Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 2 - Halaman 8 – 16 Kelas 6 Buku Tematik Siswa

Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan kunci jawaban pembelajaran 2 halaman 9, halaman 10, halaman 11, halaman 14, halaman 15, dan halaman 16 Buku Tematik Siswa Kelas 6 SD Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan.

 

Pelajari juga materi sebelumnya : Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 1 - Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7

Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 2 - Halaman 8 – 16 Kelas 6 Buku Tematik Siswa

Amati gambar tentang masyarakat yang hidup rukun dalam perbedaan berikut!

Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 2 - Halaman 8 – 16 Kelas 6 Buku Tematik Siswa


Bacalah teks berikut!

Perbedaan yang Menguatkan

Kampung Cempaka adalah sebuah kampung transmigran. Warganya berasal dari berbagai daerah padat di Pulau Jawa. Hal itu menjadikan mereka berbeda suku maupun agama.

Di Kampung Cempaka, hiduplah lima orang sahabat. Ada Asnah yang berdarah Sunda, Utami dari Banyuwangi, Toni, seorang anak etnis Tionghoa yang sebelumnya tinggal di Semarang, Wande dari suku Tengger di Jawa Timur, dan Marta, anak seorang pendeta yang dahulu tinggal di Solo.

Di Kampung Cempaka, rumah mereka bersebelahan dan mereka pergi ke sekolah yang sama. Itu sebabnya mereka sangat akrab. Mereka suka bermain bersama dan sering menghabiskan waktu di rumah satu sama lain.

Meskipun berbeda suku, kebersamaan begitu kental terlihat dalam keseharian mereka. Bersama anak-anak lain di Kampung Cempaka, mereka setiap akhir minggu berkumpul di balai utama kampung. Biasanya, selain berolahraga bersama, mereka juga kerap berkeliling ke rumah warga, membantu melakukan apa saja yang dibutuhkan warga.

Kadang-kadang mereka membantu warga lanjut usia, sekadar membereskan rumah atau menyiapkan makanan. Sesekali mereka juga membantu orang tua yang sedang bekerja bakti membersihkan lingkungan.

Dari Toni, mereka belajar menari Barongsai. Lalu mereka ajarkan tarian itu kepada anak-anak sekampung. Sementara itu, setiap tiba saat panen, Wande dan keluarganya akan sibuk memimpin warga membuat Tumpeng Gede, yaitu nasi khas dari daerah Tengger yang dibuat untuk mensyukuri berkah Tuhan dalam wujud panen raya.

Sikap toleransi yang ditunjukkan kelima sahabat itu memang sekadar berupa hal-hal kecil. Hal kecil dalam keseharian itulah yang mencerminkan kehidupan Bhinneka Tunggal Ika di Kampung Cempaka yang kaya akan perbedaan. Mereka hidup damai berdampingan dan tulus saling menjaga.

 

--- Perbedaan tidak menghalangi persatuan. Dengan bersatu, kita dapat melakukan banyak hal.

 

Setelah mengamati gambar dan membaca teks tentang hidup rukun dalam perbedaan, tulis hal yang kamu ingin ketahui lebih lanjut dalam bentuk pertanyaan!

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci Jawaban Halaman 9-10

Jawaban alternatif:

1. Apa manfaat perbedaan dalam masyarakat?

2. Apa yang dimaksud dengan kampung transmigran?

3. Siapa yang merupakan etnis tionghoa?

4. Apa yang mereka lakukan setiap akhir minggu?

5. Siapa nama 5 orang sahabat itu?

6. Apa saja penyebab perbedaan yang ada dalam masyarakat?

7. Bagaimana cara bergaul dalam perbedaan latar belakang budaya?

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Tukarkan pertanyaan yang telah kamu buat dengan teman di sebelahmu dan diskusikan jawabannya bersama-sama!

Tulis kesimpulan tentang persatuan melalui hidup rukun dalam perbedaan pada bagan berikut!

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci Jawaban Halaman 10

--- Apa perbedaan yang ada?

Jawaban alternatif: Perbedaan yang ada yaitu suku dan agama.

 

--- Bagaimana menyikapinya?

Jawaban alternatif: Dengan cara saling toleransi, menghormati, dan menghargai satu sama lainnya. Misalnya saja adalah berteman dengan tidak membeda-bedakan suku dan agama.

 

--- Apa manfaat hidup rukun?

Jawaban alternatif: Memiliki banyak teman, hidup damai dan tentram, dapat melakukan banyak hal bersama-sama, kehidupan menjadi kebih harmonis, dapat menjalin hubungan baik dengan orang lain, disenangi oleh orang lain, menghindari perselisihan dan pertengkaran.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Ceritakan pengalamanmu tentang hidup rukun di sekolah atau lingkungan tempat tinggalmu sebagai penerapan persatuan!

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci Jawaban Halaman 10 dan 11

Jelaskan tentang:

- perbedaan yang ada,

- kegiatan yang dilakukan teman/warga bersama-sama secara rukun,

- sikapmu atau sikap keluargamu terhadap perbedaan yang ada, dan

- manfaat yang kamu rasakan dari persatuan dalam perbedaan.

Jawabannya relatif beda sesuai dengan pengalaman dari masing-masing siswa.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Sampaikan pendapatmu kepada teman kelompokmu!

 

Semangat persatuan bangsa Indonesia tercermin pada seni budaya lokal, salah satunya adalah melalui tarian. Banyak tarian daerah Indonesia yang menyerukan persatuan.

 

Bacalah teks berikut dalam hati!

 

Lego-Lego, Tari Adat Alor Bermakna Persatuan

Tarian adat adalah salah satu kekayaan budaya yang disampaikan secara turun-temurun dari nenek moyang. Tarian adat kerap memiliki pesan dan makna yang luhur. Salah satunya ada pada tari Lego-lego dari Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tarian ini ditujukan untuk mengajak masyarakatnya bersatu membangun kampung dan negeri. Pada masing-masing kawasan di Kabupaten Alor terdapat gaya tari dan nyanyian yang berbeda-beda, namun formasinya tetap sama, yakni lingkaran. Masing-masing nyayian dan pantun yang diungkapkan saat menari, memiliki arti serta harapan yang berbeda-beda. Beberapa literatur menyatakan bahwa tarian ini sempat menjadi tari perang. Sekarang tarian ini lebih sering digunakan untuk menyambut tamu.

Tamu disambut oleh masyarakat yang dituakan, lalu diajak menuju sebuah pohon besar yang rindang, dengan beberapa warga perempuan yang berpegangan tangan mengelilingi pohon. Tamu dipersilakan untuk ikut serta dalam tarian tersebut. Dengan gerakan kaki yang diatur sedemikian rupa, penari akan bergerak mengitari pohon. Pasa saat yang sama, sirih pinang dan minuman sopi ditawarkan. Gerakan kaki dan nyayian di masing-masing daerah bisa saja berbeda, namun bentuk formasi lingkaran dan komponen tradisional lainnya tetap sama.

Di dalam lingkaran, ada tiga lelaki yang memiliki tugas berbeda. Ada pemukul gong yang nadanya akan digunakan untuk menghitung langkah penari, kemudian ada seorang lelaki yang bernyanyi sekaligus mengucapkan pantun, dan seorang lagi bertugas membagikan sirih pinang serta minuman sopi.

Selain menjadi identitas setiap suku, tarian ini menjadi salah satu identitas pemersatu masyarakat Alor yang punya mimpi agar masyarakat dan pendatang terus bersatu membangun kampung serta negeri.

Sumber: beritasatu.com, 8 Juni 2014, dengan penyesuaian

 

Diskusikan dengan teman kelompokmu bagaimana melakukan tari Legolego.

Setiap tari tradisional terdiri atas penari yang melakukan tarian secara perorangan, berpasangan, atau berkelompok. Kegiatan menari lebih dari satu orang apalagi berkelompok dalam jumlah yang cukup besar membutuhkan kekompakan.

Posisi dalam menari perlu diperhatikan oleh seorang penari. Pengaturan posisi ini disebut dengan pola lantai.

 

Seorang penari harus memperhatikan perpindahan, pergerakan, dan pergeseran posisi saat menari. Pola lantai adalah pola denah yang harus dikuasai oleh seorang penari dan berfungsi untuk membuat posisi dalam sebuah ruang gerak.

 

Perhatikan jenis pola lantai berikut!

Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 2 - Halaman 8 – 16 Kelas 6 Buku Tematik Siswa


Pola Lantai Diagonal

Penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri.

Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 2 - Halaman 8 – 16 Kelas 6 Buku Tematik Siswa


Pola Lantai Garis Melengkung

Penari membentuk garis lingkaran. Tari rakyat dan tari tradisional banyak menggunakan pola ini. Pola lantai ini memberi kesan lemah dan lembut.

Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 2 - Halaman 8 – 16 Kelas 6 Buku Tematik Siswa


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci Jawaban Halaman 14

Temukan berbagai tari daerahmu! Sebutkan pola lantai tariannya!

Jawaban alternatif: Pola lantai tari saman dari Aceh menggunakan garis lurus.

 

Praktikkan pola lantai satu tarian bersama kelompokmu dan tuliskan langkahlangkahnya! Kamu bisa menambah menggambar pola lantai tersebut.

Jawaban alternatif:

Untuk membuat pola lantai yg perlu diperhatikan yaitu:

1. Banyak penari.

2. Jenis tarian.

3. Bentuk dan luas panggung.

4. Pengamatan oleh penonton (usahakan penonton dapat melihat keseluruhan penampilan tarian).

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci Jawaban Halaman 15

Ayo Mencoba

1. Didit adalah adik Siti. Ia baru saja membeli kue. Namun, ia sangat kecewa karena ukuran kue yang dibelinya tidak sesuai harapannya. Didit menunjukkan kuenya kepada kakaknya. Ukuran kue Didit yang dibelinya adalah 1/4. Ia heran mengapa besaran kuenya lebih kecil dari ukuran kue yang 1/2. Siti dan teman-temannya membantu Didit menemukan jawabannya.

Tahukah kamu apa yang terjadi?

Kamu pun bisa membantu Didit. Kamu bisa menggunakan gambar untuk melengkapi jawabanmu.

 

Jawab:

Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 2 - Halaman 8 – 16 Kelas 6 Buku Tematik Siswa

Didit membeli kue sebesar 1/4 yang artinya ukurannya adalah 1 dari 4 bagian yang sama.

Sedangkan 1/2 artinya satu dari 2 bagian yang sama. Sehingga seperempat lebih kecil dari setengah.

 

Sampaikan jawabanmu kepada teman kelompokmu!

Apakah ada jawaban yang berbeda dengan jawabanmu?

 

2. Didit ingin mengurutkan beberapa bilangan pecahan berikut ini.

2 1/4 ; 9/4 ; 6/4 ; 3 1/4 ; 11/4 ; 1 2/4

 

Bantulah Didit untuk mengurutkan bilangan pecahan tersebut. Buktikanlah dengan menggunakan gambar.

Diskusikanlah hasilnya dengan teman di sebelahmu!

Jawab:

Urutan dari yang terkecil adalah 6/4 ; 2/4 = 9/4 ; 1 2/4 ; 11/4 ; 3 1/4

Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 2 - Halaman 8 – 16 Kelas 6 Buku Tematik Siswa


3. Siti, Udin, Dayu, Beni, Edo dan Lani memiliki latar belakang yang berbeda.  Namun, mereka tidak mempermasalahkan latar belakang tersebut. Mereka dengan senang hati membantu Didit, adik Siti untuk belajar pecahan.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Kerja Sama dengan Orang Tua

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci Jawaban Halaman 16

- Perhatikanlah lingkunganmu! Adakah sikap baik yang bisa kamu contoh dari penerapan hidup rukun dalam perbedaan?

- Sampaikan hasilnya kepada gurumu!

Jawaban disesuaikan dengan masing-masing siswa.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Note:

- Artikel ini dibuat untuk membantu orangtua ketika mendampingi anaknya yang sedang belajar di rumah karena saat ini pembelajaran dilakukan secara daring akibat pandemik Virus Corona.

- Soal di atas bersifat terbuka, sehingga beberapa jawaban tidak terpaku seperti contoh di atas. Dan itu sebagai alternatif jawaban.

 

Demikian yang dapat kami sajikan berkaitan dengan kunci jawaban pembelajaran 2 halaman 9, halaman 10, halaman 11, halaman 14, halaman 15, dan halaman 16 Buku Tematik Siswa Kelas 6 SD Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan. Semoga bermanfaat dan semoga pandemik ini segera berakhir dan pembelajaran bisa dilakukan kembali secara normal.

 

Referensi:

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Kelas 6 SD

https://pontianak.tribunnews.com/

https://kuncijawabantematiksd.blogspot.com/

0 Comments

Post a Comment