atas bersifat terbuka,
sehingga beberapa jawaban tidak terpaku seperti contoh di atas. Dan itu sebagai
alternatif jawaban.
Demikian yang dapat kami sajikan
berkaitan dengan Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan
Pembelajaran 1 - Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7 Kelas 6 Buku Tematik Siswa. Semoga
bermanfaat dan semoga pandemik ini segera berakhir dan pembelajaran bisa
dilakukan kembali secara normal.
Referensi:
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 2 Persatuan dalam
Perbedaan
0 Comments
Post a Comment