Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 3 - Halaman 17 – 25 Kelas 6 Buku Tematik Siswa

Salam Merdeka Belajar! Berikut ini merupakan kunci jawaban pembelajaran 3 halaman 18, halaman 20, halaman 21, halaman 24, dan halaman 25 Buku Tematik Siswa Kelas 6 SD Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan.

 

Ayo Mencoba

Hari ini kamu akan bermain di luar. Permainan ini disebut dengan ‘Talikan Pitanya!’

 

Perhatikan cara bermainnya!

Talikan Pitanya!

- Bagilah siswa menjadi 5 atau 6 kelompok.,,…..’

- Masing-masing kelompok menempati lapangan dan berdiri di area yang telah ditentukan.

- Secara bergantian, setiap anggota kelompok harus membawa pita dan menalikannya pada patok kayu di ujung lapangan.

- Saat peluit ditiup, setiap anggota di baris depan berjalan cepat membawa pita ke arah atok kayu di ujung lapangan.

- Anggota yang berada di depan bersiap-siap untuk berjalan.

- Anggota yang berjalan kembali ke arah barisan langsung menempati tempat di belakang barisan.

- Permainan berlangsung sekitar 15 menit.

- Kelompok yang menang adalah mereka yang berhasil menalikan semua pita dalam waktu tercepat.

 

Saat bermain, kamu harus memiliki keterampilan berjalan. Perhatikan tekniknya!

Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 3


Berdiskusilah dengan teman dan gurumu bagaimana teknik berjalan yang baik dapat diterapkan! Setelah berolahraga, kamu dapat melakukan refleksi bersama.

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci Jawaban Halaman 18

Bagaimana kamu mempraktikkan teknik berlari?

Jawaban alternatif:

Mempraktikkan teknik berlari dengan cara:

1. Kepala tegak

2. Bahu Santai

3. Ayunan lengan tidak lebih tinggi dari dada

4. Punggung tegak

5. Tangan mengepal longgar

6. Tumit kaki depan menyentuh tanah terlebih dahulu

7. Postur tubuh lurus

8. Otot perut dijaga tetap kencang

9. Otot paha santai

10. Otot lutut dikencangkan

 

Bagaimana kamu bekerja sama sehingga kamu bisa mencapai tujuan?

Supaya bisa mencapai tujuan, saya bekerja sama dengan cara tidak mempermasalahkan perbedaan yang ada dalam tim dan selalu kompak.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Ayo Mengamati

Pagi ini Udin dan teman-temannya sedang bekerja sama untuk mengumpulkan informasi tentang tanaman dan habitatnya. Mereka berdiskusi dan mencatat semua hasil pengamatan. Meskipun mereka berasal dari latar belakang yang berbeda, namun perbedaan tidak menghalangi mereka untuk belajar bersama.

Untuk melengkapi informasi, mereka pergi ke perpustakaan umum dan menemukan informasi tentang tumbuhan dan habitatnya.

 

Berikut adalah informasi yang berhasil mereka peroleh.

Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 3

Pohon bambu mempunyai ciri khusus, yaitu mempunyai bulu-bulu halus yang tajam. Bulu yang tajam terdapat pada batang. Bulu tersebut melekat kuat dan dapat menyebabkan gatal.

 

Tumbuhan beradaptasi untuk mempertahankan hidupnya. Adaptasi adalah ciri-ciri khusus yang dimiliki tanaman atau tumbuhan untuk hidup pada tempat atau daerah tertentu.

Berdasarkan habitatnya, tumbuhan dibagi menjadi tiga jenis.

 Hidrofit

Tumbuhan yang sebagian tubuhnya ada di permukaan air. Akarnya berada di air. Memiliki rongga udara dalam batang atau tangkai daun. Daunnya muncul ke permukaan air.


 Higrofit

Tumbuhan yang hidup di daerah lembap. Tubuhnya terdiri atas bagian-bagian akar, batang, dan daun. Batangnya pada umumnya tidak tampak karena terdapat di dalam tanah. Daunnya yang muda umumnya melingkar atau menggulung.


Xerofit

Tumbuhan yang hidup di daerah yang kering. Tumbuhan ini memiliki daun tebal, sempit, adang-ladang berubah bentuk menjadi bentuk duri, sisik, atau bahkan tidak mempunyai daun. Batangnya tebal dan mempunyai jaringan untuk menyimpan air. Akarnya panjang.

 

Untuk dapat bertahan hidup, tumbuhan perlu menyesuaikan dan melindungi diri. Bagaimana tumbuhan tersebut dapat beradaptasi dengan lingkungannya?

Diskusikanlah dengan teman kelompokmu!

Sekarang saatnya kamu menggali informasi lebih banyak lagi dari berbagai sumber tentang cara tumbuhan menyesuaikan dan melindungi diri. Kamu bisa bertanya kepada orang dewasa yang ada di sekitarmu, membaca buku, koran, majalah, atau dari narasumber lainnya.

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci Jawaban Halaman 20-21

Pilihlah satu jenis tumbuhan untuk kamu amati terkait habitat dan cara

melindungi diri! Pergunakan informasi yang kamu peroleh untuk menambah

pengetahuanmu.

Tulis hasil temuanmu pada diagram frayer berikut!

Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 3

Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri

Terdapat 6 kolom dalam diagram frayer. Sahabat pembelajar bisa mengisinya dengan:

Jawaban alternatif:

1. Pohon Jati

Pada musim kemarau, pohon jati akan menyesuaikan diri dengan cara menggugurkan daunnya.

 

2. Teratai

Karena teratai hidup di air,  untuk menyesuaikan dirinya dengan cara memiliki daun yang lebar dan juga tipis. Daun teratai ini supaya penguapan air dapat terjadi dengan mudah. Teratai mempunyai batang berongga, yang memungkinkan teratai untuk bernafas meskipun akar dan batang berada dalam air.

 

3. Eceng Gondok

Eceng gondok mempunyai batang yang dapat menggelembung untuk mengapung di atas air.

 

4. Kaktus

Kaktus hidup di tempat yang kering. Kaktus mempunyai daunnya yang seperti duri yaitu untuk mengurangi penguapan yang terjadi.

 

5. Pohon Cemara

Melakukan adaptasi dengan memiliki daun runcing, sehingga akan mengurai jumlah pengupaan yang terjadi.

 

6. Bakau

Tumbuhan bakau menyesuaikan diri dengan cara melakukan penyaringan garam yang terdapat dalam air. Garam itu diserap dan kemudian akan dikeluarkan melalui batang. Hal ini dilakukan untuk bertahan meskipun tempat hidupnya di pesisir laut.

 

Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 3


Cara Tumbuhan Melindungi Diri

Jawaban alternatif:

1. Bambu

Pohon bambu melindungi diri dengan memiliki bulu yang akan menimbulkan rasa gatal bagi makhluk hidup yang ingin menyerangnya.

 

2. Mawar

Bunga mawar melindungi dirinya dengan cara duri-duri yang berguna untuk mencegah dirinya dimangsa oleh hewan pemakan tumbuhan.

 

3. Singkong Karet

Tumbuhan ini melindungi diri dengan memiliki racun yang ada dalam tubuhnya. Racun ini digunakan untuk mencegah dimakan oleh hewan pemakan tumbuhan.

 

4. Bunga Bangkai

Bunga bangkai melindungi diri dengan cara mengeluarkan bau busuk untuk menghindari dari pemangsa.

 

5. Nangka

Nangka melindungi dirinya dengan getah. Getah ini dapat membuat pemangsanya lengket dan tak bisa bergerak.

 

6. Kelapa

Pohon kelapa memiliki buah dengan cangkang keras. Hal ini untuk melindungi dari pemangsa agar tidak di makan.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Sampaikan hasilnya kepada teman di kelas!

Tulislah informasi pada peta pikiran dengan kalimatmu sendiri.

 

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dalam hati!

 

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia memberi makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Sejak teks Proklamasi Kemerdekaan dibacakan, rakyat Indonesia memiliki negara merdeka, berdaulat, dan bermartabat. Tonggak sejarah tersebut tidak akan terjadi apabila tidak ada anak bangsa yang berani memproklamirkan kemerdekaan. Mereka adalah pejuang bangsa yang tidak boleh dilupakan. 

Berikut adalah para pejuang bangsa yang telah berjasa terhadap kemerdekaan negara Indonesia. Ir. Soekarno merupakan salah satu orang yang berjasa dalam mendirikan negara Republik Indonesia sebagai negara berdaulat. Bung Karno lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970. Bung Karno menyusun konsep teks proklamasi di rumah Laksamana Tadashi Maeda bersama Bung Hatta dan Mr. Achmad Soebardjo. Ia kemudian  menandatangani teks proklamasi atas nama bangsa Indonesia bersama Bung Hatta. Bung Karno

membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di kediamannya di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta.

 

Drs. H. Mohammad Hatta atau Bung Hatta, lahir di Bukittinggi, Sumatra Barat, 12 Agustus 1902. Beliau wafat di Jakarta, 14 Maret 1980 pada usia 77 tahun. Bung Hatta menyusun konsep teks proklamasi bersama Bung Karno dan Mr. Achmad Soebardjo. Ia ikut menandatangani teks proklamasi atas nama bangsa Indonesia bersama Bung Karno. Mohammad Hatta adalah Wakil Presiden pertama Indonesia. Selain itu, beliau adalah Bapak Koperasi Indonesia.

 

Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo lahir di Karawang, Jawa Barat, 23 Maret 1896 dan wafat 15 Desember 1978 pada umur 82 tahun. Beliau adalah Menteri Luar Negeri Indonesia yang pertama. Achmad Soebardjo merupakan salah seorang tokoh dari golongan tua yang berperan dalam mempersiapkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Achmad Soebardjo ikut menyusun konsep teks proklamasi di rumah Laksamana Tadashi Maeda bersama Bung Karno dan Bung Hatta.

 

Laksamana Tadashi Maeda adalah seorang perwira tinggi Angkatan Laut Kekaisaran Jepang. Beliau membantu persiapan konsep teks Proklamasi Kemerdekaan dengan mempersilakan rumahnya digunakan untuk kegiatan yang sangat penting. Di rumahnya berkumpul para tokoh bangsa yang berjasa besar. Walaupun beliau orang Jepang, beliau rela membantu Indonesia karena simpati terhadap rakyat Indonesia. 

 

Sukarni lahir di Blitar, Jawa Timur, 14 Juli 1916. Beliau wafat di Jakarta, 7 Mei 1971 pada usia 54 tahun. Nama lengkapnya adalah Sukarni Kartodiwirjo. Sukarni adalah salah seorang tokoh pemuda dan pejuang yang gigih melawan penjajah. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi adalah Bung Karno dan Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia.

Fatmawati yang bernama asli Fatimah, lahir di Bengkulu pada tahun 1923 dan meninggal dunia di Jakarta pada tahun 1980. Beliau dimakamkan di Taman Makam Pahlawan di Kalibata, Jakarta. Fatmawati menjahit bendera pusaka sang Saka Merah Putih yang dikibarkan pada upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta.

 

Teks Proklamasi Kemerdekaan diketik oleh Sayuti Melik. Sayuti Melik adalah tokoh pemuda yang juga sangat berperan dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Sayuti Melik mengetik naskah proklamasi setelah ia sempurnakan dari tulisan tangan Bung Karno.

 

Berdasarkan bacaan tersebut, isilah peta pikiran berikut!

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci Jawaban Halaman 24

Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 3

Jawaban alternatif:

APA

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan momen awal Indonesia terbebas dari penjajahan.

 

MENGAPA

Proklamasi Kemerdekaan harus dilakukan agar Indonesia terbebas dari penjajahan yang telah lama menyengsarakan rakyat.

 

SIAPA

Proklamasi Kemerdekaan dibacakan oleh Ir. Soekarno.

 

DIMANA

Proklamasi Kemerdekaan dibacakan di kediaman Bung Karno di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta.

 

KAPAN

Proklamasi Kemerdekaan dibacakan pada 17 Agustus 1945.

 

BAGAIMANA

Konsep teks Proklamasi Kemerdekaan disusun Bung Karno bersama Bung Hatta dan Mr. Achmad Soebardjo.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Diskusikan peta pikiranmu dengan teman di kelompokmu! Kembangkan

informasi pada peta pikiran dan serahkan kepada gurumu.

 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kunci Jawaban Halaman 25

Ayo Renungkan

Setelah belajar hari ini, tulislah beberapa hal berikut!

- Hal apa yang paling menarik yang kamu pelajari hari ini? Mengapa?

- Apakah ada hal yang masih membingungkan?

- Apa yang akan kamu lakukan di sekolah terkait semangat persatuan?

Jawaban relatif sesuai masing-masing pribadi siswa.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

Kerja Sama dengan Orang Tua

Apakah kamu memiliki semangat persatuan di rumah? Catat dan sampaikan hasilnya kepada gurumu!

Pelajari juga:

Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 2 - Halaman 8 – 16 Kelas 6 Buku Tematik Siswa


Demikian yang dapat kami sajikan berkaitan dengan kunci jawaban pembelajaran 3 halaman 18, halaman 20, halaman 21, halaman 24, dan halaman 25 Buku Tematik Siswa Kelas 6 SD Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan. Semoga bermanfaat dan semoga pandemik ini segera berakhir dan pembelajaran bisa dilakukan kembali secara normal.

 

Referensi:

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Kelas 6 SD

https://www.tribunnews.com

0 Comments

Post a Comment