Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan kunci jawaban pembelajaran 2 halaman 9, halaman 10, halaman 11, halaman 14, halaman 15, dan halaman 16 Buku Tematik Siswa Kelas 6 SD Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan.
Pelajari juga materi sebelumnya : Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 1 - Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7
Amati
gambar tentang masyarakat yang hidup rukun dalam perbedaan berikut!
Bacalah
teks berikut!
Perbedaan
yang Menguatkan
Kampung Cempaka adalah sebuah kampung transmigran.
Warganya berasal dari berbagai daerah padat di Pulau Jawa. Hal itu menjadikan mereka
berbeda suku maupun agama.
Di Kampung Cempaka, hiduplah lima orang sahabat.
Ada Asnah yang berdarah Sunda, Utami dari Banyuwangi, Toni, seorang anak etnis
Tionghoa yang sebelumnya tinggal di Semarang, Wande dari suku Tengger di Jawa Timur,
dan Marta, anak seorang pendeta yang dahulu tinggal di Solo.
Di Kampung Cempaka, rumah mereka
bersebelahan dan mereka pergi ke sekolah yang sama. Itu sebabnya mereka sangat
akrab. Mereka suka bermain bersama dan sering menghabiskan waktu di rumah satu
sama lain.
Meskipun berbeda suku, kebersamaan
begitu kental terlihat dalam keseharian mereka. Bersama anak-anak lain di
Kampung Cempaka, mereka setiap akhir minggu berkumpul di balai utama kampung.
Biasanya, selain berolahraga bersama, mereka juga kerap berkeliling ke rumah
warga, membantu melakukan apa saja yang dibutuhkan warga.
Kadang-kadang mereka membantu warga
lanjut usia, sekadar membereskan rumah atau menyiapkan makanan. Sesekali mereka
juga membantu orang tua yang sedang bekerja bakti membersihkan lingkungan.
Dari Toni, mereka belajar menari Barongsai.
Lalu mereka ajarkan tarian itu kepada anak-anak sekampung. Sementara itu,
setiap tiba saat panen, Wande dan keluarganya akan sibuk memimpin warga membuat
Tumpeng Gede, yaitu nasi khas dari daerah Tengger yang dibuat untuk mensyukuri berkah
Tuhan dalam wujud panen raya.
Sikap toleransi yang ditunjukkan kelima
sahabat itu memang sekadar berupa hal-hal kecil. Hal kecil dalam keseharian
itulah yang mencerminkan kehidupan Bhinneka Tunggal Ika di Kampung Cempaka yang
kaya akan perbedaan. Mereka hidup damai berdampingan dan tulus saling menjaga.
---
Perbedaan tidak menghalangi persatuan. Dengan bersatu, kita dapat melakukan
banyak hal.
Setelah mengamati gambar dan membaca
teks tentang hidup rukun dalam perbedaan, tulis hal yang kamu ingin ketahui
lebih lanjut dalam bentuk pertanyaan!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - -
Kunci Jawaban Halaman 9-10
Jawaban alternatif:
1. Apa manfaat perbedaan dalam
masyarakat?
2. Apa yang dimaksud dengan kampung
transmigran?
3. Siapa yang merupakan etnis tionghoa?
4. Apa yang mereka lakukan setiap akhir
minggu?
5. Siapa nama 5 orang sahabat itu?
6. Apa saja penyebab perbedaan yang ada
dalam masyarakat?
7. Bagaimana cara bergaul dalam
perbedaan latar belakang budaya?
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - -
Tukarkan pertanyaan yang telah kamu buat
dengan teman di sebelahmu dan diskusikan jawabannya bersama-sama!
Tulis kesimpulan tentang persatuan
melalui hidup rukun dalam perbedaan pada bagan berikut!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - -
Kunci Jawaban Halaman 10
--- Apa perbedaan yang ada?
Jawaban alternatif: Perbedaan yang ada yaitu
suku dan agama.
--- Bagaimana menyikapinya?
Jawaban alternatif: Dengan cara saling
toleransi, menghormati, dan menghargai satu sama lainnya. Misalnya saja adalah
berteman dengan tidak membeda-bedakan suku dan agama.
--- Apa manfaat hidup rukun?
Jawaban alternatif: Memiliki banyak
teman, hidup damai dan tentram, dapat melakukan banyak hal bersama-sama,
kehidupan menjadi kebih harmonis, dapat menjalin hubungan baik dengan orang
lain, disenangi oleh orang lain, menghindari perselisihan dan pertengkaran.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - -
Ceritakan pengalamanmu tentang hidup
rukun di sekolah atau lingkungan tempat tinggalmu sebagai penerapan persatuan!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - -
Kunci Jawaban Halaman 10 dan 11
Jelaskan tentang:
- perbedaan yang ada,
- kegiatan yang dilakukan teman/warga
bersama-sama secara rukun,
- sikapmu atau sikap keluargamu terhadap
perbedaan yang ada, dan
- manfaat yang kamu rasakan dari
persatuan dalam perbedaan.
Jawabannya relatif beda sesuai dengan
pengalaman dari masing-masing siswa.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - -
Sampaikan pendapatmu kepada teman
kelompokmu!
Semangat persatuan bangsa Indonesia
tercermin pada seni budaya lokal, salah satunya adalah melalui tarian. Banyak
tarian daerah Indonesia yang menyerukan persatuan.
Bacalah
teks berikut dalam hati!
Lego-Lego,
Tari Adat Alor Bermakna Persatuan
Tarian adat adalah salah satu kekayaan
budaya yang disampaikan secara turun-temurun dari nenek moyang. Tarian adat
kerap memiliki pesan dan makna yang luhur. Salah satunya ada pada tari
Lego-lego dari Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).
Tarian ini ditujukan untuk mengajak masyarakatnya
bersatu membangun kampung dan negeri. Pada masing-masing kawasan di Kabupaten
Alor terdapat gaya tari dan nyanyian yang berbeda-beda, namun formasinya tetap
sama, yakni lingkaran. Masing-masing nyayian dan pantun yang diungkapkan saat menari,
memiliki arti serta harapan yang berbeda-beda. Beberapa literatur menyatakan bahwa
tarian ini sempat menjadi tari perang. Sekarang tarian ini lebih sering
digunakan untuk menyambut tamu.
Tamu disambut oleh masyarakat yang dituakan,
lalu diajak menuju sebuah pohon besar yang rindang, dengan beberapa warga
perempuan yang berpegangan tangan mengelilingi pohon. Tamu dipersilakan untuk
ikut serta dalam tarian tersebut. Dengan gerakan kaki yang diatur sedemikian rupa,
penari akan bergerak mengitari pohon. Pasa saat yang sama, sirih pinang dan
minuman sopi ditawarkan. Gerakan kaki dan nyayian di masing-masing daerah bisa
saja berbeda, namun bentuk formasi lingkaran dan komponen tradisional lainnya
tetap sama.
Di dalam lingkaran, ada tiga lelaki yang
memiliki tugas berbeda. Ada pemukul gong yang nadanya akan digunakan untuk
menghitung langkah penari, kemudian ada seorang lelaki yang bernyanyi sekaligus
mengucapkan pantun, dan seorang lagi bertugas membagikan sirih pinang serta
minuman sopi.
Selain menjadi identitas setiap suku,
tarian ini menjadi salah satu identitas pemersatu masyarakat Alor yang punya
mimpi agar masyarakat dan pendatang terus bersatu membangun kampung serta
negeri.
Sumber:
beritasatu.com, 8 Juni 2014, dengan penyesuaian
Diskusikan dengan teman kelompokmu
bagaimana melakukan tari Legolego.
Setiap tari tradisional terdiri atas penari
yang melakukan tarian secara perorangan, berpasangan, atau berkelompok. Kegiatan
menari lebih dari satu orang apalagi berkelompok dalam jumlah yang cukup besar membutuhkan
kekompakan.
Posisi dalam menari perlu diperhatikan
oleh seorang penari. Pengaturan posisi ini disebut dengan pola lantai.
Seorang
penari harus memperhatikan perpindahan, pergerakan, dan pergeseran posisi saat
menari. Pola lantai adalah pola denah yang harus dikuasai oleh seorang penari
dan berfungsi untuk membuat posisi dalam sebuah ruang gerak.
Perhatikan
jenis pola lantai berikut!
Pola Lantai Diagonal
Penari berbaris membentuk garis menyudut
ke kanan atau ke kiri.
Pola
Lantai Garis Melengkung
Penari membentuk garis lingkaran. Tari
rakyat dan tari tradisional banyak menggunakan pola ini. Pola lantai ini memberi
kesan lemah dan lembut.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - -
Kunci Jawaban Halaman 14
Temukan
berbagai tari daerahmu! Sebutkan pola lantai tariannya!
Jawaban alternatif: Pola lantai tari
saman dari Aceh menggunakan garis lurus.
Praktikkan
pola lantai satu tarian bersama kelompokmu dan tuliskan langkahlangkahnya! Kamu
bisa menambah menggambar pola lantai tersebut.
Jawaban alternatif:
Untuk membuat pola lantai yg perlu
diperhatikan yaitu:
1. Banyak penari.
2. Jenis tarian.
3. Bentuk dan luas panggung.
4. Pengamatan oleh penonton (usahakan
penonton dapat melihat keseluruhan penampilan tarian).
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - -
Kunci Jawaban Halaman 15
Ayo
Mencoba
1. Didit adalah adik Siti. Ia baru saja
membeli kue. Namun, ia sangat kecewa karena ukuran kue yang dibelinya tidak
sesuai harapannya. Didit menunjukkan kuenya kepada kakaknya. Ukuran kue Didit
yang dibelinya adalah 1/4. Ia heran mengapa besaran kuenya lebih kecil dari
ukuran kue yang 1/2. Siti dan teman-temannya membantu Didit menemukan
jawabannya.
Tahukah kamu apa yang terjadi?
Kamu pun bisa membantu Didit. Kamu bisa
menggunakan gambar untuk melengkapi jawabanmu.
Jawab:
Didit membeli kue sebesar 1/4 yang artinya ukurannya adalah 1 dari 4 bagian yang sama.
Sedangkan 1/2 artinya satu dari 2 bagian
yang sama. Sehingga seperempat lebih kecil dari setengah.
Sampaikan jawabanmu kepada teman
kelompokmu!
Apakah ada jawaban yang berbeda dengan
jawabanmu?
2. Didit ingin mengurutkan beberapa
bilangan pecahan berikut ini.
2 1/4 ; 9/4 ; 6/4 ; 3 1/4 ; 11/4 ; 1 2/4
Bantulah Didit untuk mengurutkan bilangan
pecahan tersebut. Buktikanlah dengan menggunakan gambar.
Diskusikanlah hasilnya dengan teman di
sebelahmu!
Jawab:
Urutan dari yang terkecil adalah 6/4 ;
2/4 = 9/4 ; 1 2/4 ; 11/4 ; 3 1/4
3. Siti, Udin, Dayu, Beni, Edo dan Lani
memiliki latar belakang yang berbeda.
Namun, mereka tidak mempermasalahkan latar belakang tersebut. Mereka dengan
senang hati membantu Didit, adik Siti untuk belajar pecahan.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - -
Kerja
Sama dengan Orang Tua
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - -
Kunci Jawaban Halaman 16
- Perhatikanlah lingkunganmu! Adakah
sikap baik yang bisa kamu contoh dari penerapan hidup rukun dalam perbedaan?
- Sampaikan hasilnya kepada gurumu!
Jawaban disesuaikan dengan masing-masing siswa.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - -
Note:
- Artikel ini dibuat untuk membantu
orangtua ketika mendampingi anaknya yang sedang belajar di rumah karena saat
ini pembelajaran dilakukan secara daring akibat pandemik Virus Corona.
- Soal di atas bersifat terbuka,
sehingga beberapa jawaban tidak terpaku seperti contoh di atas. Dan itu sebagai
alternatif jawaban.
Demikian yang dapat kami sajikan
berkaitan dengan kunci jawaban pembelajaran 2 halaman 9, halaman 10, halaman
11, halaman 14, halaman 15, dan halaman 16 Buku Tematik Siswa Kelas 6 SD Tema 2
Persatuan dalam Perbedaan. Semoga bermanfaat dan semoga pandemik ini segera
berakhir dan pembelajaran bisa dilakukan kembali secara normal.
Referensi:
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 2 Persatuan dalam
Perbedaan Kelas 6 SD
https://pontianak.tribunnews.com/
https://kuncijawabantematiksd.blogspot.com/
0 Comments
Post a Comment