Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan kunci jawaban pembelajaran 3 halaman 18, halaman 20, halaman 21, halaman 24, dan halaman 25 Buku Tematik Siswa Kelas 6 SD Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan.
Ayo
Mencoba
Hari ini kamu akan bermain di luar.
Permainan ini disebut dengan ‘Talikan Pitanya!’
Perhatikan
cara bermainnya!
Talikan
Pitanya!
- Bagilah siswa menjadi 5 atau 6
kelompok.,,…..’
- Masing-masing kelompok menempati
lapangan dan berdiri di area yang telah ditentukan.
- Secara bergantian, setiap anggota
kelompok harus membawa pita dan menalikannya pada patok kayu di ujung lapangan.
- Saat peluit ditiup, setiap anggota di
baris depan berjalan cepat membawa pita ke arah atok kayu di ujung lapangan.
- Anggota yang berada di depan
bersiap-siap untuk berjalan.
- Anggota yang berjalan kembali ke arah
barisan langsung menempati tempat di belakang barisan.
- Permainan berlangsung sekitar 15
menit.
- Kelompok yang menang adalah mereka
yang berhasil menalikan semua pita dalam waktu tercepat.
Saat bermain, kamu harus memiliki
keterampilan berjalan. Perhatikan tekniknya!
Berdiskusilah dengan teman dan gurumu
bagaimana teknik berjalan yang baik dapat diterapkan! Setelah berolahraga, kamu
dapat melakukan refleksi bersama.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - -
Kunci Jawaban Halaman 18
Bagaimana
kamu mempraktikkan teknik berlari?
Jawaban alternatif:
Mempraktikkan teknik berlari dengan
cara:
1. Kepala tegak
2. Bahu Santai
3. Ayunan lengan tidak lebih tinggi dari
dada
4. Punggung tegak
5. Tangan mengepal longgar
6. Tumit kaki depan menyentuh tanah
terlebih dahulu
7. Postur tubuh lurus
8. Otot perut dijaga tetap kencang
9. Otot paha santai
10. Otot lutut dikencangkan
Bagaimana
kamu bekerja sama sehingga kamu bisa mencapai tujuan?
Supaya bisa mencapai tujuan, saya
bekerja sama dengan cara tidak mempermasalahkan perbedaan yang ada dalam tim
dan selalu kompak.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - -
Ayo
Mengamati
Pagi ini Udin dan teman-temannya sedang
bekerja sama untuk mengumpulkan informasi tentang tanaman dan habitatnya.
Mereka berdiskusi dan mencatat semua hasil pengamatan. Meskipun mereka berasal
dari latar belakang yang berbeda, namun perbedaan tidak menghalangi mereka
untuk belajar bersama.
Untuk melengkapi informasi, mereka pergi
ke perpustakaan umum dan menemukan informasi tentang tumbuhan dan habitatnya.
Berikut adalah informasi yang berhasil mereka peroleh.
Pohon bambu mempunyai ciri khusus, yaitu
mempunyai bulu-bulu halus yang tajam. Bulu yang tajam terdapat pada batang.
Bulu tersebut melekat kuat dan dapat menyebabkan gatal.
Tumbuhan beradaptasi untuk
mempertahankan hidupnya. Adaptasi adalah ciri-ciri khusus yang dimiliki tanaman
atau tumbuhan untuk hidup pada tempat atau daerah tertentu.
Berdasarkan habitatnya, tumbuhan dibagi
menjadi tiga jenis.
Tumbuhan yang sebagian tubuhnya ada di
permukaan air. Akarnya berada di air. Memiliki rongga udara dalam batang atau
tangkai daun. Daunnya muncul ke permukaan air.
Tumbuhan yang hidup di daerah lembap. Tubuhnya terdiri atas bagian-bagian akar, batang, dan daun. Batangnya pada umumnya tidak tampak karena terdapat di dalam tanah. Daunnya yang muda umumnya melingkar atau menggulung.
Xerofit
Tumbuhan yang hidup di daerah yang kering. Tumbuhan ini memiliki daun tebal, sempit, adang-ladang berubah bentuk menjadi bentuk duri, sisik, atau bahkan tidak mempunyai daun. Batangnya tebal dan mempunyai jaringan untuk menyimpan air. Akarnya panjang.
Untuk dapat bertahan hidup, tumbuhan
perlu menyesuaikan dan melindungi diri. Bagaimana tumbuhan tersebut dapat
beradaptasi dengan lingkungannya?
Diskusikanlah dengan teman kelompokmu!
Sekarang saatnya kamu menggali informasi
lebih banyak lagi dari berbagai sumber tentang cara tumbuhan menyesuaikan dan
melindungi diri. Kamu bisa bertanya kepada orang dewasa yang ada di sekitarmu,
membaca buku, koran, majalah, atau dari narasumber lainnya.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - -
Kunci Jawaban Halaman 20-21
Pilihlah satu jenis tumbuhan untuk kamu
amati terkait habitat dan cara
melindungi diri! Pergunakan informasi
yang kamu peroleh untuk menambah
pengetahuanmu.
Tulis hasil temuanmu pada diagram frayer berikut!
Cara
Tumbuhan Menyesuaikan Diri
Terdapat 6 kolom dalam diagram frayer. Sahabat
pembelajar bisa mengisinya dengan:
Jawaban alternatif:
1. Pohon Jati
Pada musim kemarau, pohon jati akan
menyesuaikan diri dengan cara menggugurkan daunnya.
2. Teratai
Karena teratai hidup di air, untuk menyesuaikan dirinya dengan cara
memiliki daun yang lebar dan juga tipis. Daun teratai ini supaya penguapan air
dapat terjadi dengan mudah. Teratai mempunyai batang berongga, yang
memungkinkan teratai untuk bernafas meskipun akar dan batang berada dalam air.
3. Eceng Gondok
Eceng gondok mempunyai batang yang dapat
menggelembung untuk mengapung di atas air.
4. Kaktus
Kaktus hidup di tempat yang kering. Kaktus
mempunyai daunnya yang seperti duri yaitu untuk mengurangi penguapan yang
terjadi.
5. Pohon Cemara
Melakukan adaptasi dengan memiliki daun runcing,
sehingga akan mengurai jumlah pengupaan yang terjadi.
6. Bakau
Tumbuhan bakau menyesuaikan diri dengan cara
melakukan penyaringan garam yang terdapat dalam air. Garam itu diserap dan
kemudian akan dikeluarkan melalui batang. Hal ini dilakukan untuk bertahan
meskipun tempat hidupnya di pesisir laut.
Cara
Tumbuhan Melindungi Diri
Jawaban alternatif:
1. Bambu
Pohon bambu melindungi diri dengan memiliki
bulu yang akan menimbulkan rasa gatal bagi makhluk hidup yang ingin
menyerangnya.
2. Mawar
Bunga mawar melindungi dirinya dengan cara
duri-duri yang berguna untuk mencegah dirinya dimangsa oleh hewan pemakan
tumbuhan.
3. Singkong Karet
Tumbuhan ini melindungi diri dengan memiliki
racun yang ada dalam tubuhnya. Racun ini digunakan untuk mencegah dimakan oleh
hewan pemakan tumbuhan.
4. Bunga Bangkai
Bunga bangkai melindungi diri dengan
cara mengeluarkan bau busuk untuk menghindari dari pemangsa.
5. Nangka
Nangka melindungi dirinya dengan getah. Getah
ini dapat membuat pemangsanya lengket dan tak bisa bergerak.
6. Kelapa
Pohon kelapa memiliki buah dengan
cangkang keras. Hal ini untuk melindungi dari pemangsa agar tidak di makan.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - -
Sampaikan hasilnya kepada teman di
kelas!
Tulislah informasi pada peta pikiran
dengan kalimatmu sendiri.
Ayo
Membaca
Bacalah
teks berikut dalam hati!
Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia memberi
makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Sejak teks Proklamasi
Kemerdekaan dibacakan, rakyat Indonesia memiliki negara merdeka, berdaulat, dan
bermartabat. Tonggak sejarah tersebut tidak akan terjadi apabila tidak ada anak
bangsa yang berani memproklamirkan kemerdekaan. Mereka adalah pejuang bangsa
yang tidak boleh dilupakan.
Berikut adalah para pejuang bangsa yang
telah berjasa terhadap kemerdekaan negara Indonesia. Ir. Soekarno merupakan salah
satu orang yang berjasa dalam mendirikan negara Republik Indonesia sebagai
negara berdaulat. Bung Karno lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 dan
meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970. Bung Karno menyusun konsep teks proklamasi
di rumah Laksamana Tadashi Maeda bersama Bung Hatta dan Mr. Achmad Soebardjo. Ia
kemudian menandatangani teks proklamasi
atas nama bangsa Indonesia bersama Bung Hatta. Bung Karno
membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
di kediamannya di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta.
Drs. H. Mohammad Hatta atau Bung Hatta,
lahir di Bukittinggi, Sumatra Barat, 12 Agustus 1902. Beliau wafat di Jakarta,
14 Maret 1980 pada usia 77 tahun. Bung Hatta menyusun konsep teks proklamasi bersama
Bung Karno dan Mr. Achmad Soebardjo. Ia ikut menandatangani teks proklamasi
atas nama bangsa Indonesia bersama Bung Karno. Mohammad Hatta adalah Wakil
Presiden pertama Indonesia. Selain itu, beliau adalah Bapak Koperasi Indonesia.
Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo lahir di
Karawang, Jawa Barat, 23 Maret 1896 dan wafat 15 Desember 1978 pada umur 82
tahun. Beliau adalah Menteri Luar Negeri Indonesia yang pertama. Achmad
Soebardjo merupakan salah seorang tokoh dari golongan tua yang berperan dalam
mempersiapkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Achmad Soebardjo ikut menyusun
konsep teks proklamasi di rumah Laksamana Tadashi Maeda bersama Bung Karno dan
Bung Hatta.
Laksamana Tadashi Maeda adalah seorang
perwira tinggi Angkatan Laut Kekaisaran Jepang. Beliau membantu persiapan
konsep teks Proklamasi Kemerdekaan dengan mempersilakan rumahnya digunakan
untuk kegiatan yang sangat penting. Di rumahnya berkumpul para tokoh bangsa
yang berjasa besar. Walaupun beliau orang Jepang, beliau rela membantu
Indonesia karena simpati terhadap rakyat Indonesia.
Sukarni lahir di Blitar, Jawa Timur, 14
Juli 1916. Beliau wafat di Jakarta, 7 Mei 1971 pada usia 54 tahun. Nama lengkapnya
adalah Sukarni Kartodiwirjo. Sukarni adalah salah seorang tokoh pemuda dan
pejuang yang gigih melawan penjajah. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani
teks proklamasi adalah Bung Karno dan Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia.
Fatmawati yang bernama asli Fatimah,
lahir di Bengkulu pada tahun 1923 dan meninggal dunia di Jakarta pada tahun
1980. Beliau dimakamkan di Taman Makam Pahlawan di Kalibata, Jakarta. Fatmawati
menjahit bendera pusaka sang Saka Merah Putih yang dikibarkan pada upacara
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta.
Teks Proklamasi Kemerdekaan diketik oleh
Sayuti Melik. Sayuti Melik adalah tokoh pemuda yang juga sangat berperan dalam
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Sayuti Melik mengetik naskah proklamasi
setelah ia sempurnakan dari tulisan tangan Bung Karno.
Berdasarkan bacaan tersebut, isilah peta
pikiran berikut!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - -
Kunci Jawaban Halaman 24
Jawaban alternatif:
APA
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
merupakan momen awal Indonesia terbebas dari penjajahan.
MENGAPA
Proklamasi Kemerdekaan harus dilakukan
agar Indonesia terbebas dari penjajahan yang telah lama menyengsarakan rakyat.
SIAPA
Proklamasi Kemerdekaan dibacakan oleh
Ir. Soekarno.
DIMANA
Proklamasi Kemerdekaan dibacakan di
kediaman Bung Karno di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta.
KAPAN
Proklamasi Kemerdekaan dibacakan pada 17
Agustus 1945.
BAGAIMANA
Konsep teks Proklamasi Kemerdekaan
disusun Bung Karno bersama Bung Hatta dan Mr. Achmad Soebardjo.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - -
Diskusikan peta pikiranmu dengan teman
di kelompokmu! Kembangkan
informasi pada peta pikiran dan serahkan
kepada gurumu.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - -
Kunci Jawaban Halaman 25
Ayo Renungkan
Setelah belajar hari ini, tulislah
beberapa hal berikut!
- Hal apa yang paling menarik yang kamu
pelajari hari ini? Mengapa?
- Apakah ada hal yang masih
membingungkan?
- Apa yang akan kamu lakukan di sekolah
terkait semangat persatuan?
Jawaban relatif sesuai masing-masing
pribadi siswa.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - -
Kerja
Sama dengan Orang Tua
Apakah kamu memiliki semangat persatuan
di rumah? Catat dan sampaikan hasilnya kepada gurumu!
Pelajari juga:
Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 2 - Halaman 8 – 16 Kelas 6 Buku Tematik Siswa
Demikian yang dapat kami sajikan
berkaitan dengan kunci jawaban pembelajaran 3 halaman 18, halaman 20, halaman
21, halaman 24, dan halaman 25 Buku Tematik Siswa Kelas 6 SD Tema 2 Persatuan
dalam Perbedaan. Semoga bermanfaat dan semoga pandemik ini segera berakhir dan
pembelajaran bisa dilakukan kembali secara normal.
Referensi:
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 2 Persatuan dalam
Perbedaan Kelas 6 SD
https://www.tribunnews.com
0 Comments
Post a Comment